Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

3 min read

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Zaman sudah semakin canggih dan serba digital. Perkembangan ini juga berpengaruh pada etika cara melamar kerja. Saat ini, mengirim lamaran melalui pos sudah mulai ditinggalkan. Surat elektronik atau email menggantikan metode lama tersebut. Apabila Anda masih belum terbiasa, di sini akan dijelaskan mengenai cara melamar pekerjaan lewat email.

 

Tata Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

 

Bagaimana tata cara melamar pekerjaan melalui email? Hal pertama dan paling mendasar adalah Anda perlu memiliki akun email. Bagaimana cara mengirimkan email jika Anda tidak memiliki akun? Ada platform email yang paling populer dan sering digunakan, yaitu Gmail dari Google. Anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu di situs Google.

Berikutnya, siapkanlah dokumen-dokumen yang diperlukan. Ketika Anda melamar pekerjaan melalui pos, surat lamaran dan daftar riwayat hidup ditulis manual menggunakan tangan. Nah, apabila ingin mengirimkan lamaran via email, Anda harus membuatnya dalam bentuk digital. Gunakanlah aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word untuk membuatnya. Setelah itu, simpan dalam format PDF.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF Online dan Offline

Anda juga perlu menyiapkan dokumen lainnya seperti ijazah dan sertifikat dalam bentuk digital. Caranya yaitu dengan melakukan scan dokumen.

Beralih ke bagian penulisan dan pengiriman email, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting. Jika ingin mengirimkan lamaran ke beberapa perusahaan sekaligus, kirimkanlah satu per satu. Jangan pernah menggunakan CC untuk mengirimkan banyak email sekaligus.

Di bagian badan email, Anda perlu menuliskan maksud dan tujuan melamar kerja di perusahaan tersebut. Lampirkan juga dokumen yang sudah disiapkan. Setelah mengirim lamaran pekerjaan, Anda tinggal menunggu panggilan dari perusahaan.

 

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Setelah memahami tata caranya, sekarang Anda perlu memahami urutan atau cara mengirim lamaran lewat email dengan benar. ikuti tutorial berikut ini.

1.Persiapan

Baca Persyaratan

Baca terlebih dahulu informasi lowongan pekerjaan dengan seksama. Apabila lowongan sesuai dengan kompetensi Anda, fokuslah pada bagian persyaratan dokumen. Catat apa saja dokumen yang perlu dilampirkan serta alamat email tujuan. Jika di berita lowongan pekerjaan hanya mencantumkan “berkas lamaran lengkap”, berarti Anda perlu menyiapkan:

  • Surat lamaran kerja
  • Curriculum vitae
  • Ijazah terbaru
  • Sertifikat pendukung
  • Portofolio
  • KTP
  • Foto

 

Ubah Menjadi PDF

Berikutnya, Anda perlu mengubah format semua berkas yang telah disiapkan tadi. Format standarnya adalah PDF. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan PDF converter di internet.

Membuat Email

Persiapkanlah sebuah akun email yang namanya profesional. Hindari nama-nama yang aneh. Lebih baik gunakan nama asli Anda untuk email. Anda tidak perlu membuat email lagi apabila sudah memilikinya.

Waktu Pengiriman

Ada waktu efektif untuk mengirimkan lamaran pekerjaan, yaitu pada jam kerja. Beberapa pengamat menyebutkan bahwa waktu yang paling ideal untuk mengirimkan lamaran pekerjaan adalah pukul 8 pagi hingga 14 siang. Hindari mengirim lamaran di luar jam kerja atau hari libur.

2.Pengiriman

Proses pengiriman merupakan inti dari cara melamar pekerjaan lewat email.

  1. Buka website penyedia layanan email, seperti Gmail. Setelah itu, Anda harus log in menggunakan username dan juga password.
  2. Klik pada tombol “compose” atau “tulis”
  3. Ketik alamat email perusahaan pada kolom “Kepada” atau “to”.
  4. Isi subjek email sesuai dengan ketentuan yang ada pada informasi lowongan kerja. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan format umum seperti Lamaran [posisi] – [nama].
  5. Tulis body email dengan singkat dan padat. Berikan salam, perkenalan diri, tujuan mengirim email, dan salah penutup.
  6. Lampirkan dokumen yang sudah dipersiapkan.
  7. Periksa untuk memastikan semua sudah sesuai, lalu klik pada tombol “Kirim”.

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja

contoh body email
contoh body email

Dalam mempelajari cara mengirim CV lewat email dengan baik dan benar, Anda tak boleh melupakan pentingnya body email. Bagian ini akan dilihat pertama kali oleh HRD. Oleh sebab itu, Anda harus menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan melamar. Sertakan juga alasan yang membuat Anda layak untuk mendapatkan kesempatan di seleksi tahap berikutnya.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Website Pencari Kerja Terbaik

Berikut ini contoh body email lamaran kerja yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Yth. Pimpinan HRD

PT Konsep Digital Indonesia

di Tempat

 

Selamat pagi,

Saya bermaksud melamar pekerjaan di divisi IT PT Konsep Digital Indonesia. Sebagai pendukung, saya lampirkan beberapa dokumen:

1.     Surat lamaran kerja

2.     CV

3.     Ijazah terbaru

4.     KTP

5.     Foto terbaru

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan HRD, saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Isabella

HP 087777898900

 

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

melamar pekerjaan
melamar pekerjaan

Ada beberapa tips juga yang perlu Anda pahami selain cara melamar pekerjaan lewat email. Anda juga perlu mengetahui tips dalam melamar pekerjaan secara online.

1.Baca Lowongan dengan Seksama

Pertama, Anda perlu membaca informasi lowongan dengan cermat. Pastikan persyaratan di dalam lowongan tersebut sesuai dengan kondisi Anda. Hindari melamar pekerjaan apabila Anda tidak masuk dalam kualifikasinya.

2.Pastikan Valid atau Tidaknya Info Lowongan

Saat ini marak sekali penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan. Apabila Anda mendapatkan informasi lowongan, sebaiknya lakukan cross check terlebih dahulu. Cara nama perusahaan di Google. Kemudian cocokkan informasi lowongan dengan info di website resmi perusahaan tersebut.

3.Hindari Perusahaan yang Tidak Jelas

Apabila Anda tak menemukan banyak informasi mengenai satu perusahaan di mesin pencari, sebaiknya jangan mengirimkan lamaran. Perusahaan seperti ini perlu dihindari karena dicurigai sebagai penipuan.

4.Buat Resume yang Menarik

Tips berikutnya adalah membuat resume atau CV yang menarik. Tentu yang dimaksud menarik tidak hanya secara visual, namun isinya. Selagi Anda belum bekerja, manfaatkanlah untuk mengikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan skill yang dapat dicantumkan di CV.

5.Perhatikan Etika

Mengirimkan lamaran via email juga perlu etika. Setidaknya, tuliskan salam serta kalimat yang sopan dalam body email.

 

Kesimpulan

Cara melamar pekerjaan lewat email memang jauh lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan cara konvensional. Kendati demikian, Anda juga harus memperhatikan aspek-aspek penting, mulai dari etika hingga kebiasaan profesional yang biasa dilakukan.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk melamar pekerjaan? Sebagai top 5 provider cloud hosting di Indonesia, Qwords sendiri saat ini juga memberikan peluang bagi kandidat terbaik untuk berkontribusi terhadap perusahaan. Syaratny, tentu Anda harus paham tentang layanan Cloud Hosting, Domain dan berbagai teknologi yang digunakan dalam pemasaran digital. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *