Cara Download Subtitle di Youtube Terbaru

2 min read

Cara Download Subtitle di Youtube

Youtube sekarang ini menjadi salah satu media streaming video bagi kebanyakan orang. Karena banyaknya channel Youtube yang ada saat ini membuat pilihan streaming video menjadi beragam. Ada kendala yang ditemui biasanya karena tidak memahami bahasa asing.

Untuk memudahkan kepada semua penonton, Youtube sudah memberikan fitur subtitle atau CC (Closed Caption) pada video yang ada, tujuannya agar memudahkan penonton memahami isi dari video tersebut. Subtitle biasa ditemui pada video-video yang menggunakan bahasa asing, tetapi ada beberapa video bahasa Indonesia yang memberikan subtitle pada setiap videonya.

Sejarah Youtube 

video youtube
video youtube

Menurut sejarahnya, Youtube pertama kali dibuat pada bulan Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal. Website Youtube yang pertama kali dibuat kepada semua pengguna untuk mengunggah, menonton, komentar dan berbagi video yang dilihatnya.

Awalnya Youtube dibuat dengan teknologi Adobe Flash video dikombinasikan dengan HTML5 untuk menampilkan semua video yang diupload oleh penggunanya. Sekarang ini konten yang diupload di Youtube dimiliki oleh para Youtuber, tetapi saat ini sudah mulai bermunculan channel-channel perusahaan besar, instansi pemerintahan bahkan stasiun televisi pun mulai membuat channel Youtube sendiri.

Nah akhirnya pada November 2006 akhirnya Google membeli Youtube dengan nilai US$1,65 miliar. Sampai saat ini Youtube masih tetap eksis dan memiliki jumlah pengguna yang semakin naik. Dikutip dari Oberlo.com, pengguna Youtube saat ini mencapai 2 milyar lebih.

Cara Download Subtitle Youtube

Cara Download Subtitle di Youtube
Cara Download Subtitle di Youtube

Dari banyaknya pengguna Youtube sampai saat ini, ditemukan banyak pengguna yang mengalami kendala terutama saat memahami bahasa asing. Nah solusi paling benar adalah dengan mendownload subtitle Youtube. Untuk caranya, Kami sudah menyiapkan tiga cara download subtitle dari Youtube, silahkan pilih salah satu:

1. Download Subtitle Youtube Dengan Komputer dan HP

Cara pertama download subtitle Youtube ini paling enak dan mudah, karena Anda tidak perlu install aplikasi dan software tambahan. Nah berikut cara download subtitle Youtube dengan komputer dan HP.

  • Persiapkan video Youtube yang akan Anda download subtitlenya terlebih dahulu, Kami mencontohkan dengan video dari girlband BLACKPINK – Ice Cream.
  • Silahkan klik “Share” pada bagian bawah video dan copy link dari video Youtube tersebut. cara lainnya Anda bisa klik kanan pada video kemudian pilih “Copy Video URL”.

    Copy URL Video
    Copy URL Video

  • Setelah itu silahkan buka tab baru dan buka website yoursubtitles.com
  • Pastekan link yang sudah Anda copy tadi dalam kolom Download

    Download subtitles Youtube
    Download subtitles Youtube

  • Klik “Download” dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Anda bisa memilih subtitlesnya secara langsung untuk dilakukan download, tersedia pula subtitles versi translate bahasa yang lebih beragam.

Baca juga : Belajar SEO Youtube Untuk Pemula

2. Download Subtitle Youtube Dengan DownSub

Cara kedua download subtitle Youtube adalah melalui website downsub.com. Website download subtitle ini tidak berbeda jauh dengan cara pertama, untuk cara lengkapnya silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  • Silahkan cari video yang akan Anda download subtitlenya terlebih dahulu, caranya sama seperti sebelumnya.
  • Jika sudah Anda copy, selanjutnya silahkan buka tab baru dengan mengetikan website downsub.com.
  • Pastekan URL link pada kolom download kemudian klik download dan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Download subtitle dari downsub
    Download subtitle dari downsub

  • Untuk mulai mendownload subtitle Youtube silahkan klik pada kotak hijau bertuliskan “SRT”, tunggu proses downloadnya hingga selesai.

Selain itu pada website download subtitle downsub.com juga menyediakan subtitle auto-translate ke bahasa asing lainnya.

Autotranslate Downsub
Autotranslate Downsub

3. Download Subtitle Youtube Dengan SaveSubs

Car download subtitle Youtube yang ketiga masih sama, Anda tidak perlu menginstall aplikasi dan software. Cukup membuka saja websitenya yang beralamat di savesubs.com, untuk tutorial lengkapnya silahkan ikuti dibawah ini.

  • Silahkan cari video yang akan Anda download subtitlenya, Kami masih mencontohkan dengan video sama seperti diatas. Silahkan copy URL videonya terlebih dahulu untuk melanjutkan tutorial download subtitle Youtube.
  • Jika sudah silahkan buka new tab dan buka URL website savesubs.com.

    Download subtitle dari savesubs.com
    Download subtitle dari savesubs.com

  • Pastekan URL video Youtube yang sudah Anda copy sebelumnya pada kolom yang tersedia, kemudian klik “Download” dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Silahkan scroll kebawah dan pilih pada menu “SRT” untuk mendownload subtitles.
  • Pada website savesubs.com ini juga tersedia fitur auto translate subtitles jika Anda membutuhkannya.

Nah bagaimana mudah bukan cara download subtitle di Youtube? Ada tiga cara yang bisa Anda pilih mana kira-kira yang paling mudah dan cepat.

Pastikan saat melakukan proses download melalui Internet koneksi Anda sudah dalam keadaan aman. Ini dilakukan karena seringnya ada malware atau virus lain yang ikut saat proses download berlangsung.

Cara mudahnya Anda bisa mengaktifkan VPN pada komputer atau smartphone yang digunakan. Jangan khawatir karena harga VPN saat ini sudah terjangkau, di Qwords Kami memiliki layanan Diego VPN dengan harga bulanan hanya 22 ribuan perbulan saja.

Tunggu apalagi segera amankan koneksi internet Anda dengan layanan Diego VPN dari Kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *