WordPress adalah salah satu CMS terbaik yang ada saat ini, fungsinya yang mempermudah pengguna dalam segala hal mulai dari proses installasi, pengelolaan website, pengaturan, tampilan, keamanan dan plugin semuanya lengkap. Berdasarkan data yang diambil dari W3Techs.com pada bulan Oktober 2019 menyebutkan bahwa 34.7% website di dunia menggunakan WordPress. Ini merupakan pencapaian yang besar untuk CMS WordPress.

Berbicara WordPress, ada salah satu fitur yang menarik yaitu tersedianya theme dengan berbagai jenis dan kebutuhan. Bagaimana tidak menarik? Anda tidak perlu paham bahasa pemrogaman website sudah bisa memiliki website dengan tampilan menarik. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan CMS WordPress? bagi Anda yang belum memilki hosting, kami menyarankan untuk menggunakan WordPress Hosting agar website menjadi lebih powerful.

Cara Edit Theme WordPress
Cara Edit Theme WordPress

Sebelum dilanjutkan tentang download themes WordPress, mungkin ada diantara kalian yang bingung tentang perbedaan antara Themes dan Template WordPress? jawabnya keduanya sama saja, hanya berbeda istilah dalam penyebutan saja, tetapi intinya sama saja.

Download Themes WordPress

Bagi Anda yang bingung untuk memilih theme WordPress terbaik, Anda perlu pertimbangkan beberapa hal penting berikut sebelum mendownload themes WordPress:

  • Cek fitur dan fungsi utama dari template WordPress, contoh jika mencari template website bisnis maka carilah yang memiliki landing page yang menarik.
  • Cek ulasan dan rating, keduanya bisa Anda jadikan patokan sebelum mendownload template WordPress, semakin banyak ulasan positif dan skor rating yang dimiliki berarti semakin baik pula template tersebut.
  • Cek update developer, template yang bagus tanpa adanya dukungan dari developer tidak akan berguna, karena diperlukan update secara berkala untuk pengembangan template yang lebih baik.

Nah jika kriteria template sudah mencakup 3 hal diatas, silahkan langsung saja download templatenya. Untuk Anda yang masih belum mendapatkan template yang sesuai, kami memiliki Tips Memilih Template WordPress terbaik.

Cara Menganti Themes WordPress

Sejarah WordPress
Sejarah WordPress

Untuk menganti theme WordPress caranya ada 2, yaitu bisa diupload langsung dengan cara membuka pada bagian dashboard WordPress kemudian scroll kebawah pilih menu ‘Appearance’ kemudian pilih ‘Themes’. Kemudian pada bagian atas carilah button ‘Add New’, setelah itu ‘Upload Themes’ yang sudah Anda download sebelumnya kemudian ‘Activate’. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Upload Theme WordPress
Upload Theme WordPress

Cara yang kedua Anda bisa memanfaatkan themes yang sudah tersedia di dashboard WordPress secara gratisan. Untuk caranya pada menu dashboard WordPress scroll kebawah kemudian pilih ‘Appearance’ pilih ‘Themes’ kemudian pilih ‘Add New’, silahkan pilih themes yang sesuai dengan website Anda sesuai dengan kategori website, kebutuhan fitur atau jumlah grid website yang dibutuhkan. Kelebihannya di WordPress sebelum Anda mengaktifkan themes, Anda bisa melakukan ‘Live Preview’ sehingga bisa memastikan terlebih dahulu template yang Anda pilih cocok atau tidak.

Themes WordPress
Themes WordPress

Cara Edit Themes WordPress

Perlu diketahui bahwa kebutuhan website setiap orang biasanya berbeda-beda. Kebanyakan mereka akan mengedit themes WordPress yang sudah ada agar sesuai dengan keinginannya. Untuk memulai mengedit themes WordPress Anda diharuskan untuk paham bahasa pemrogaman website, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan lakukan backup theme WordPress terlebih dahulu agar tidak terjadi error. Nah berikut ini kami akan memberikan cara edit themes WordPress dengan mudah, berikut pembahasannya:

  1. Pastikan Anda sudah login ke akun WordPress.
  2. Setelah masuk ke dashboard WordPress, silahkan scroll kebawah kemudian temukan menu ‘Appearance’ kemudian pilih ‘Theme Editor’. Anda akan dihadapkan files coding dari themes yang Anda gunakan, ada beberapa file penting berikut yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan editing, berikut penjelasannya:

    Edit Themes WordPress
    Edit Themes WordPress

    • css berfungsi untuk edit masalah tampilan website, biasanya ada beberapa developer yang memisahkan tampilan CSS setiap page.
    • php, home berfungsi untuk edit themes bagian halaman utama atau home page.
    • php, single berfungsi untuk edit halaman single page pada website.
    • php, page berfungsi untuk mengedit khusus halaman website seperti about, privacy policy, contact dll.
    • php, untuk mengedit halaman tag misal hosting murah, hosting terbaik dan tag lainnya.
    • php, untuk editing halaman archive semua postingan pada website.
    • php, untuk edit halaman berdasarkan kategori contohnya kategori domain, hosting, server dll.
    • php, untuk mengedit halaman hasil pencarian pada website.
    • php, untuk edit halaman not found/halaman tidak ditemukan pada website.
    • php, berisi semua function-function penting yang ada pada files template.
    • php, file index berisi semua yang ada pada website, jadi didalamnya terdapat link-link yang mengarah ke files lainnya.
  1. Anda tinggal menyesuaikan lokasi dimana letak files yang akan diedit. Jika dirasa sudah benar Anda tinggal klik button ‘Update File’ pada bagian bawah untuk menerapkan edit file.
  2. Silahkan dicek apakah ada perubahan atau belum pada website Anda.

Nah bagaimana apakah Anda sudah tau bagaimana cara edit theme WordPress sendiri dengan mudah? Yang perlu dipersiapkan adalah apakah Anda sudah memahami bahasa pemrogaman atau belum. Tetapi ada alternative lain mungkin Anda bisa search di google jika ada kendala dalam masalah edit themes WordPress.

Jika ada kendala atau pertanyaan mengenai edit themes WordPress bisa Anda tambahkan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

4 Replies to “Cara Edit Theme WordPress Sendiri Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *