Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah

3 min read

Mengatasi Laptop Hang

Ketika Anda memiliki laptop, selain berbagai macam kemudahan yang didapatkan, akan selalu ada masalah yang terjadi. Terutama ketika laptop Anda sudah berumur atau dipakai untuk menjalankan program yang terlalu berat yang akhirnya menyebabkan hang. Cara mengatasi laptop hang jadi penting untuk Anda ketahui.

Penyebab Laptop Lemot

1.     Kurang Memori

RAM limit
RAM limit

Alasan pertama yang jadi penyebab laptop sering hang adalah karena kurangnya memori atau RAM. Biasanya kalau kapasitas RAM Anda hanya 4 GB, maka hanya ada beberapa program yang bisa dijalankan. Kalau memaksakan, hasilnya akan terjadi lemot. Bahkan kalau keterusan, akan merusak motherboard laptop Anda.

2.     Terlalu Banyak Program

Alasan kedua adalah karena program yang terlalu banyak sehingga program tersebut menyita RAM. Kadang ada beberapa program yang tidak sedang Anda jalankan tapi berjalan di latar belakang. Sehingga membuat laptop Anda lelet kemudian ngehang.

3.     Hardisk Bermasalah

Hardisk rusak
Hardisk rusak

Hardisk masih menggunakan piringan baja untuk menjalankan program. Piringan baja itu adalah nyawa dari si hardisk. Kalau seandainya piringan baja tersebut lecet, atau kesehatan hardisk Anda menurun, maka kemampuannya membaca program atau menjalankan program akan berkurang dan membuat laptop ngehang.

4.     Ada Virus

Masalah yang paling umum terjadi saat laptop hang adalah karena bersarangnya berbagai macam virus, malware, atau sejenisnya. Virus yang menjangkiti laptop Anda bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bahkan bisa menghilangkan file-file yang ada di laptop Anda.

5.     Ada Corrupt di System Files

System Files merupakan tempat dimana semua file yang mendukung sebuah program berkumpul. Di dalam folder tersebut kalau ada satu ada dua file yang corrupt, bisa membuat sebuah program ngehang. Kalau hanya satu dua program mungkin tak terlalu masalah, karena Anda tinggal uninstall programnya.

Tapi kalau masalahnya ada di system, atau file yang erat hubungannya dengan sistem, maka laptop yang ngehang akan terjadi berulang dan lama kelamaan bisa merusak laptop Anda secara permanen.

Baca juga : Cara Cepat Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mengatasi Laptop Hang

Mengatasi Laptop Hang
Mengatasi Laptop Hang

1.     Lewat BIOS

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama dan bisa dibilang yang paling efektif adalah melalui BIOS. caranya begini;

  • Kalau sudah hang, segera restart laptop Anda. Atau kalau tidak bisa, lakukan Force Shutdown dengan menekan dan menahan tombol power.
  • Setelah mati, nyalakan lagi laptop Anda dan segera masuk ke BIOS. Ada banyak cara untuk masuk ke BIOS. Anda bisa menggunakan F12, F11, F8, F2, atau tombol lain sesuai laptop Anda.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan pilih menu Advanced BIOS Features.
  • Cari yang ada kaitannya dengan BIOS Cache. Kemudian disable.
  • Jika sudah, simpan lalu klik Enter dan nyalakan lagi laptop Anda.
  • Cara ini juga bisa dipakai sebagai salah satu cara mengatasi laptop hang saat dinyalakan.

2.     Ketika Starting

Starting Windonws
Starting Windonws

Ngehang tidak hanya terjadi saat Anda sudah berada di Windows. Tapi terkadang ngehang juga terjadi ketika Anda baru mau masuk Windows atau ketika proses booting. Cara mengatasinya begini;

  • Pertama masalah yang terjadi mungkin karena ada file yang hilang di sistem, atau karena virus dan corrupt. Cara mengatasi dengan scan registry memakai CCleaner atau lakukan scanning dengan antivirus.
  • Kalau masih terjadi masalah yang sama, mungkin RAM Anda kotor. Bersihkan segera RAM Anda dengan penghapus karet atau vacuum cleaner.
  • Kalau masih juga ngehang, maka masalahnya ada di motherboard. Silahkan diperiksakan motherboard Anda. Kalau sudah rusak, artinya tidak bisa dibenahi lagi. Pun untuk membenahinya hanya ada 1 cara yakni mengganti motherboard yang harganya sama seperti harga laptop baru.

3.     Mengatasi Not Responding

Hang juga ada dalam bentuk not responding. Kalau hang yang ini terbilang masih dalam taraf ringan. Cara mengatasi laptop hang Windows 10 ketika terjadi not responding adalah;

  • Silahkan tekan bersamaan tombol Shift, CTRL, dan Esc atau CTRl+Alt+Del.
  • Kemudian setelah Anda masuk ke Task Manager, tekan End Task pada program yang not responding.
  • Kalau sudah, biasanya laptop akan berjalan normal lagi. Jika masih ngehang, maka mungkin persoalannya ada pada program yang rusak, atau laptop Anda tidak kuat. Kalau itu terjadi, segera hentikan sebelum merusak bagian lain di laptop.

4.     Ketika Bermain Game

Windows Blue Screen
Windows Blue Screen

Saat Anda bermain game, masalah ngehang juga terjadi. Cara mengatasi laptop hang saat bermain game kurang lebih sama seperti cara-cara yang disebutkan di atas. Anda bisa melakukan End Task pada programnya, atau membersihkan laptop dari file-file sampah. Kalau masih juga ngehang, maka masalahnya ada disini;

  • Pertama, laptop Anda memang tidak kuat untuk bermain game itu. Solusinya, jangan main game atau upgrade laptop Anda.
  • Kalau terasa sangat panas, maka mungkin kipas di laptop Anda mati. Solusinya adalah segera ganti kipas.
  • Kalau kipas tidak masalah, maka mungkin persoalannya ada di Hardisk yang rusak.
  • Jika hardisk baik-baik saja tapi masih ngehang, mungkin thermal paste habis. Segera ganti.
  • Thermal paste aman, kipas tidak masalah, maka persoalannya ada di RAM atau VGA yang rusak. Solusinya, tentu saja mengganti komponen tersebut.

Nah bagaimana apakah laptop anda sudah teratasi sudah tidak mengalami hang lagi? Jika masih belum berhasil, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Perlu anda ketahui bahwa Qwords selaku penyedia Cloud Web Hosting Indonesia selalu berupaya untuk memberikan informasi menarik untuk semua sahabat Qwords. Jika Anda butuh domain, hosting, server, SSL dan email marketing bisa langsung pesan saja di Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *