Menurut sejarahnya, WordPress pertama kali diluncurkan tahun 2003 berkat hasil kerja keras dari Matt Mullenweg bersama Mike Little. Semakin berjalannya tahun, WordPress semakin berkembang pesat dengan bertambahnya fitur, tampilan yang lebih menarik dan juga dukungan komunitas yang kuat, semua ini tak lepas karena WordPress yang bersifat open source.

Sampai saat ini semua website atau blog yang ada di Internet 34% menggunakan platform dari WordPress. Bahkan untuk jumlah pengguna CMS (Content Management System), WordPress malah bisa menguasai dengan prosenstase sebesar 60.8%, artinya WordPress sudah memiliki cakupan pengguna yang besar sampai saat ini.

Panduan Cara Install WordPress Di cPanel Dengan Mudah
Panduan Cara Install WordPress Di cPanel Dengan Mudah

Selain itu, alasan kebanyakan orang lebih memilih menggunakan WordPress adalah kemudahan dalam instalasinya. Anda tinggal menginstall melalui aplikasi installer website bawaan dari cPanel yaitu Softtacolous. Softacolous adalah software script library yang membantu Anda dalam menginstall WordPress, Prestashop, Drupal, Joomla dan sebagainya.

Persiapan Install WordPress di cPanel

Untuk membuat website dengan platform WordPress caranya cukup mudah, apalagi dengan adanya aplikasi installer Softacolous. Selain itu pastikan Anda sudah memiliki domain hosting yang sudah terdaftar. Jika belum memiliki silahkan beli di penyedia domain hosting Indonesia dan pastikan untuk panel yang Anda beli menggunakan cPanel. Karena ada berbagai macam panel hosting lain yang ada saat ini seperti Plesk, DirectAdmin, Zpanel, SEO Panel, Cyber Panel dan lainnya.

Oh iya sekadar info bahwa harga lisensi cPanel naik drastis sehingga berdampak pada harga hosting yang menggunakan cPanel juga ikut naik. Solusinya yaitu para penyedia jasa hosting memberikan opsi panel lain, seperti yang ada di Qwords memberikan opsi menggunakan DirectAdmin, lihat cara Install WordPress dengan DirectAdmin Untuk harga sewa hosting yang menggunakan DirectAdmin jauh lebih murah sekitar 27%, silahkan lihat perbandingan harganya dibawah ini.

Perbandingan Harga DirectAdmin dan cPanel
Perbandingan Harga DirectAdmin dan cPanel

Untuk pembahasan lebih dalam mengenai Cara Install WordPress dengan DirectAdmin akan dibahas pada artikel lain.

Cara Install WordPress di cPanel

1. Login cPanel

Langkah yang pertama silahkan Anda login ke akun cPanel yang Anda miliki. Untuk username dan password biasanya diberikan oleh penyedia hosting yang Anda sewa. Jika Anda membeli hosting domain di Qwords.com, setelah proses pembayaran selesai akan mendapatkan informasi mengenai username dan password untuk login cPanel. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan:

  • http://namadomain.com/:2082
  • http://namadomain.com/cpanel

    Login cPanel
    Login cPanel

2. Seting Name Server

Khusus Anda yang membeli domain dan hosting ditempat yang berbeda, Anda harus mengarahkan name server hosting ke domain terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa menunggu sampai proses propagasi DNS selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 1×24 jam. Jika Anda membeli domain hosting dalam satu tempat, abaikan cara kedua ini.

3. Softacolous WordPress

Jika sudah berhasil login sampai ke dashboard cPanel hosting, silahkan cari aplikasi Softacolous, jika kesulitas Anda bisa mencari melalui button search yang ada diatas.

Install WordPress via Softacolous
Install WordPress via Softacolous

4. Install WordPress

Kemudian pilih WordPress, karena kita disini kita akan menginstall WordPress di cPanel dan kemudian klik ‘Install Now’.

Cara Install WordPress di cPanel
Cara Install WordPress di cPanel

5. Seting Softacolous

Setelah Anda sampai di dashboard Softacolous, akan ada beberapa seting seperti Software Setup, Site Settings, Admin Account, Choose Language, Select Plugins, Advanced Options dan Select Theme.

6. Software Setup Softacolous

Pada bagian Software Setup, ada 2 submenu yaitu:

Chose Installation URL
Chose Installation URL
  • Memilih versi WordPress sesuai kebutuhan
  • Memilih lokasi install WordPress, Anda bisa memilih protocol yang digunakan bisa http atau https dan jika Anda tidak membutuhkan direktori domain silahkan dikosongi. Contohnya saja jika anda menambahkan kata ‘wp’ maka saat membuka halaman utama wordpress nantinya domain utama menjadi com/wp dan jika dikosongi nanti hasilnya namadomain.com.

7. Site Settings Softacolous

Pada Site Settings, silahkan Anda isi pada ‘Site Name’ dan ‘Site Description’ sesuai dengan kebutuhan Anda. Site name biasanya diisi judul atau nama domain dan site description biasanya diisi tentang deskripsi dari website atau diisi sesuai dengan keyword website.

Site Setting WordPress
Site Setting WordPress

8. Admin Account Softacolous

Pada Admin Account, silahkan isikan ‘Admin Username’ dan ‘Admin Password’, jangan lupa untuk menyimpan username dan password yang sudah Anda buat tadi. Anda juga bisa menyeting alamat email domain admin.

Admin Account WordPress
Admin Account WordPress

9. Choose Languange Softacolous

Pada Choose Languange silahkan pilih bahasa sesuai dengan kebutuhan, bahasa ini nantinya akan berpengaruh pada seting dashboard di WordPress.

Seting Bahasa di WordPress
Seting Bahasa di WordPress

10. Advanced Settings Softacolous

Menu terakhir pada Softacolous Installation ada Select Plugin, Advanced Options dan Select Theme. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan, kalaupun tidak diisi nanti saat sudah jadi masih bisa diseting kembali. Untuk pemilihan theme WordPress yang baik sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai Tips Memilih Theme WordPress Terbaik.

Opsi Tambahan WordPress
Opsi Tambahan WordPress

11. Proses Installasi

Jika semuanya sudah lengkap, silahkan klik ‘Install’ dan tunggu hingga selesai.

12. Login Akun WordPress

Saat sudah selesai, untuk bisa login ke dashboard WordPress Anda bisa mengaksesnya melalui com/wp-admin dan masukan username dan password yang Anda masukan saat proses install WordPress di cPanel tadi.

Login WordPress
Login WordPress

13. Selesai

Setelah website Anda sudah jadi, langkah selanjutnya untuk memaksimalkan website WordPress Anda dengan menginstall plugin, ada beberapa plugin WordPress terbaik yang perlu Anda tahu. Demikian pembahasan mengenai panduan cara install WordPress dengan mudah.

Jika ada kendala dalam proses install, silahkan tanyakan ke support ke penyedia jasa hosting yang Anda gunakan. Di Qwords kami menyedikan Layanan Customer Service dan Technical Support 24 Jam selama 7 hari melalui Live Chat, Call Center dan Support Ticket. Jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

One Reply to “Panduan Cara Install WordPress Di cPanel Dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *