Email menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia marketing online. Jika dulu sebelum adanya email untuk urusan bisnis masih menggunakan layanan pengiriman surat secara konvensional. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat email bisnis dengan domain sendiri secara gratis. Yang perlu dicatat disini Anda harus memiliki layanan domain dan hosting, bukan email dari Google atau email lainnya.

Ada dua jenis email yang ada saat ini, yaitu email bisnis dan email personal. Keduanya memang sama-sama email tetapi untuk peruntukannya sudah berbeda. Karena pengunaan email bisnis akan lebih dipercaya oleh konsumen jika dibandingkan dengan menggunakan email personal gratis seperti nama@google.com, nama@yahoo.com dan lain sebagainnya.

Cara Mebuat Email Bisnis
Cara Mebuat Email Bisnis

Alasan Harus Punya Email Bisnis

Sebelum melanjutkan untuk membuat email bisnis, Anda nampaknya perlu tahu beberapa alasan penting untuk memiliki email bisnis. Berikut pembahasannya:

  • Branding perusahaan

Siapa sih yang tidak mau perusahaannya semakin dikenal oleh banyak orang? Dengan menggunakan layanan email bisnis Anda akan mendapatkan ekstensi email dengan nama perusahaan. Jadi dengan banyaknya Anda berkomunikasi dengan client atau rekan bisnis dilain perusahaan, Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang. Contoh pengunaan email bisnis jika perusahaan Anda memiliki nama domain webdeveloper86.com, maka Anda akan mendapatkan email bisnis admin@webdeveloper86.com.

  • Mewakili perusahaan

Dengan menggunakan email bisnis, secara tidak langsung Anda sudah mewakili perusahaan tempat Anda bekerja. Baik buruknya akan dilihat dari Anda berkomunikasi dalam menjalin bisnis dengan perusahaan lainnya. Jadi Anda perlu berhati-hati dalam pengunaan email bisnis perusahaan karena menyangkut reputasi bisnis.

  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Email bisnis dipercaya memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan email gratis dari layanan seperti Google Mail atau Yahoo Mail. Dengan penggunaan email bisnis akan meningkatkan kepercayaan antar bisnis, ini menjadi salah satu modal yang penting dalam bisnis. Jika sudah dipecaya oleh konsumen, Anda dapat dengan mudah melakukan penjualan kepada konsumen.

Jadi sudah ada 3 alasan penting untuk Anda segera memiliki layanan email bisnis, segera tinggalkan email personal Anda untuk keperluan bisnis. Untuk cara membuat email bisnis tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, jika Anda belum tahu silahkan ikuti caranya melalui tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Email Bisnis

Sebelum memulai membuat email bisnis, pastikan Anda sudah login terlebih dahulu cPanel hosting Anda, karena nanti semua setting akan dilakukan melalui control panel. Untuk Anda yang belum tahu cara login ke cPanel bisa membuka mengenai artikel cara install WordPress melalui cPanel karena disana Anda akan masuk ke cPanel hosting. Nah langsung saja ikuti cara membuat email dibawah ini:

  1. Pastikan Anda sudah login ke akun cPanel hosting yang Anda miliki.

    Membuat Email Account Lewat cPanel
    Membuat Email Account Lewat cPanel

  2. Jika sudah silahkan scroll ke bawah dan temukan menu ‘EMAIL’, jika sudah silahkan klik menu ‘Email Accounts’.
  3. Setelah terbuka dashboard email accounts, geser ke sebelah kiri dan temukan menu ‘CREATE’ berwarna biru, silahkan pilih menu tersebut.

    Create Email Account
    Create Email Account

  4. Jika benar akan terbuka dashboard ‘create email accounts’ sesuai dengan domain yang Anda miliki. Pada contoh dibawah ini kami menggunakan contoh domain ‘ujiproduk.com’. Ada beberapa menu penting pada dashboard create email ini diantaranya:
      • Username, username Anda bebas mengisinya sesuai dengan keperluan, untuk contoh kami memberikan username ‘report’.

        Username Email Account
        Username Email Account

      • Security, ada 2 pilihan yaitu ‘Set password now’ dan ‘Provide alternate email’. Pilih default saja tidak perlu dirubah.
      • Password, untuk bagian password silahkan masukan dengan kombinasi huruf, angka, karakter sehingga susah untuk dibobol. Jika tidak mau repot Anda bisa menggunakan generate password. Jangan lupa untuk mencatat password agar tidak lupa.
      • Storage Space, storage space ini adalah besaran kapasitas untuk menyimpan data pada email, sesuaikan dengan kebutuhan saja karena ini akan mengurangi space hosting yang Anda miliki.
      • Automatically Create Folders for Plus Addressing, pada bagian ini tidak perlu dirubah, biarkan default saja.
      • Send a Welcome Email, untuk bagian ini juga tidak perlu disetting, biarkan saja.
  1. Jika semuanya sudah, silahkan pilih ‘CREATE’ dan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Create Email Bisnis Dengan Nama Domain
    Create Email Bisnis Dengan Nama Domain

  2. Silahkan kembali ke menu ‘Email Account’ tadi dan cek apakah email bisnis Anda sudah jadi.
  3. Untuk masuk ke email, Anda bisa login ke email Anda bisa melalui menu samping email bisnis Anda di ‘CHECK EMAIL’.

    Daftar Email Bisnis
    Daftar Email Bisnis

  4. Akan ada dua jenis webmail yang bisa Anda gunakan yaitu Roundcube Webmail dan Horde Webmail. Disini kami mencontohkan menggunakan Roundcube. Klik ‘Open’ dibawah logo Roundcube tersebut.

    Roundcube Webmail
    Roundcube Webmail

  5. Jika benar Anda akan masuk ke dashboard roundcube.

    Dashboard Email Bisnis Roundcube
    Dashboard Email Bisnis Roundcube

Secara user experience, email bisnis menggunakan layanan hosting ini termasuk sedikit rumit jika dibandingkan dengan layanan email gratis dari Gmail dan Yahoo mail. Solusinya untuk Anda yang ingin menggunakan email bisnis tetap menggunakan nama domain Anda, maka bisa mendaftarkan salah satunya di layanan Google Suite.

Google Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang mengabungkan berbagai fitur untuk membatu dalam produktivitas pekerjaan. Fitur yang dimiliki GSuite seperti layanan Email, Calendar, Hangouts, Hangouts Meet, Google Docs, Sheets, Forms, Slides, Drive, Cloud dan masih banyak lagi. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan email seperti di hosting saja, banyak fitur yang tersedia jika Anda menggunakan Google Suite.

Untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen, Anda bisa menambahkan layanan email marketing untuk bisnis. Cukup dengan membayar 66.000/bulan Anda sudah bisa mengirim kepada semua database email yang Anda miliki. Tunggu apalagi segera gunakan layanan Email Marketing Indonesia dari MailToGo yang bisa Anda custom templatenya sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

  1. Email bisnis sangat bermanfaat untuk kepercayaan klien kepada kita. Karena kita terlihat tidak menggunakan email gratis seperti Gmail atau Yahoo.

    Tapi sebenarnya, Gmail juga memberikan jasa email bisnis juga lewat Gmail Bisnis. Mungkin lain kali bisa berikan tutorialnya min kalo kita ingin pakai gmail bisnis. 😀

    Regards, Raafi
    Owner Plaza Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *