Anda pasti sudah paham betul bahwa perusahaan Google selalu dapat berinovasi dalam memajukan dunia digital. Hampir seluruh produk dari Google ini pasti berguna bagi banyak masyarakat. Salah satu produk yang dimiliki Google adalah Google Trends. Untuk keperluan cara riset kata kunci menggunakan Google Trends saat ini menjadi lebih mudah. Anda juga akan dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Trends dengan baik.

Perusahaan ini juga mengeluarkan fitur di Google Trends yang mana berfungsi sebagai mesin pencari dari suatu hal yang trend alias banyak dicari orang melalui mesin pencari Google.Produk ini akan memberikan keterangan mengenai search volume dari suatu situs dalam periode waktu tertentu. Pastinya jumlah traffic dari suatu situs tidak mungkin sama terus dalam waktu yang berbeda.

Apa Itu Google Trends?

Cara menggunakan Google Trends
Cara menggunakan Google Trends

Anda masih belum terlalu paham dengan apa yang dimaksud dengan Google Trends? Tenang saja, Anda sedang membaca ulasan yang tepat, karena semua mengenai Google Trends akan dibahas di sini. Google Trends ini sengaja dibuat oleh Google berupa website yang berfungsi untuk menganalisa suatu kata kunci popular yang banyak dicari oleh pengguna Google dari seluruh dunia.

Bahkan, Anda tahu sendiri bahwa popularitas dari Google ini sangat tinggi sebagai mesin pencari yang bisa dipakai dengan support banyak bahasa yang ada di dunia. Produk Google yang dinamakan Google Insights for Search mulai dirilis pada 5 Agustus 2008 silam. Produk ini kemudian diubah namanya menjadi Google Trends pada 27 September 2012.

Sebagian besar orang yang belum memahami tentang kegunaan dari produk Google yang satu ini akan bertanya mengenai apa kegunaannya. Jawabannya mudah saja, sudah pasti ada banyak sekali kegunaan dari produk yang satu ini, terutama dalam bisnis SEO atau Content Writer. Tak hanya sebatas pada bisnis SEO saja, ada banyak bisnis di segmen lain yang juga menggunakannya untuk berbagai tujuan lain.

Baca juga : Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

Cara Menggunakan Google Trends untuk Riset Pasar

Google Trends Dashboard
Google Trends Dashboard

Ada banyak sekali tim marketing yang berbondong-bondong untuk mempelajari tentang cara menggunakan Google Trends. Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mencoba untuk mencari suatu keyword atau kata kunci dengan menggunakan produk layanan Google yang satu ini. Hanya saja, produk Google yang satu ini tidak memberikan seluruh data potensial secara cuma-cuma, hanya sebatas luarnya saja.

Ada beberapa fitur yang dimiliki Google Trends seperti Negara, bulan, category dan device search. Pastinya Google juga memiliki tujuan dalam menampilkan data dari trends ini. Setidaknya akan ada data grafik yang diberikan oleh produk Google ini yang agak sedikit membingungkan bagi orang yang tidak paham.

Banyak orang yang salah mengira bahwa grafik tersebut mempresentasikan akan search volume secara gambling dalam periode waktu tertentu. Anda harus dapat membedakan grafik yang ditampilkan dalam Google Trends dengan data yang ditampilkan dalam grafik Google Keyword Planner. Kedua grafik akan sedikit terlihat sama, padahal berbeda dari segi fungsi dan kegunaannya.

Namun, dalam pemabhasan kali ini hanya akan dibahas mengenai Google Trends saja tidak sampai Google Keyword Planner. Untuk Anda yang ingin membuka Google Trends silahkan masukan pada kolom search Google kemudian tuliskan ‘Google Trends’, jika sudah muncul silahkan pilih dan buka websitenya. Silahkan ubah Negara sesuai dengan lokasi Anda tinggal, jika sudah masukan kata kunci apa yang ingin dicari trendsnya selama dalam jangka waktu tertentu.

Pada bagian halaman depan akan berubah sesuai dengan topik yang banyak diakses di suatu negara. Anda akan dapat mencari informasi trend dari suatu topik tertentu dengan menggunakan bagian pencarian di produk Google tersebut. Contohnya adalah topik digital marketing. Google Trends langsung akan memberikan informasi seputar digital marketing yang sedang banyak dicari orang berdasarkan grafik bulanannya.

Grafik Google Trends Digital Marketing
Grafik Google Trends Digital Marketing

Bahkan dari Anda akan dapat mengetahui secara spesifik darimana atau di wilayah apa trend tersebut paling banyak dicari. Biasanya, informasi trend tersebut datang dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. Hal itu lebih disebabkan oleh ada banyak masyarakat yang sudah melek dengan internet. Fitur dari produk Google yang satu ini juga bisa lho dimanfaatkan oleh para Youtuber untuk riset keyword.

Anda bisa mencari tahu topik apa yang sedang dibicarakan oleh banyak orang di Youtube. Hal ini bisa menaikkan rating watch di akun Youtube Anda. Caranya adalah dengan memilih opsi untuk penelusuran Youtube Search. Selanjutnya bisa ketik topik apa yang sedang Anda ingin ketahui. Misalkan saja ‘mukbang’.

Google Trends Youtube Search
Google Trends Youtube Search

Setelah Anda klik Search, maka Google Trends akan memberikan Anda data mengenai pencarian di Youtube. Anda akan dapat melihat grafik tren hasil pencarian dari penelusuran tentang Youtube ini. Anda akan dapat mengetahui suatu kata kunci paling banyak diakses oleh masyarakat yang ada di provinsi mana di Indonesia.

Untuk dapat menganalisa grafik dan perubahan pada periode waktu tertentu, maka Anda harus cari tahu sendiri. Misalkan saja saat puasa, akan ada banyak penonton Youtube yang mencari video mengenai cara memasak. Pastinya pencarian dari keyword makanan buka puasa akan meningkat pada saat tersebut.

Fungsi Google Trends

Riset pasar
Riset pasar

Produk Google yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencari produk atau jasa apa yang sedang trend dalam suatu periode tertentu. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk dapat mengembangkan masing-masing produk atau jasa mereka. Pastinya informasi dari produk Google yang satu ini akan sangat membantu bisnis bukan.

Bisa dikatakan bahwa fungsi Google Trends adalah untuk memonitor performa marketing dalam suatu bisnis juga. Proses monitor ini akan dilanjutkan untuk membuat analisa mengenai suatu pasar dan juga performa dari suatu brand. Bisa brand sendiri maupun brand dari pesaing yang berada di segmen yang sama.

Anda akan dapat dengan mudah menemukan seberapa besar minat masyarakat terhadap suatu brand maupun produk. Ini bisa dijadikan sebagai salah satu tool untuk merancang strategi marketing di kemudian hari. Salah satu fitur dari produk Google yang satu ini adalah search volume index yang mana dapat berguna untuk mengetahui periode waktu tertentu sutau brand atau jasa banyak dicari orang.

Banyak perusahaan jadi dapat memetakan puncak dari popularitas suatu brand dalam rentang waktu tertentu. Perusahaan juga jadi dapat menganalisa mengapa produk atau jasa yang mereka tawarkan menjadi tidak laku dalam periode waktu tertentu. Bisa dikatakan bahwa informasi adalah kekuatan dari perusahaan untuk bisa berkembang di masa depan.

Bahkan, Anda juga dapat mengetahui bahwa brand dari perusahaan tempat Anda bekerja dicari dalam bentuk produk lain. Bisa jadi produk yang dicari dari suatu brand belum tersedia di pasar. Apabila jumlah demand sangat tinggi, maka itu adalah peluang bagi perusahaan tersebut untuk meluncurkan produk baru. Pastinya hal ini akan sangat berguna bukan dalam hal bisnis.

Apakah sekarang Anda sudah tertarik utnuk menggunakan Google Trends? Cara menggunakan Google Trends juga sangat mudah bukan tidak perlu skill yang mumpuni. Untuk memaksimalkan bisnis Anda, kami memiliki layanan email maketing tools untuk keperluan bisnis, ini nantinya dikombinasikan dengan Google Trends akan sangat pas sekali. Nah kabar baiknya anda cukup membayar 66.000/bulan saja untuk bisa menggunakan Email Marketing by Qwords.com. Anda bebas mengirim email kepada database kontak email dengan otomatis sekali klik saja. Tunggu apalagi miliki email marketing untuk keperluan bisnis sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *