Melihat foto dengan resolusi yang kecil pasti tidak enak, salah satunya yang paling terasa adalah gambar pecah atau blur saat diperbesar. Padahal Anda sedang membutuhkan gambar dengan resolusi yang bagus, solusinya Anda harus melakukan foto ulang atau mencari gambar lain yang lebih bagus.

Ada solusi lain yang lebih mudah dan bisa Anda lakukan yaitu dengan cara memperbesar ukuran gambar. Cara memperbesar foto ini bisa Anda lakukan dengan software ataupun tanpa software, tinggal mana yang paling mudah saja.

Cara ini dilakukan tujuannya agar resolusi foto bisa menjadi lebih baik dan tidak blur. Cara ini cocok diterapkan untuk Anda yang memiliki foto-foto lama yang resolusinya kurang bagus. Selain itu dengan menaikan resolusi foto, saat upload di social media foto tidak akan pecah. Semakin tinggi kualitas foto maka hasilnya akan semakin bagus.

Anda tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menyiapkan fotonya saja. Kami memberikan 5 cara yang berbeda, silahkan tinggal pilih mana yang kira-kira paling bagus dan mudah dilakukan.

Cara Memperbesar Ukuran Gambar

1. Paint

Untuk Anda pengguna Windows, pasti sudah tidak asing dengan software edit gambar Paint. Software Paint ini secara default sudah ada pada sistem operasi Windows, tetapi banyak orang yang tidak tahu kalau paint bisa digunakan untuk memperbesar ukuran gambar.

Untuk urusan fitur, Paint lebih sederhana jika dibandingkan dengan software sejenis seperti Photoshop. Nah langsung saja kami berikan cara memperbesar ukuran gambar dengan paint:

  • Langkah pertama siapkan gambar yang akan Anda edit terlebih dahulu.
  • Kemudian lakukan klik kanan pada gambar tersebut dan pilih “Open with” lalu pilih software “Paint”.

    Membuka paint
    Membuka paint

  • Setelah terbuka, silahkan klik pada menu bagian atas bernama “Resize”, kemudian akan muncul popup menu, silahkan pilih pada “Pixels”  dan masukan ukuran yang Anda inginkan, pada contoh gambar tersebut aslinya 640×426 pixels, kemudian akan kami coba rubah menjadi 1000×665 pixels. Jika sudah silahkan klik “OK”.

    Resize gambar
    Resize gambar

  • Secara otomatis gambar akan menjadi lebih besar, jika sudah Anda tinggal simpan saja dengan klik menu “File” kemudian pilih “Save As” dan cari lokasi penyimpanan yang akan Anda gunakan.

    Gambar menjadi besar
    Gambar menjadi besar

Bagaimana mudah bukan cara memperbesar gambar dengan Paint? Cara kedua kita akan menggunakan Photoshop.

Baca juga : Cara Mudah Ganti Background Foto Online

2. Photoshop

Photoshop merupakan produk dari Adobe, software editing foto ini biasa digunakan oleh para kalangan profesional. Dengan software Photoshop Anda bisa melakukan berbagai jenis editing karena memang fiturnya sangat lengkap. Termasuk Photoshop juga tersedia fitur untuk memperbesar ukuran gambar dan foto.

Untuk bisa menggunakannya pastikan Anda sudah menginstall komputer, karena setiap komputer belum tentu memiliki aplikasi edit foto terbaik ini. Silahkan ikuti tutorialnya berikut ini:

  • Silahkan buka terlebih dahulu software Photoshop yang Anda miliki.
  • Jika sudah silahkan buka file gambar yang akan Anda resize menjadi lebih besar, klik menu “File” kemudian pilih “Open” dan cari lokasi Anda menyimpan file tersebut.

    Open file Photoshop
    Open file Photoshop

  • Jika sudah ketemu silahkan “Open”, nah sudah saat muncul silahkan pergi ke menu “Image” kemudian pilih “Image Size”.

    Pilih sesuai ukuran
    Pilih sesuai ukuran

  • Kemudian akan muncul dashboard baru, Anda bisa memasukkannya secara custom atau memilih menu “Fit To” untuk melihat ukuran yang tersedia.
  • Jika sudah silahkan klik “OK” dan lihat hasilnya gambar akan menjadi lebih besar.

3. ResizeImage

Cara memperbesar gambar yang ketiga ini berbeda dengan sebelumnya, cara ini tidak perlu install software pada komputer karena sudah berbasis online. Yang perlu Anda persiapkan adalah gambar dan koneksi internet saja.

Untuk cara memperbesar ukuran JPG silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Silahkan kunjungi websitenya di resizeimage.net
  • Anda akan dihadapkan langsung dengan menu Upload an image, Crop your image, Rotate your image, Resize your image, Make background transparent, Select the output image format, Optimize your image.

    Resizeimage
    Resizeimage

  • Silahkan upload images button “Upload an image” dan tunggu prosesnya hingga selesai
  • Setelah itu scroll kebawah kemudian cari tombol “Resize Image”.

    Resize image
    Resize image

4. Waifu2x

Rekomendasi keempat untuk cara memperbesar ukuran gambar adalah berbasis online menggunakan Waifu2x. Tampilan websitenya simple tetapi multifungsi, tersedia banyak pilihan bahasa yang bisa dipilih. Untuk cara memperbesar gambarnya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Silahkan upload gambar dengan memilih “Choose File” yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

    Waifu2x
    Waifu2x

  • Untuk Anda yang ingin memperbesar ukuran silahkan pilih pada menu “Upscaling” ke 1.6x atau 2x pembesaran.
  • Lalu centang pada bagian captcha dan pilih “Convert”, tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Let’s Enhance

Dan yang terakhir cara memperbesar ukuran gambar dengan Let’s Enhance, silahkan kunjungi websitenya di letsenhance.io, kemudian pilih pada bagian “Click here to upload an image”. Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkannya.

Lets Enhance
Lets Enhance

Nah demikian pembahasan mengenai cara memperbesar ukuran gambar JPG menjadi lebih baik. Anda bisa memilih salah satu cara bisa dengan software komputer atau dengan website secara online, keduanya sama saja tidak ada masalah.

Perlu diketahui bahwa Qwords selaku penyedia layanan hosting domain untuk keperluan website pribadi, bisnis dan perusahaan selalu berupaya untuk memberikan informasi yang terbaik kepada sahabat Qwords semuanya, salah satunya dengan artikel seperti diatas. Untuk Anda yang membutuhkannya, langsung saja mengunjungi website kami di Qwords.com

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *