Anda mau mengadakan acara dalam waktu dekat, namun masih bingung mau buat undangan dimana? Tenang! Sekarang sudah ada undangan digital yang bisa dibuat sendiri hanya menggunakan aplikasi atau website yang tersedia di internet.

Undanga digital juga lebih praktis, mudah, dan cepat, sehingga tak perlu lagi menunggu berminggu-minggu seperti pembuatan undangan manual di percetakan. Anda juga tidak perlu pusing ketika desain yang dibuat ada kesalahan penulisan, karena dengan undangan digital konten bisa diedit suka-suka.

 

Cara Membuat Undangan Digital

Cara Membuat Undangan Digital Beserta Contohnya
Cara Membuat Undangan Digital Beserta Contohnya

Untuk membuat undangan digital sahabat Qwords cukup mengikuti beberapa tahapan berikut ini, baik untuk pembuatan sendiri maupun menggunakan website semuanya bisa dilakukan sambil duduk manis di rumah, atau istirahat siang di kantor, simak dan coba praktekkan sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

 

1.Siapkan Konsep Undangan

Konsep undangan bisa dibuat sesuai dengan jenis acara yang akan digelar, apakah pernikahan, ulang tahun atau acara kantor. Sehingga jelas detail gambar, warna dan tulisan seperti apa yang akan ada di dalam undangan tersebut.

 

2.Memilih Platform Media Digital

Kalau sahabat Qwords mau menggunakan aplikasi yang bisa diakses dan didistribusikan melalui ponsel, tinggal pilih melalui platform seperti Google Play atau Apple Store.

Tapi kalau mau menggunakan media yang lebih universal dan mudah diakses tinggal memilih website yang menyediakan layanan pembuatan undangan digital terbaik.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba jasa pembuatan website undangan digital yang ditawarkan Bikin.website. Menariknya, disana Anda bisa memesan website dengan sistem kredit alias bayar nanti-nanti saja.

 

3.Menentukan Sketsa Desain

Mulailah untuk membuat desain undangan digital yang sesuai keinginan, jangan lupa melibatkan orang-orang terdekat untuk ikut mendesain agar hasilnya lebih memuaskan.

Biasanya pada aplikasi, video, maupun website sudah ada template yang tersedia, tinggal diisi sesuai warna, gambar, dan tulisan yang diinginkan.

 

4.Isi Dengan Konten Yang Tepat

Pastikan mengisi undangan digital dengan informasi yang tepat, mulai dari kapan acara digelar, dimana lokasinya, hingga siapa yang mengundang. Ini merupakan informasi penting standar yang wajib ada pada setiap undangan, tidak terkecuali undangan digital.

 

5.Cek dan Ricek

Jika sudah selesai menerapkan beberapa cara bikin undangan digital Anda tinggal melakukan pengecekan akhir terkait semua hal dalam desain undangan tersebut. Jangan sampai ada kesalahan karena sebentar lagi undangan akan disebar secara digital pula.

 

6.Simpan dan Sebarkan

Simpan desain akhir yang sudah Anda buat, kemudian sebarkan kepada orang-orang yang ingin diundang dalam acara tersebut.

 

Undangan Pernikahan Digital

undangan pernikahan digital
undangan pernikahan digital

Undangan pernikahan merupakan salah satu yang paling banyak menggunakan cara digital dalam pembuatannya. Dengan menerapkan cara di atas, Anda bisa mendapatkan undangan pernikahan yang indah dan beda dari yang pernah ada.

Konsep dari undangan pernikahan digital agak berbeda dengan undangan lainnya, karena lebih mengedepankan romantisme, elegan, dan perpaduan warna indah berbalut motif yang bisa disesuaikan dengan konsep acara pernikahan.

Poin penting kalau sahabat Qwords ingin membuat undangan pernikahan digital adalah, koordinasi dengan pasangan agar desain undangan bukan hanya merupakan keinginan Anda tapi keinginan berdua.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan takut untuk anti mainstream, kalau selama ini undangan pernikahan terkesan kaku dengan motif ukiran, dengan tata letak tulisan tradisional, Anda bisa membuat desain yang berbeda, lebih mdern tapi tetap menonjolkan kesakralan sebuah pernikahan.

 

Website Untuk Membuat Desain Undangan Digital

website undangan digital
website undangan digital

Banyak website yang akan mempermudah Anda untuk membuat undangan digital sehingga meninggalkan kesan yang baik untuk para penerima undangan. beberapa website yang bisa dipilih adalah:

  • Invitation Card Maker

Website ini banyak dipakai untuk membantu membuat undangan secara digital, selain di komputer juga bisa dipakai menggunakan ponsel. Tanpa harus bayar Anda bisa puas membuat desain sesuai kebutuhan acara. Dilengkapi stiker hingga jenis tulisan kekinian pasti membuat Anda puas menggunakannya.

  • Canva

Saat ini menjadi website paling diminati untuk membuat undangan secara digital, karena memiliki fitur paling lengkap dan mudah digunakan. Semua format undangan ada di sini, Anda tinggal memilih template undangan digital yang diinginkan dan jadilah sebuah undangan yang pastinya akan banyak disukai orang.

  • Mivitation

Website ini juga banyak dipakai karena memiliki beberapa keunggulan, mulai dari desain yang bisa dilakukan sendiri, mudah digunakan, dan bisa langsung dikirim ke orang yang Anda inginkan.

Bila dibutuhkan, adapula fitur reservasi, jadi Anda bisa mengetahui siapa saja yang kemungkinan akan hadir pada acara tersebut.

Baca juga: Tanda Tangan Digital, Identitas Baru di Dunia Maya

 

Contoh Konsep Undangan Digital

contoh undangan digital
contoh undangan digital

Masih baru dalam penggunaan undangan digital? Jangan khawatir banyak contoh konsep undangan digital yang bisa dijadikan sebagai.

  • Modern

Undangan modern didesain dengan motif modern yang diberi warna menarik, biasanya motif tidak full pada bagian depan undangan. Untuk informasi acara, bisa diletakkan pada bagian tengah undangan, dan biasanya undangan modern memilih warna-warna kekinian dan elegan seperti putih, silver atau gold.

  • Tradisional

Kalau acara Anda berkonsep tradisional, tinggal contoh saja undangan dengan konsep tradisional ini. Bisa dengan menjadikan batik sebagai motifnya, atau foto rumah tradisional sebagai background utama undangan. Pilih tulisan versi kaligrafi yang akan memberi kesan tradisional yang mendalam.

  • Minimalis

Bagi yang tak suka undangan berlebihan, bisa mengambil contoh undangan minimalis, dengan desain geometrik mini pada bagian depan, kemudian informasi detail tapi singkat dan padat. Untuk warna tinggal memilih warna natural yang akan memaksimalkan aura minimalis.

 

Penutup

Itulah semua hal yang perlu Anda ketahui, tentang cara membuat undangan digital sebagai pilihan utama di era baru saat ini. Jangan takut untuk menggunakannya, karena Anda akan terlihat kekinian, melek teknologi tanpa meninggalkan konsep undangan konvensional.

Sebagai informasi, saat ini undangan digital yang dibuat dalam kemasan website berbasis WordPress juga menjadi salah satu trend baru dikalangan generasi milenial.

Hal ini tentu semakin membuktikan bahwa CMS ini sangat fleksibel untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Mulai dari pembuatan website company profile, website toko online, hingga blog untuk meraup keuntungan dari iklan.

Penasaran dengan trend WordPress dimasa yang akan datang? Anda bisa mengikuti event Bootcamp Online Qwords Anniversary yang mengusung topik “WordPress Trend 2020/2021”.

Special event ini akan diadakan secara gratis melalui aplikasi Zoom pada hari Senin, 24 Agustus 2020, pukul 19.00 – 21.00 dengan pembicara: Todi Adiyatmo (Founder/CEO Tonjoo) dan Ansori Riza Y (WordPress Developer Qwords).

Bootcamp Online Qwords
Bootcamp Online Qwords

Link Pendaftaran: qwrd.so/bootcamponline

Tunggu apalagi? Ayo segera daftar sekarang juga dan dapatkan benefit berupa sertifikat, voucher hosting, serta doorprize uang tunai jutaan rupiah.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *