Cara Memilih Hosting Terbaik Berdasarkan Kebutuhan

2 min read

cara memilih hosting terbaik

Seperti kita ketahui, setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam membuat website. Ada yang membuat website untuk meraup keuntungan dari iklan, ada pula yang membuat website untuk kebutuhan bisnis dan portofolio pekerjaan.

Memiliki website di era digital memang bisa membuka banyak peluang. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum benar-benar paham terkait cara memilih hosting terbaik yang sesuai kebutuhan.

Baca juga: 8 Tips Memilih Paket Hosting Murah Untuk Blog Pribadi

Berikut ini merupakan pembahasan terkait tips cara memilih paket hosting terbaik agar kantong tidak jebol dan tidak ada fitur maupun resource yang terbuang.

 

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

1.Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

wordpress
wordpress

Platform yang digunakan untuk membuat website merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih web hosting. Di Indonesia sendiri, mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress yang terkenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly.

Selain WordPress, adapula platform lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya seperti WIX, Joomla, dan lain sebagainya. Meski berbagai jenis platform tersebut bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, namun sangat disarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan. Contohnya seperti paket Hosting khusus WordPress yang bisa didapatkan di Qwords.com.

 

2.Perhatikan Jenis Website

Contoh Desain Web Dengan Oversized Typography

Faktor pertimbangan berikutnya dalam memilih hosting adalah jenis website. Sebagai informasi, layanan web hosting sendiri hadir dalam berbagai paket pilihan salah satunya adalah untuk mengantisipasi hal ini. Pasalnya, setiap website memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan peruntukannya.

Misalnya, jika Anda ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, maka cukup menggunakan paket hosting murah (Shared Hosting) yang kisaran harganya belasan ribu rupiah perbulan.

Sementara itu, jika sahabat Qwords ingin membuat website jenis e-commerce dengan ribuan produk dan aktivitas kunjungan yang besar, maka sangat disarankan untuk menggunakan Dedicated Server yang memiliki resource lebih tinggi dari Shared Hosting.

 

3.Lokasi Target Pengunjung

Lokasi Server Google
Lokasi Server Google

Memilih hosting terbaik tentu tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan data target pengunjung. Jika Anda memiliki target pembaca dari Indonesia, maka sudah seharusnya menggunakan provider web hosting yang memiliki data center di Indonesia juga.

Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading. Menggunakan hosting dari perusahaan dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi trouble.

Baca juga: Tips Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik

Terlepas dari itu, dari segi keamanan dan teknologi, data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait hal ini.

 

4.Tipe Konten yang Disajikan

Tipe konten juga sangat berpengaruh dalam menentukan paket hosting. Pasalnya, kebutuhan website yang mayoritas berisi artikel tulisan tentu akan jauh berbeda dibandingkan website video streaming atau situs wallpaper.

Jadi, sebagai pemilik website Anda harus tahu tujuan pembuatan website, apakah kedepannya hanya akan berisi tulisan, gambar, atau akan menampilkan video yang bisa ditonton oleh pengunjung secara langsung.

 

5.Banderol Harga

cara memilh hosting berdasarkan harga
cara memilh hosting berdasarkan harga

Banyak orang yang beranggapan bahwa web hosting terbaik itu harus mahal. Sayangnya, asumsi tersebut tidak selamanya benar karena saat ini sudah banyak perusahaan hosting lokal maupun interlokal yang menawarkan paket harga yang lebih masuk akal.

Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan budget sebelum memutuskan untuk berlangganan. Jika dana terbatas, pilihlah layanan hosting murah, atau alternatifnya Anda bisa membeli web hosting menggunakan skema pay later.

 

6.Jumlah Domain

Dalam pembelian hosting biasanya ada peraturan yang menyebutkan jumlah maksimal penambahan domain atau Addon Domain. Nah, hal ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hosting sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, untuk paket hosting murah (Shared Hosting) biasanya Anda hanya diberikan slot untuk dua sampai tiga domain. Sementara untuk paket yang lebih tinggi seperti VPS atau Dedicated Server, Anda bisa lebih leluasa dalam menambah domain.

 

7.Kapasitas Hosting

cara memilih hosting berdasarkan kapasitas harddisk
cara memilih hosting berdasarkan kapasitas harddisk

Karena biasanya pembeli membuat website dari nol, maka tidak ada metode yang akurat untuk menghitung berapa kapasitas hosting yang dibutuhkan. Besaran kapasitas penyimpanan dalam web hosting sendiri biasanya terdiri mulai dari 500MB hingga 1TB, dari pengalaman kami kapasitas paling kecil tidak akan cukup untuk menunjang website pribadi yang selalu konsisten diperbarui.

Untuk awal-awal, pilihlah paket hosting murah dengan penyimpanan minimal 1GB. Karena selain digunakan untuk menampung file postingan dan aneka macam system, nantinya Anda akan butuh space jika ingin melakukan backup data secara manual.

 

Layanan Hosting Terbaik di Qwords

"<yoastmark

Memilih paket hosting memang seperti memilih jodoh. Kita perlu ekstra hati-hati dan selektif agar tidak salah ketika menentukan pilihan. Beberapa poin di atas bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan agar mendapatkan hosting yang sesuai kebutuhan.

Namun, jika Anda sudah terlanjur salah pilih, solusinya yakni dengan melakukan migrasi hosting ke provider lain. Kebetulan Qwords.com bulan ini juga menghadirkan promo migrasi hosting yang bisa dimanfaatkan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *