Langkah-langkah cara membuat website sekolah menggunakan platform wordpress sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh jika dibandingkan dengan cara membuat website berbasis wordpress pada umumnya. Hanya saja di dalam website sekolah biasanya dilengkapi dengan beberapa menu dan fitur khusus yang berfungsi untuk memberikan akses informasi lebih detail terkait profil sekolah serta aktivitas sehari-hari.

Di era globalisasi seperti sekarang ini keberadaan website sekolah sudah bukan lagi menjadi sarana adu gengsi, melainkan sudah masuk kedalam ranah kebutuhan primer sebagai bagian dari proses edukasi sekaligus sumber informasi.

cara membuat website sekolah
cara membuat website sekolah

Peranan website sekolah sendiri menjadi sangat krusial karena bisa menjadi acuan bagi siswa maupun orang tua dalam memfilter kabar terbaru yang berhubungan dengan aktivitas belajar mengajar sehari-hari. Jadi, pembuatan website sekolah yang baik dan benar bisa dibilang bakal menjadi solusi atas distribusi informasi dari sekolah ke orang tua maupun dari guru ke siswa.

Nah,  kira-kira bagaimanakah tips-tips cara membuat website sekolah yang baik dan benar? Mari langsung saja kita simak melalui ulasan pada artikel kali ini.

Tips Membuat Website Sekolah

Untuk Anda yang saat ini memiliki rencana membuat website sekolah profesional menggunakan wordpress, ada baiknya perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini agar website yang dibangun nantinya bisa berjalan dengan baik dan optimal sebagaimana mestinya.

1. Pelajari Tipe CMS / Script yang Akan Digunakan

Ada banyak tipe CMS dan script yang bisa digunakan untuk membuat website sekolah yang baik. Misalnya seperti Drupal, Joomla, atau HTML. Akan tetapi, tipe CMS yang paling populer dan banyak digunakan sampai saat ini masih ditempati oleh WordPress. CMS berbasis open source rilisan tahun 2003 tersebut selain dikenal memiliki kemampuan Search Engine Optimization (SEO) yang baik juga terkenal sebagai platform multi fungsi untuk mengakomodir segala keperluan promosi.

2. Ketahui Informasi Penting yang Wajib Ada di Dalam Website Sekolah

Informasi penting yang perlu ada di dalam website sekolah di antaranya meliputi:

  1. Profil Sekolah
  2. Informasi Alamat dan Kontak
  3. Database Siswa
  4. Database Guru dan Karyawan
  5. Fasilitas Sekolah
  6. Daftar Kegiatan Siswa
  7. Informasi Pengumuman Penting

Komponen yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Website Sekolah

1. Domain

Domain untuk website sekolah biasanya menggunakan ekstensi .SCH.ID bukan domain .COM, .NET, .INFO, .ORG atau domain identitas komersial lainnya.

2. Hosting

Selain butuh domain sebagai alamat website, Anda juga memerlukan hosting sebagai “rumah” untuk menampung segala bentuk file dan dokumen yang akan ditampilkan didalam website. Spesifikasi hosting sendiri sangat beragam sesuai dengan keutuhan dan budget masing-masing pembeli.

3. Data pendukung

Data pendukung pada awal pembuatan website sekolah meliputi informasi siswa, guru, maupun karyawan. Sementara untuk mengisi halaman depan diperlukan juga profil, sejarah, dan juga visi misi sekolah untuk memikat calon peserta didik baru.

Website Sekolah Gratis

Membangun website sekolah tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Bahkan ada juga website sekolah gratis yang dibangun menggunakan layanan khusus dari pihak ketiga. Namun, agar lebih leluasa dalam menampilkan fitur sesuai dengan keinginan kita alangkah baiknya memutuskan untuk menggunakan website dengan hosting serta domain berbayar. Harga sewa domain .SCH.ID saat ini relatif terjangkau yakni hanya sebesar Rp55 ribu saja dengan syarat melampirkan Kartu Tanda Penduduk dan SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait. Sementara untuk biaya sewa hosting bisa diakali dengan menggunakan paket cloud hosting murah Value Performance dari layanan kami dengan biaya sewa mulai dari Rp14,500 perbulan. Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah mau mencoba membuat website sekolah secara gratis namun fitunya dibatasi, atau ingin langsung memiliki website sekolah profesional dengan anggaran biaya yang tidak terlalu tinggi?

Langkah-langkah Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Setelah selesai soal urusan pembelian domain, hosting, dan data-data pendukungnya kini saatnya kita masuk kedalam proses pembuatan website sekolah.

1. Instalasi WordPress

Untuk mempersingkat waktu, tutorial cara instalasi wordpress di cPanel tidak akan saya jelaskan di artikel ini melainkan bisa Anda baca melalui postingan sebelumnya terkait Panduan Cara Install WordPress Di cPanel Dengan Mudah. Anda bisa mengikuti panduan tersebut mulai dari langkah persiapan sampai dengan penutupan yang ditandai dengan munculnya akses halaman login ke Dashboard WP Admin.

2. Menambahkan Theme

Biasanya website sekolah menggunakan theme khusus yang relatif berbeda jika dibandingkan dengan theme website komersial pada umumnya. Kendati demikian, cara pasang theme website sekolah masih sama yakni melalui Menu Appereance >> Theme  >> Add new >> Upload.

cara install plugin buddypress
cara install plugin buddypress

3. Setting Permalink

Agar website sekolah yang kita bangun lebih rapi dan SEO Friendly, maka kita juga harus mengatur permalink untuk tiap artikel dan halaman landing page. Cara mengaturnya cukup mudah, yakni tinggal menuju ke menu Setting/Pengaturan >> pilih Permalinks. Untuk settingannya sendiri bisa menggunakan tag (/%postname%/ ) agar seriap URL yang sudah di publish bisa sesuai dengan judul halaman tanpa tahun maupun bulan.

4. Instal Plugin Buddypress

Plugin Buddypress merupakan salah satu plugin populer yang banyak direkomendasikan ketika kita ingin membuat website untuk kebutuhan komunitas, seperti website sekolah untuk menjaring alumni, guru, dan siswa agar bisa saling terhubung dan berinteraksi.

Dengan menggunakan plugin ini Anda juga mengaktifkan fitur khusus yang memungkinkan pembaca untuk mendaftar sebagai anggota bahkan membuat halaman profil yang merupakan cara bagus untuk menarik minat audiens.

Itulah tips cara membuat website sekolah profesional dengan wordpress. Semoga informasi di atas sesuai dengan apa yang sedang Anda cari, dan jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait paket hosting murah dari Qwords.com jangan sungkan untuk menghubungi layanan customer service 24 jam atau meninggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *