Tahukah Anda, kebanyakan blogger akan lebih suka menggunakan domain lama atau domain expired dan memperbaruinya dibandingkan menggunakan domain baru yang masih fresh. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena ada banyak faktor menarik di balik keampuhan domain expired.

Salah satunya adalah domain expired ini biasanya memiliki nilai DA (domain authority) dan juga backlink yang tinggi. Dengan demikian, hal ini akan membuat website menjadi lebih mudah untuk menduduki peringkat yang bagus di mesin pencari.

Baca juga: Apa Itu Search Engine? Inilah Pengertian dan Macamnya

Bahkan, ada banyak blogger yang sengaja membeli domain lama dengan tujuan untuk branding. Nah, bagi sahabat Qwords yang tertarik menggunakan domain expired, di bawah ini akan dibahas tentang cara mencari domain expired.

Penasaran bagaimana caranya? yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini;

 

Tips Mencari Domain Expired Berkualitas

Cara Mencari Domain Expired
Cara Mencari Domain Expired

1.Cek Riwayat Konten Domain

 

Dalam mencari domain expired, sahabat Qwords juga harus cari tahu apakah domain tersebut sebelumnya digunakan untuk spam backlink atau tidak. Jika iya, hal ini juga akan berpengaruh buruk terhadap website Anda di kemudian hari.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengetahui apakah domain tersebut memuat spam atau tidak. Tenang saja, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan Wayback Machine.

Nah, wayback machine ini nanti akan mencatat semua snapshot yang berasal dari page domain sebelumnya. Nanti, Anda akan disuguhkan dengan riwayat konten yang ada. Dengan melihat secara sekilas konten tersebut Anda bisa tahu apakah konten tersebut memuat spam atau tidak.

Sebagai informasi, konen spam sendiri memiliki banyak jenis. Di antaranya seperti konten bekas website judi, gambling, atau pornografi.

Beberapa blogger bahkan ada yang menghindari konten yang berbau obat-obatan ilegal atau konten toko online yang mengandung informasi kontak penipuan.

 

2.Memeriksa Backlink

 

Tidak hanya riwayat konten domainnya saja, Anda juga harus memeriksa apakah tautan atau backlink dari domain tersebut juga memuat spam atau tidak. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan cara memeriksa profile backlink dari domain tersebut satu per satu.

Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya perlu menggunakan bantuan beberapa tools yang ada di internet. Nah, nantinya Anda akan menuju ke sebuah website domain expired melalui tools tersebut.

Selanjutnya, Anda akan diberikan dua opsi yang bisa dipilih yakni new index dan historic index. Maka, untuk mengecek hal ini, silahkan saja anda memilih historic index dan kemudian klik enter.

Dari sini, Anda akan menemukan apa saja yang ada dari backlink lama yang mengarah ke domain expired tersebut. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa backlink dari domain tersebut. Dari situ, Anda sudah bisa melihat apakah domain tersebut memuat spam atau tidak.

 

3.Periksa Metrik Domain

 

Dalam mengukur kekuatan peringkat dari sebuah domain bisa Anda lihat dari metrik domain itu sendiri. Jika Anda sudah memastikan bahwa domain tersebut tidak memuat spam, maka kini Anda juga harus memastikan bahwa domain tersebut memiliki metrik authority (otoritas) minimal 20+.

Jika domain tersebut memiliki authority kurang dari 20+, maka domain ini tidak akan sepadan dengan harganya, meskipun harga domain tersebut bisa diregistrasi dengan harga normal.

Ingatlah bahwa otoritas domain yang tinggi itu sangat penting. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak blogger lebih suka membeli domain expired. Nah, untuk mengecek apakah domain tersebut memiliki otoritas yang tinggi juga mudah.

Baca juga: Aged Domain Vs Expired Domain, Mana yang Lebih Bagus?

D sini Anda bisa meminta bantuan dari beberapa tools yang tersedia di Internet. Misalnya saja seperti open site explorer dan Small SEO Tools atau MOZ. Tools ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan apakah domain tersebut memiliki nilai Authority yang tinggi atau tidak.

Sebagai blogger, saya sendiri biasa menggunakan MOZ karena mereka merupakan institusi yang mencetuskan algoritma Domain Authority.

 

Cara Mencari Domain Expired

expired domain
expired domain

Setelah mengetahui tips menentukan domain expired yang bagus, sekarang saatnya untuk praktek langsung cara mencari domain expired melalui situs expireddomain.

  1. Buka website expireddomain.net

2.Login atau Register jika Anda belum memiliki akun. Kenapa harus memiliki akun? Ada banyak fitur yang bisa diakses ketika sudah login dan menjadi member. Selain itu, Anda juga bisa mengatur preferensi penelusuran dan metrik domain yang ingin ditampilkan pada menu sortir.

  1. Jika sudah berhasil login, pilih menu Deleted Domain.
  2. Di sini ada banyak pilihan ekstensi domain expired yang bisa Anda pilih sesuai selera. Namun, ekstensi domain yang paling direkomendasikan adalah domain .COM, .NET, atau .ORG karena lebih familiar dimata pengguna internet.
  3. Sebagai contoh kali ini kita akan mencari domain expired .COM. Caranya tinggal klik pada menu deleted .COM.
  4. Kini sudah muncul daftar expired domain .COM yang siap untuk dipilih menggunakan tips cara memilih domain expired yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Anda bisa menggunakan fitur “Show Filter” untuk memilah expired domain berdasarkan kata kunci tertentu. Misalnya seperti tekno, blog, wisata, atau info.

  1. Setelah Anda mendapatkan expired domain yang cocok, langkah selanjutnya yakni membeli domain tersebut ke Qwords.com.

 

Cara Beli Domain di Qwords.com

registrasi domain di Qwords
registrasi domain di Qwords
  1. Buka halaman beli domain di >> https://www.qwords.com/domain-name/
  2. Masukkan nama domain kedalam kolom pencarian. Atur ekstensi domain, misalnya .COM, .NET, atau .ORG.
  3. Klik tombol cari sekarang untuk memeriksa ketersediaan nama domain.
  4. Jika nama domain masih tersedia, Anda tinggal klik checkout
  5. Selesaikan pembayaran.

 

Bagaimana? cukup mudah bukan cara mencari expired domain berkualitas? Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah di atas jika ingin mendapatkan domain expired yang berkualitas. Selamat mencoba, jangan lupa untuk klik bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *