Cara Membuka Password RAR Dengan Mudah

2 min read

Cara Membuka Password RAR

Cara membuka password RAR perlu diketahui oleh semua orang yang kerap menggunakan jenis file tersebut. Apalagi jika data yang dimilikinya terkunci dan password tidak diketahui.

Sebelum mengetahui tentang step by step prosedur yang harus dilakukan, terlebih dahulu harus diketahui tentang pengertian dan fungsinya.

Apa itu RAR?

WinRAR adalah salah satu dari software shareware yang berfungsi untuk pengarsipan serta  kompresi data. Pembuat jenis file ini adalah Eugene Roshal.

Sebelumnya, data-data hanya disimpan di dalam folder. Namun, setelah ada WinRAR, maka berkas dapat disimpan dan dikirim menggunakan kompresi format RAR dan juga ZIP.

Keunggulan dari RAR adalah bisa mengirim banyak data sekaligus dalam satu file sekali pengiriman. Berbeda halnya dengan ketika Anda hanya menyimpannya di dalam data folder biasa.

Pada folder biasa, maka Anda harus mengirimkan satu per satu data dan mengunduhnya pun satu per satu. Namun, sekarang untuk lampiran email yang banyak, pihak penyedia jasa surat elektronik biasanya memberi pilihan unduh sebagai file RAR atau ZIP.

Cara Membuka Password RAR
Cara Membuka Password RAR

Kini, bukan hanya bisa diakses melalui PC atau laptop, file RAR juga bisa diekstrak melalui smartphone. Terdapat dua jenis data RAR, yaitu data yang terproteksi oleh password dan tidak.

Jika memiliki program pengekstrak file RAR, maka Anda bisa langsung membuka konten datanya dengan cara double click atau extract. Prosedur mengekstrak file RAR sendiri adalah mengklik kanan file, lalu pilih extract file atau extract here.

Di sisi lain, jika file RAR diproteksi oleh password, maka Anda harus memasukkan kuncinya terlebih dahulu baik ketika akan membuka dengan double click maupun extract.

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran File

Cara Membuka Password RAR

Karena tidak semua file RAR mudah dibuka karena tanpa proteksi password, maka Anda juga perlu mengetahui tentang cara membuka password RAR. Apabila Anda tahu passwordnya, tentu hal ini akan sangat mudah.

Cara membuka file RAR di laptop adalah tinggal klik kanan pada file, lalu klik extract here atau extract file. Kemudian, akan ada kolom untuk memasukkan password.

Apabila Anda mengetahui password dari file RAR tersebut, maka masukkan kode yang dibutuhkan. Dalam sekali klik, maka file akan bisa terekstrak atau terbuka dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara membuka password RAR yang terkunci, tetapi tidak diketahui passwordnya? Ternyata, Anda harus menggunakan sambungan internet untuk mengatasi hal ini.

Jadi, yang harus dilakukan saat akan membuka file RAR yang tidak tahu atau lupa passwordnya adalah memastikan PC atau laptop terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan akses internet, webnya akan lebih mudah dibuka dan proses pun dapat dilaksanakan secara cepat.

Cara Membuka Password RAR Online

WinRAR
WinRAR

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila lupa password dari sebuah file RAR, maka PC atau laptop harus terkoneksi internet. Setelah itu, pastikan data sudah ada di dalam perangkat Anda, sehingga bisa langsung diproses.

Berikut adalah step by step  yang bisa dilakukan.

  1. Buka lokasi file RAR. Misalnya di data D atau data E. Sebaiknya jangan di flashdisk atau hardisk eksternal agar prosesnya lebih cepat.
  2. Ketik dan buka notepad melalui kolom pencarian di taskbar. Apabila sudah ada di desktop, maka Anda tinggal membukanya.
  3. Lalu, copy script berikut ini: https://www110.zippyshare.com/v/hilRegzH/file.html atau https://www.4shared.com/office/4n_xT4Lciq/script_rar_password.html.
  4. Setelah di copy, maka tempel di notepad yang telah dibuka.
  5. Kemudian, klik menu file lalu save dengan eksteni .bat. Anda juga bisa menggunakan CTRL + S untuk menyimpan dokumen tersebut.
  6. Tutup notepad, dan data password tersebut akan sudah tersimpan di desktop.
  7. Lalu, klik kanan pada file yang akan disimpan. Pilih run as administrator.
  8. Masukkan nama file pada “File Name”. Akan tetapi, jangan lupa untuk menambahkan format .rar pada bagian belakang nama file.
  9. Tekan enter.
  10. Selanjutnya, masukkan lokasi direktori dari file RAR tersebut. Klik kanan pada file, kemudian pilih properties.
  11. Copy direktori file pada bagian “Location”.
  12. Paste lokasi direktori file RAR pada bagian “Enter Full Path”, lalu klik enter.
  13. Tunggu proses pelacakan password file RAR tersebut. Kemudian, password akan muncul pada bagian “Stable password”
  14.  Buka file RAR tersebut, lalu masukan password tadi.

Itulah step by step membuka password RAR yang terkunci. Ini dilakukan secara online. Jadi, apabila tidak mengetahui atau lupa password dari sebuah file RAR, maka prosedurnya harus dilakukan secara online.

Kesimpulan

Kesimpulannya, cara membuka file RAR yang lupa password tidak rumit dan hanya membutuhkan sedikit waktu. Namun demikian, Anda harus terkoneksi dengan internet untuk melakukan prosedurnya.

Cara membuka password RAR bisa mengikuti step by step di atas, tetapi kecepatan load nya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh koneksi dan juga performa dari masing-masing unit PC atau laptop.

Pastikan juga website yang Anda akses sudah menggunakan layanan keamanan SSL. SSL sekarang ini menjadi salah satu syarat untuk keamanan website agar terhindar dari pencurian data dan juga malware.

Jika ada kendala atau permasalahan yang dialami Sahabat Qwords, bisa langsung tulis pada kolom komentar dibawah, jangan lupa share konten ini ke social mediamu.

Terima kasih

8 Replies to “Cara Membuka Password RAR Dengan Mudah”

    1. Belum ada kak,
      Next masuk list artikel baru ini.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords Blog, jangan lupa kalau urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  1. Itu step nomor 5 harus kita kasih ekstensi “.bat” dulu biar bisa di run as admin

  2. Pada saat di run administrator, knp file.bat tadi hny muncul sesaat, kmdn menghilang lagi (nge-flash sj)?

    Terus hrs bgmn, spy muncul tetap?

    1. Cara kerja file .bta memang gitu kak,
      Muncul sekilas lalu hilang.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  3. cara ini worth it untuk password yang hanya mencakup huruf saja, tidak akan worth it untuk password yang diselingi dengan huruf apalagi symbol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *