Tips Cara Jualan di Instagram Untung Besar

3 min read

Cara Jualan di Instagram

Instagram tak hanya berfungsi sebagai media sosial. Banyak juga pihak yang menggunakan platform ini untuk berjualan demi meraup keuntungan. Namun, hal tersebut tidak didapat secara instan. Jika Anda ingin memulai bisnis yang sama di Instagram, sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara jualan di Instagram agar bisnis Anda bisa lebih mudah berkembang.

 

Tips Jualan Online

jualan online

1.Temukan keunikan produk

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah produk yang unik. Keunikan menjadi salah satu senjata ampuh untuk bersaing dengan para kompetitor. Keunikan ini sebaiknya diambil dari kelebihan yang paling menonjol dari produk Anda. Buatlah branding agar calon pembeli melihat satu kelebihan tersebut.

Baca juga: Panduan Cara Berjualan Online Untuk Pemula

2.Membuat toko sendiri

Tips kedua yaitu membuat toko sendiri, misalnya menggunakan website, marketplace, atau media sosial. Di antara ketiga pilihan tersebut, media sosial menjadi tempat yang paling mudah untuk mulai berjualan, contohnya adalah Instagram. Berjualan akan lebih mudah apabila Anda sudah memiliki banyak followers sebelumnya.

3.Memahami data

Mempelajari dan memahami data menjadi salah satu kewajiban dari penjual online. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui perilaku calon konsumen. Dalam menentukan strategi marketing pun akan menggunakan data tersebut sebagai acuan. Dari mana data didapat? Gunakanlah fitur analytics yang dimiliki oleh Google maupun media sosial.

4.Content marketing

Audiens tentu akan merasa bosan jika Anda terus menerus melakukan promosi atau hard selling dalam setiap post. Oleh sebab itu, diperlukan strategi content marketing. Perbanyak konten informatif yang disukai konsumen. Buat desain atau konsep yang kekinian dan tidak monoton supaya audiens betah berlama-lama di situs jualan online milik Anda.

5.Aktif di media sosial

Apabila Anda memulai jualan online di media sosial, mungkin tips ini sudah menjadi makanan sehari-hari. Strategi ini juga sebaiknya diterapkan untuk Anda yang berjualan di marketplace maupun website milik sendiri. Aktif di media sosial dapat menciptakan kedekatan antara pemilik bisnis dengan konsumennya.

6.Memasang iklan

Kekuatan media sosial memang luar biasa, namun masih belum cukup hanya dengan aktif di sana. Anda juga disarankan untuk memasang iklan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke toko atau website jualan. Anda bisa memasang iklan di Youtube, Instagram, atau Facebook.

 

Cara Sukses Jualan di Instagram

instagram bisnis
instagram bisnis

Tips di atas ditujukan untuk pedagang online secara umum. Berikut ini tutorial atau cara jualan di Instagram hingga sukses.

1.Tentukan target pasar

Hal pertama dan paling mendasar yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target pasar atau audiens. Lakukanlah riset untuk menentukan audiens atau target pasar yang tepat untuk produk Anda. Jika sudah memiliki followers yang spesifik, mempromosikan produk jualan pun akan lebih mudah dan pembeli akan cepat datang.

2.Buat akun bisnis

Instagram menyediakan dua jenis akun, yaitu bisnis dan personal. Karena di sini Anda akan berjualan menggunakan Instagram, maka buatlah akun jenis bisnis. Cara mengubah akun dari personal ke bisnis juga sangat mudah.

  • Masuk ke menu “Settings
  • Pilih menu “Account
  • Klik pilihan “Switch to Business Account
  • Hubungkan dengan laman Facebook.
  • Selesai, sekarang akun Anda sudah lebih profesional

3.Buat konten menarik

Saat baru memulai, Anda sebaiknya tidak langsung bernafsu untuk menawarkan barang dagangan di Instagram. Mulailah dengan menyajikan konten menarik dan fresh kepada audiens. Jenis kontennya juga harus disesuaikan dengan kebiasaan atau perilaku audiens di media sosial.

4.Optimalkan Hastag

Hastag bukan hanya digunakan untuk menuliskan kategori konten. Tanda pagar ini juga punya kekuatan luar bisa untuk mendukung bisnis. Tambahkan hastag yang relevan setiap Anda mengunggah konten. Hal ini akan menarik audiens lainnya untuk mengikuti akun bisnis Anda.

5.Follow akun sejenis

Cara jualan di Instagram yang kelima adalah mengikuti akun-akun yang jenisnya sama seperti Anda. Hal ini dapat membuat Anda mengetahui tren dengan lebih mudah. Di samping itu, Anda bisa mencari inspirasi konten dari akun-akun tersebut.

6.Follow audiens target

Pada masa awal berjualan di Instagram, Anda perlu sedikit berkorban terlebih dahulu. Follow orang-orang yang sesuai dengan target pasar. Cara ini dapat berfungsi sebagai perkenalan dan juga mendatangkan followers baru.

7.Tawarkan Diskon Spesial

Siapa yang tidak suka diskon? Semua orang pasti menyukai promo seperti ini. Anda bisa memberikan diskon khusus di hari-hari besar untuk menarik konsumen.

 

Ide Jualan di Instagram

Jualan di Instagram
Jualan di Instagram

Setelah memahami cara jualan online di Instagram, sekarang saatnya Anda memilih jenis produk yang akan dijual.

1.Jastip

Apakah Anda sering berkunjung ke luar kota atau luar negeri? Cobalah untuk membuka usaha jasa titip di Instagram. Pertama, Anda membuka pre-order dan membuat daftar produk yang akan dibeli. Kemudian pembeli akan mentransfer dana kepada Anda yang meliputi harga produk, ongkos jastip, dan ongkos kirim.

2.Camilan

Camilan pedas dan kekinian terbukti laris manis karena ada banyak penggemarnya. Anda juga bisa menjual camilan serupa dengan konsep yang berbeda.

Baca juga: Cara Menggunakan Telegram Messenger Untuk Jualan

3.Thrift fashion

Thrifting sedang menjadi tren belakangan ini. Namun, tak banyak orang yang telaten untuk memilah pakaian yang bagus dan murah. Anda dapat melakukan thrifting terlebih dahulu kemudian menjualnya di Instagram dengan harga lebih tinggi.

Domain Untuk Optimasi Akun Instagram

Itulah tips cara jualan di Instagram yang bisa sahabat Qwords jadikan sebagai referensi. Selain menerapkan berbagai cara di atas, Anda juga bisa mengoptimalkan lapak di Instagram dengan cara membeli domain sebagai brand.

Tidak perlu membangun sebuah website, karena nama domain yang Anda beli bisa di-redirect atau di arahkan ke URL akun Instagram Anda. Sehingga setiap kali ada pengunjung yang bertanya nama toko, Anda tinggal menyebutkan domain yang sudah dibeli. Sangat menarik bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera cek domain dan pesan nama domain idaman Anda di Qwords.com sekarang juga!

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *