Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile

3 min read

Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile

Signature email merupakan sebuah teks informasi mengenai kontak pengirim email yang letaknya di bagian akhir dari isi email tersebut. Tidak sulit dalam membuat signature email. Ada banyak tutorial IT yang menjelaskan terkait cara membuat signature di Gmail yang bisa Anda ikuti.

Kenapa harus Gmail? Pertama, saat ini Gmail masih menjadi platform email terbesar yang banyak digunakan. Kemudian, layanan ini juga gratis dan bisa dimanfaatkan untuk menampung data hingga 10GB lengkap dengan fitur-fitur handal.

Baca juga: Cara Menulis Email Penawaran Yang Menarik dan Contohnya

Nah, selain akan mendapatkan informasi mengenai cara membuat signature email khusus untuk platform Gmail pada artikel kali ini Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang perlu ada dalam signature email sekaligus tips membuat signature email yang baik via laptop dan aplikasi mobile.

Elemen Dasar Signature Email

Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile
Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile

Setidaknya ada 9 elemen dasar atau hal-hal yang perlu ada di dalam signature email. Apa saja elemen dasar tersebut? Selengkapnya berikut ini.

1. Nama, jabatan, dan asal perusahaan

Tuliskan nama, jabatan, dan asal perusahaan dengan jelas. Terutama jika Anda menggunakan alamat email tersebut untuk kebutuhan bisnis yang mewakili perusahaan.

2. Kontak informasi

Komponen lainnya yang harus Anda sertakan adalah kontak informasi. Anda bisa mengisikan situs web atau nomor telepon yang bisa dihubungi. Bisa juga menambahkan alamat perusahaan.

3. Link media sosial 

Anda juga bisa turut menyertakan link media sosial di signature email yang dibuat. Untuk email profesional misalnya, minimal harus menyertakan akun LinkedIn, tapi boleh juga jika Anda ingin menyertakan semua akun media sosial di signature email

Elemen ini termasuk opsional Anda bisa menyertakannya atau tidak. Juga, tidak ada kewajiban untuk menyertakannya menjadi bagian signature email. Tapi, jika Anda bekerja di dalam suatu perusahaan, sebaiknya disertakan logo perusahaan agar mempermudah identifikasi.

5. Foto

Begitu juga dengan foto diri, Anda bisa menambahkannya, boleh juga tidak. Jika Anda ingin menyertakannya, lebih baik Anda menggunakan pas foto close up. Hindari menggunakan foto seluruh badan.

6. Desain

Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa membuat signature email dengan sedikit desain. Anda bisa menggunakan warna-warna tertentu. Namun sebaiknya, hindari desain yang rumit agar penerima email tidak salah fokus.

7. Persyaratan resmi

Jika Anda sering menggunakan email bisnis untuk saling bertukar informasi dengan kolega dari berbagai negara, persyaratan resmi ini bisa menjadi sesuatu yang penting. Tidak semua negara mensyaratkaan hal ini untuk itu Anda bisa cek terlebih dahulu.

 

Tips Membuat Signature Email

signature
signature

Setelah mengetahui elemen dasar dalam membuat signature email Anda juga perlu mengetahui tips membuat signature email yang baik. Ada dua tips yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1. Sederhana

Tetaplah mengedepankan kesederhanaan. Hindari memasukkan terlalu banyak informasi. Juga, pilihlah desain yang simpel agar tidak terlalu berat ketika dibuka. Penerima email harus fokus dengan isi email yang Anda kirim.. Jangan buat perhatian mereka teralih karena melihat signature email yang Anda buat.

2. Lengkapi elemen dasar

Ada 9 elemen yang sebaiknya ada di dalam signature email. Anda bisa menggunakan semuanya atau hanya memilih yang penting saja.

 

Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop

signature email
signature email

Bagaimana cara membuat signature email di Gmail?

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

Membuat signature email sebenarnya gampang. Anda tidak perlu sampai harus membeli buku tutorial IT untuk bisa membuatnya. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat signature email di Gmail yang bisa ANda gunakan sebagai rujukan:

  1. Pertama, Login terlebih dahulu ke akun Gmail Anda
  2. Akan muncul tampilan dashboard gmail. Cari menu pengaturan (setting) yang ada di pojok kanan atas kemudian klik ikon tersebut.
  3. Akan muncul pilihan menu, pilih saja Setting
  4. Pada tab ‘General’, pilih Signature dengan scrolling halaman hingga ke bagian bawah
  5. Buat signature email yang Anda inginkan
  6. Jika sudah selesai, klik ‘Save Changes’

 

Cara Membuat Signature Email di Gmail via Aplikasi Mobile

Selain bisa dibuat dari perangkat laptop, layanan Gmail juga mengizinkan Anda untuk membuat signature melalui aplikasi mobile. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki akses ke perangkat desktop. Berikut langkah-langkah cara pembuatannya:

  1. Pastikan sudah menginstal aplikasi Gmail di smartphone Android/iOS kesayangan Anda.
  2. Langkah berikutnya Anda tinggal login menggunakan akun email yang fitur signaturenya ingin diaktifkan
  3. Jika sudah berhasil login, Anda bisa masuk ke menu pengaturan (setting) dengan cara menekan tab di sisi kiri atas kemudian melakukan scroll hingga ke bagian paling bawah.
  4. Sampai disini Anda akan melihat daftar email yang sudah login di perangkat smartphone. Anda bisa mengklik ke nama email
  5. Untuk memasukkan signature Anda bisa memilih menu “mobile signature”
  6. Input semua informasi yang dirasa penting. Setelah itu Anda tinggal klik “OK”

 

Email Marketing Lebih Mudah dengan MailToGo

MailToGo
MailToGo

Nah, itulah tutorial cara membuat signature di Gmail khusus untuk Anda yang masih belajar. Mudah sekali, bukan? Sekarang saatnya Anda untuk mencoba membuatnya sendiri agar tampilan email menjadi semakin terlihat profesional. Berkreasilah dengan bebas. Yang penting, signature email yang Anda buat tetap sederhana dan tidak terlalu berlebih-lebihan.

Terlepas dari itu, jika Anda tertarik untuk menggunakan email marketing sebagai salah satu tools pemasaran. Anda juga bisa mencoba layanan MailToGo sebagai platform digital yang secara khusus ditujukan untuk mengakomodir kebutuhan pemasaran via email, misalnya seperti melakukan campaign promo penawaran, newsletter, hingga ucapan selamat datang untuk para subscriber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *