Cara Menghapus Akun Telegram Via HP dan PC

2 min read

Tutorial Cara Menghapus Akun Telegram

Belakangan ini banyak orang mulai mencari tutorial cara menghapus akun Telegram. Alasannya sangat beragam, mulai dari bosan hingga ingin berpindah menggunakan aplikasi perpesanan lain.

Apakah sahabat Qwords juga sedang merasakan hal yang sama? 

Tidak bisa dipungkiri, saat ini aplikasi pesan singkat dan layanan kirim file Telegram memang semakin banyak digunakan. 

Jika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti WhatsApp atau Facebook Messenger, misalnya. Telegram memiliki keunggulan dalam hal privasi data, mulai dari enkripsi yang berlapis hingga pesan yang bisa terhapus sendiri.

Telegram juga mempunyai fitur hapus akun secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa bulan. Pada artikel kali ini akan kami kupas secara tuntas agar bisa sahabat Qwords gunakan.

Jadi, simak terus artikel ini hingga akhir ya! Dan jangan lupa klik bagikan agar semakin banyak orang yang tahu dan memanfaatkan.

Tips Sebelum Hapus Akun Telegram

akun Telegram

Sebelum menghapus akun Telegram ataupun akun media sosial lainnya, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini agar tidak ada rasa penyesalan atau kesulitan dalam proses hapus akun.

1.Melakukan Backup Data Penting

Data merupakan aset berharga di era digital, apalagi jika data tersebut merupakan bagian penting untuk menunjang karir atau pekerjaan profesional.

Ada beberapa perusahaan yang sengaja membuat grup Telegram untuk memudahkan komunikasi pekerjaan antar karyawan.

Pasalnya, anggota telegram saat ini bisa mencapai 1000 orang dengan fitur pengiriman dokumen, foto, maupun video anti pecah.

Maka dari itu, pastikan untuk melakukan backup data penting terkait pekerjaan atau apapun itu sebelum menghapus akun Telegram.

2.Pastikan Nomor Telepon Akun Telegram Aktif

Nomor telepon menjadi metode verifikasi utama dalam membuat akun Telegram. Jadi, pastikan nomor yang sebelumnya sahabat Qwords gunakan untuk mendaftar masih aktif dan bisa digunakan.

Jika nomor telepon sudah tidak aktif, maka sedikit banyak akan menyulitkan dalam proses hapus akun Telegram, karena Anda butuh kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.

Baca juga: Cara Menggunakan Telegram Messenger Untuk Jualan

Cara Menghapus Akun Telegram Lewat Browser

 

hapus akun Telegram
hapus akun Telegram

Salah satu cara menghapus akun Telegram yakni bisa dilakukan melalui web browser, baik melalui smartphone maupun PC.

Berikut langkah-langkahnya:

1.Akses website resmi Telegram yang dibuat khusus untuk melayani hapus akun: link hapus akun telegram

cara hapus akun Telegram
cara hapus akun Telegram

2.Masukkan nomor telepon akun Telegram yang ingin dihapus. Pastikan sahabat Qwords menggunakan format yang benar, untuk negara Indonesia menggunakan awalan +62.

3.Setelah berhasil melakukan input nomor telepon, berikutnya Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi. 

4.Catat dan masukkan kode verifikasi tersebut, kemudian pilih tombol Sign In.

5.Sampai di sini Anda akan diminta untuk memasukan alasan menghapus akun Telegram. Pilih saja satu alasan yang paling relevan kemudian lanjutkan dengan memilih tombol “Delete My Account”.

6.Selesai

Kira-kira begitulah tutorial cara menghapus akun Telegram melalui browser. Bagaimana menurut sahabat Qwords? Sangat mudah bukan?

Perlu diketahui, untuk bisa menghapus akun Telegram sebelumnya Anda harus memastikan kalau nomor telepon masih aktif. 

Selain itu, pastikan juga Anda sudah melakukan backup data-data penting sesuai tips yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya.

Cara Hapus Akun Telegram via Aplikasi

aplikasi Telegram

Selain bisa menghapus akun Telegram lewat Browser, Anda juga bisa menghapus akun Telegram melalui Aplikasi secara langsung.

Caranya sangat mudah, bahkan bisa menghapus akun secara otomatis jika akun Telegram sudah tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Berikut merupakan langkah-langkah cara hapus akun Telegram secara otomatis lewat aplikasi.

1.Pastikan Anda masih menginstall aplikasi Telegram.

2.Buka Aplikasi Telegram di smartphone, kemudian pilih ikon tiga garis bertumpuk di sebelah kiri layar.

3.Berikutnya, Anda bisa masuk ke halaman Pengaturan dengan Memilih Setting > Privacy & Security.

4.Setelah berhasil masuk ke menu Privacy & Security, Scroll halaman sampai ke bagian bawah. Temukan submenu “Delete my Account” serta pilih “If Away For”

5.Anda bisa memilih jangka waktu tertentu sebelum akun Telegram terhapus secara otomatis. Opsi waktu yang tersedia yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun setelah akun Telegram non aktif atau berhenti digunakan.

6.Sebagai contoh, misalnya sahabat Qwords memiliki akun Telegram dan mengaktifkan mode delete account selama 3 bulan, maka akun Telegram akan otomatis terhapus setelah tidak ada aktivitas dalam kurun waktu 3 bulan.

7.Setelah mengatur opsi hapus akun. Anda bisa menghapus aplikasi Telegram yang sudah tidak digunakan.

8.Selesai.

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen

Pertanyaan berikutnya yang tak kalah penting yakni, Apakah akun Telegram tersebut berhasil dihapus secara permanen? 

Baca juga: Ini Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Jawabannya, iya. Ketika Anda menjalankan salah satu cara menghapus akun Telegram di atas, maka akun Anda akan terhapus secara permanen.

Saat ini belum ada informasi terkait cara mengembalikan data Telegram yang dihapus. Adapun jika Anda ingin menggunakan Telegram kembali dengan nomor yang sama, bisa mendaftar ulang seperti awal semula.

Kesimpulan

Itulah tutorial cara menghapus akun Telegram yang bisa sahabat Qwords jadikan sebagai rujukan. 

Aplikasi pesan singkat Telegram memang memiliki banyak keunggulan, namun aplikasi ini sepertinya juga tidak cocok untuk semua orang. Jadi, sangat wajar apabila anda memutuskan untuk berhenti menggunakan.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, untuk kebutuhan cloud hosting Indonesia, nama domain, atau Sertifikat SSL selalu percayakan kepada Qwords.com.

Semoga bermanfaat.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *