Pernahkah Anda mengakses sebuah halaman di internet namun menjumpai animasi loading yang berputar terus-menerus? Jika mengalami kondisi seperti ini dijamin merasa jengkel, karena tampilan halaman website tidak kunjung muncul. Mengatasinya bisa dengan beberapa cara, jika memakai browser Chrome maka bisa mencoba mencari menu cache untukmulai menghapusnya. lantas, bagaimana cara clear cache chrome?

Menghapus cache ini menjadi cara instan untuk mencegah proses loading yang terlalu lama. Namun, tahukah Anda apa itu cache dan bagaimana cara clear cache Chrome? Simak uraian berikut untuk mengetahuinya secara detail.

 

Apa Itu Cache?

Cara Mudah Hapus Cache di Google Chrome
Cara Mudah Hapus Cache di Google Chrome

Sebagai langkah awal untuk mengetahui tata cara hapus cache PC maupun laptop memakai browser Chrome. Alangkah baiknya untuk mengetahui dulu pengertian dari cache itu sendiri. Cache yang dibaca “keish” ini merupakan ruang atau tempat penyimpanan yang sifatnya sementara, digunakan untuk menyimpan file online yang sebelumnya pernah diakses.

Baca juga: Tips dan Trik Hack Dari Command Prompt Windows 10

Proses untuk menyimpan data di ruang sementara tersebut disebut dengan istilah caching. Adapun jenis cache sendiri ternyata beragam, tidak hanya dijumpai pada browser yang sering dipakai online. Akan tetapi juga bisa dijumpai pada aplikasi yang diinstal di perangkat smartphone.

Cache berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketika menggunakan browser, sehingga tidak perlu berhadapan dengan loading yang lama. Sebab data yang diperoleh saat mengakses sebuah website akan tersimpan sementara.

Suatu hari atau suatu ketika saat Anda mengakses website yang sama maka Chrome tidak perlu mengambil data dari nol lagi, melainkan mengambil dari ruang penyimpanan sementara tadi.

Tujuan dari mempraktikkan cara hapus cache Chrome ada banyak, diantaranya adalah:

  • Membantu mempercepat loading saat mengakses sebuah halaman website, sehingga bisa mengakses informasi yang dibutuhkan tanpa perlu menunggu lama.
  • Membantu mengakses data di sebuah website secara up to date sebab website yang bersangkutan bisa jadi sudah melakukan update
  • Meminimalisir resiko pencurian data, karena data di cache bisa jadi bersifat penting dan rahasia. Misalnya saja data mengenai username dan password email, Facebook, dan lain sebagainya. Meskipun pada saat hapus cache dilakukan Anda harus memasukan username lagi, namun data Anda dijamin aman.
  • Mengurangi resiko kinerja perangkat melambat karena terbebani oleh ruang penyimpanan sementara yang overload. Sebab meskipun cache ini ukurannya kilobit atau kb, namun lambat laun akan semakin besar. Sehingga jika tidak dihapus akan menumpuk dan membebani kinerja perangkat yang Anda pakai untuk browsing.

Banyaknya tujuan atau manfaat dari proses membersihkan cache membuat Anda perlu menjadwalkannya secara berkala. Namun, lebih dulu pahami bagaimana cara hapus cache laptop ataupun PC yang digunakan agar berbagai tujuan di atas bisa terpenuhi.

 

Cara Menghapus Cache Chrome

google chrome
google chrome

Jika data yang tersimpan sebagai cache bisa meningkatkan efisiensi saat mengakses website yang sama, mengapa harus dihapus secara berkala? Pertanyaan ini mungkin sering dilontarkan oleh pengguna internet. Penghapusan cache bertujuan untuk menghapus data di ruang penyimpanan sementara yang telah usang.

Sebab seiring berjalannya waktu Anda akan mengakses lebih banyak website yang otomatis data cache semakin banyak. Lambat laun akan menjadi usang, padahal belum tentu data tersebut dibutuhkan karena Anda tidak selalu mengakses website yang sama sampai beberapa kali.

Jika ruang cache ini sudah sangat banyak maka loading website akan semakin lama, disinilah Anda butuh pengetahuan mengenai cara hapus cache Chrome. Supaya performa browser yang digunakan kembali cepat dan normal. Adapun tata caranya adalah:

  1. Buka dulu browser atau aplikasi Chrome di PC atau laptop yang Anda gunakan.
  2. Cari dan klik ikon tiga titik bersusun di bagian kanan atas tampilan browser Anda.
  3. Selanjutnya pilih “More Tools” atau “Fitur Lainnya” jika pengaturan bahasanya adalah bahasa Indonesia.
  4. Pilih menu “Clear Data Browsing” atau “Hapus Data Browsing”.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih rentan waktu menghapus cache yang menampilkan sejumlah pilihan. Mulai dari penghapusan data sejak awal atau semua sampai bisa dipilih dalam rentan waktu satu minggu, satu bulan, dan seterusnya.
  6. Setelah menentukan rentan waktu, selanjutnya Anda perlu menentukan jenis data cache yang ingin dihapus. Centang jenis data yang ingin dihapus.
  7. Klik tombol “Clear Browsing Data” atau tombol  “Hapus Data” jika berbahasa Indonesia.

Proses penghapusan akan dimulai dan memakan waktu beberapa detik, biasanya tergantung dari banyak sedikitnya data cache yang dimiliki. Setelah selesai maka Anda bisa mencoba membuka kembali website yang dituju, dan besar kemungkinan kecepatan loadingnya sudah lebih baik.

Melalui penjelasan di atas maka diketahui bahwa cara hapus cache Chrome tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri. Anda hanya perlu mengetahui fitur mana yang perlu digunakan untuk membersihkan cache di browser Chrome. Prosesnya pun tidak lama, sehingga bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Semakin rutin menghapus cache maka dampaknya akan semakin baik bagi perangkat maupun aplikasi Chrome yang dipakai online. Jadi, silahkan pahami dengan baik mengenai cara hapus cache Chrome yang disampaikan di atas untuk kemudian diterapkan rutin. Jika dilakukan maka kenyamanan dan keamanan akses internet akan didapatkan.

Terlepas dari itu, untuk menjaga keamanan dan kecepatan akses internet Anda juga bisa memanfaatkan layanan VPN (Virtual Private Network) yang mampu mengenkripsi sekaligus menghemat bandwidth data pengguna. Tak perlu khawatir, saat ini harga VPN relatif terjangkau di Indonesia, apalagi jika Anda menggunakan VPN Murah dari Diego VPN yang bisa didapatkan mulai dari Rp22 ribu perbulan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *