Lengkap! Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Pemula

4 min read

CARA MEMILIH HOSTING TERBAIK UNTUK PEMULA

Memilih hosting terbaik sama halnya dengan memilih tempat untuk website Anda ‘hidup‘.

Namun, bukan berarti Anda memilih hosting asal-asalan dengan prinsip ‘yang penting ada’ tanpa memperhatikan kualitasnya.

Pasalnya, hosting adalah sebuah komponen website yang sangat penting dan berguna untuk menyimpan semua file dan data website milik Sahabat Qwords.

Sebagian pengguna yang ingin memulai website mereka bahkan ada yang belum sama sekali memahami apa itu hosting apalagi cara memilih hosting terbaik.

Untungnya, artikel kali ini akan membahas tentang cara memilih hosting terbaik sesuai dengan dana dan juga sumber daya yang website Anda butuhkan.

Tanpa berlama-lama lagi, kita mulai yuk, Sahabat Qwords!

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Pemula

Di era yang serba online ini, kebutuhan website pun selalu meningkat di berbagai sektor, seperti bisnis, perusahaan, hingga perorangan sekali pun.

Website yang sebenarnya difungsikan untuk menyampaikan untuk menyampaikan informasi, sekarang pun dapat digunakan untuk memasarkan produk.

Berangkat dari hal tersebut, pengguna ingin memiliki website yang proper dengan harapan mendatangkan traffic yang tinggi atau bahkan memperoleh pendapatan secara online.

Namun, sebelum akhirnya dapat memiliki website, Anda tidak boleh melewatkan sebuah proses penting, yaitu memilih website terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda ke depannya.

Bila Anda berpendapat bahwa semua hosting itu sama saja, berarti Anda salah.

Pasalnya, setiap penyedia hosting memiliki spesifikasi dan harganya masing-masing, dan tugas Anda adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan website Anda.

Nah, berikut adalah beberapa tips memilih hosting terbaik yang sudah kami rangkum dan telah kami buktikan efektif membantu menyesuaikan kebutuhan website pengguna.

Baca Juga: Pahami 6 Kriteria Hosting Terbaik Agar tidak Salah Pilih!

1. Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

wordpress
WordPress

Platform yang digunakan untuk membuat website merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih web hosting.

Di Indonesia sendiri, mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress yang terkenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly.

Selain WordPress, ada pula platform lain yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti Blogger, WIX, Joomla, dan sebagainya.

Meski berbagai jenis platform tersebut bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, tetapi Anda sangat disarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan.

Contohnya seperti paket Hosting WordPress yang bisa didapatkan di Qwords.com.

WordPress hosting adalah jenis paket hosting yang sudah dioptimalkan secara khusus untuk dapat menjalankan WordPress agar mendapatkan performa maksimal.

Dengan begitu, Sahabat Qwords pun bisa lebih produktif dalam memproduksi konten-konten blog melalui WordPress Anda.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Paket Hosting Murah Untuk Blog Pribadi

2. Perhatikan Jenis Website

Contoh Desain Web Dengan Oversized Typography

Faktor pertimbangan berikutnya dalam memilih hosting adalah jenis website.

Sebagai informasi, layanan web hosting sendiri hadir dalam berbagai paket pilihan, dan salah satunya adalah untuk mengantisipasi hal ini.

Pasalnya, setiap website memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan fungsinya.

Misalnya, jika Anda ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, maka cukup menggunakan paket hosting murah (shared hosting) yang kisaran harganya hanya belasan ribu rupiah per bulan.

Namun, jika Anda ingin membuat website berjenis toko online dengan banyak produk dan aktivitas kunjungan yang besar, Anda bisa memilih paket hosting virtual private server (VPS) yang tentunya memiliki performa yang jauh lebih baik.

Perlu Sahabat Qwords ketahui, hosting VPS memang diperuntukkan bagi para pemilik website yang berskala besar, karena sumber daya milik hosting jenis ini hanya digunakan oleh pemiliknya.

Berbeda dengan shared hosting yang sumber daya pada satu server digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus.

Ketika salah satu pengguna shared hosting menggunakan sumber daya secara berlebihan, Anda pun juga akan terdampak.

Baca Juga: Perbandingan VPS & Unlimited Hosting, Mana yang Lebih Baik?

3. Lokasi Target Pengunjung

Lokasi Server Google
Lokasi Server Google

Memilih hosting terbaik tentu tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan data target pengunjung Anda.

Bila Sahabat Qwords memiliki target pembaca dari Indonesia, maka sudah seharusnya menggunakan provider web hosting terbaik yang memiliki data center di Indonesia.

Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading, menggunakan hosting dari penyedia dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi masalah.

Terlepas dari semua itu, dari segi keamanan dan teknologi, data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait hal ini.

Berbicara mengenai data center, Qwords.com sebagai penyedia hosting murah terbaik juga memiliki data center di Indonesia, lho.

Dengan demikian, Anda tidak perlu meragukan kualitas hosting yang ditawarkan oleh Qwords.com.

Baca Juga: Tips Memilih Lokasi Server Hosting Terbaik

4. Jenis Konten yang Disajikan

Jenis konten pada website akan sangat berpengaruh dalam menentukan paket hosting.

Pasalnya, kebutuhan website yang mayoritas berisi artikel tulisan tentu akan jauh berbeda dibandingkan website video streaming atau situs gambar atau wallpaper.

Jadi, sebagai pemilik website, Anda harus tahu tujuan pembuatan website, apakah kedepannya hanya akan berisi tulisan, gambar, atau akan menampilkan video yang bisa ditonton oleh pengunjung secara langsung.

Contohnya adalah bila website nantinya hanya akan berisi artikel biasa, menggunakan paket yang paling murah pun sebenarnya sudah dapat mencukupi kebutuhan Anda.

Namun, bila ingin membuat situs untuk streaming video misalnya, tentunya menggunakan dedicated server akan lebih disarankan.

5. Harga

tips memilih hosting terbaik
Cara memilh hosting terbaik berdasarkan harga

Harga terkadang menjadi hal yang dapat membatalkan keputusan pengguna ketika memilih hosting terbaik.

Memang, berbagai produk apa saja yang mengklaim dirinya terbaik pastinya sudah memiliki nilai yang tinggi, maka tidak heran bila harganya cukup tinggi dibanding yang lain.

Bahkan, konsumen juga enggan berpaling meski harganya tinggi karena memang mereka merasa mendapatkan apa yang diinginkan.

Namun, bila Anda lebih jeli mencari informasi mengenai harga hosting terbaik dengan harga yang lebih terjangkau, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah mulai banyak hosting murah dengan kualitas terbaik.

Contohnya adalah hosting murah dari Qwords.com yang harganya mulai dari Rp14.500 saja.

Saya Mau Hosting Terbaik Cuma 14rb/Bln

Untuk kualitasnya, hosting ini sudah menggunakan Hybrid SSD yang mampu menunjang performa website dengan baik.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan layanan bantuan 24/7, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, segera beralih menggunakan hosting terbaik dari kami!

6. Jumlah Domain

Dalam pembelian hosting, biasanya terdapat peraturan yang menyebutkan jumlah maksimal penambahan domain atau addon domain.

Nah, hal ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hosting sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, untuk paket hosting murah (shared hosting), Anda biasanya hanya diberikan slot untuk dua sampai tiga domain saja.

Sementara itu, untuk paket yang lebih tinggi seperti VPS atau dedicated server, Anda bisa lebih leluasa dalam menambah domain bahkan hingga tak terbatas.

Baca juga: 14 Control Panel VPS Terbaik 2022 (Gratis & Berbayar)

7. Kapasitas Hosting

Karena biasanya pembeli membuat website dari nol, maka tidak ada metode yang akurat untuk menghitung berapa kapasitas hosting yang dibutuhkan.

Besaran kapasitas penyimpanan dalam web hosting sendiri biasanya terdiri mulai dari 500MB hingga 1TB.

dari pengalaman kami, kapasitas paling kecil tidak akan cukup untuk menunjang website pribadi yang selalu konsisten diperbarui.

Selain digunakan untuk menampung file seperti artikel hingga file sistem, nantinya Anda masih akan membutuhkan ruang jika ingin melakukan backup data secara manual.

Untuk pengguna yang baru saja memulai membuat website, saran dari kami adalah dengan memilih paket hosting terbaik dengan penyimpanan minimal 1GB.

Pilih Hosting Terbaik Anda Sekarang!

Setelah mempelajari bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk pemula, sekarang Anda bisa menerapkan cara-cara tersebut ketika akan membeli hosting untuk website Anda.

Ingat, hosting adalah hal pertama dan utama yang harus Anda tentukan melalui pertimbangan yang matang.

Saya Mau Hosting Terbaik Untuk Website

Jangan sampai salah dalam memilih hosting terbaik, ya. Pasalnya, website yang besar diawali dari pemilihan hosting yang matang.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih hosting terbaik dengan jaminan yang pasti, Qwords menawarkan berbagai paket hosting dengan layanan bantuan 24/7 dan garansi uang kembali*.

2 Replies to “Lengkap! Cara Memilih Hosting Terbaik untuk…”

  1. Makasih min.. Saya dari tahun 2010 sampai sekarang untuk masalah hosting pilih QWords.com

    1. Sama-sama kak
      Terima kasih sudah mempercayakan layanan hosting kepada kami, semoga websitenya semakin berkembang dan memiliki kunjungan yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *