Blog yang memiliki banyak pengunjung dengan cara rajin update postingan merupakan hal yang wajar dan masuk akal. Tapi bagaimana jika ada blog yang jarang posting artikel namun tetap memiliki banyak visitor?

Mendapatkan banyak pengunjung merupakan salah satu bukti kesuksesan seorang blogger dalam menyajikan konten. Namun, untuk memperoleh traffic yang stabil biasanya diperlukan kerja keras serta proses panjang yang tidak instan.

Tidak banyak blogger yang mampu bertahan secara konsisten, sehingga aktivitas ngeblog pun jadi terpinggirkan. Nah, agar semangat menulis Anda tidak ikut kendor akibat penurunan traffic yang terjadi akibat jarang update postingan, berikut kami bagikan trik cara buat blog tetap ramai pengunjung meski jarang update sekalipun.

 

Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update
Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

1. Meningkatkan Promosi Blog

 

Cara membuat blog tetap banyak pengunjung meski jarang update yang pertama adalah dengan memperbanyak promosi melalui kanal sosial media, sosial bookmark, dan lain sebagainya.

Di era digital seperti sekarang ini, sosial media seperti twitter, facebook, dan instagram sendiri memiliki peran penting dalam menyumbang traffic kunjungan, terlebih jika konten yang Anda buat berhasil viral.

Giatkan promosi blog kalian ke relasi, rekan, ataupun grup sosial media keluarga agar mereka tau bahwa Anda memiliki konten bagus yang layak untuk dibaca atau bahkan dibagikan ulang.

 

2. Membuat Konten Evergreen

 

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia perkontenan, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah konten evergreen atau konten abadi.

Konten evergreen sendiri secara umum bisa dikatakan sebagai tipe konten yang tidak lekang oleh waktu dan masih banyak dicari hingga hitungan bulan dan tahun.

Lantas, bagaiana sih cara membuat artikel abadi itu? Perlu diketahui, proses pembuatan aartikel evergreen sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Untuk bisa menemukan topik bahasan menarik yang banyak dicari hingga belasan atau puluhan tahun mendatang maka Anda perlu melakukan riset mendalam pada saat pemilihan niche website.

Contohnya untuk niche teknologi, agar traffic tetap konsisten maka Anda bisa menyasar keyword yang dapat digunakan di masa sekarang maupun yang akan datang, seperti cara mengatur daftar isi otomatis di Microsoft Word, cara mengatasi crash Google Chrome, dan lain sebagainya.

Nah, dengan membidik artikel yang memiliki tema seperti ini dan berhasil nangkring di halaman pertama mesin pencari maka Anda pun tidak perlu memikirkan masalah penurunan traffic kunjungan lagi walaupun blog hanya diupdate sebulan sekali.

Berikut beberapa kategori konten evergreen yang bisa dijadikan sebagai referensi:

 

– Artikel Pengertian /Definisi

Konten yang membahas soal artikel definisi kurang lebihnya seperti situs Wikipedia atau KBBI. Blog yang memuat artikel seperti ini biasanya memiliki traffic konsisten karena selalu dicari oleh user lintas generasi.

Satu tips dari kami jika Sahabat Qwords ingin mengembangkan website dengan konten seperti ini, yakni usahakan selalu menyajikan artikel dengan bahasa sendiri yang simpel dan mudah dipahami. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber referensi, contoh, serta ulasan yang lebih mendetail agar peringkat blog Anda memiliki posisi lebih tinggi di penelusuran mesin pencari.

– Artikel Tutorial

Artikel dengan genre tutorial merupakan salah satu niche evergreen yang mudah untuk didapatkan. Contohnya seperti tutorial cara membuat website, panduan facebook ads, atau cara membuat artikel yang disukai Google.

– Artikel Daftar Referensi

Berbeda dengan dua jenis artikel sebelumnya, artikel dengan konsep referensi merupakan tipe artikel abadi yang mudah dikembangkan karena isinya bisa dibuat sesuai kebutuhan.

Meski begitu, artikel daftar referensi harus tetap ditulis dengan bahasa lugas serta informasi yang jelas agar tidak menimbulkan kesalahan persepsi dari orang yang menemukan artikel Anda melalui mesin pencari.

3. Buat Internal Link Linier di Dalam Postingan

Peran Link Nofollow dan Dofollow dalam Strategi SEO
Peran Link Nofollow dan Dofollow dalam Strategi SEO

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika teknik internal link banyak digunakan untuk mengoptimalkan performa artikel. Namun, sayangnya tidak banyak yang tau jika internal link bisa dibuat lebih luwes atau linier sehingga membuat pembaca tidak cepat bosan.

Pola penerapan internal link ini sebenarnya juga tidak terlalu sulit karena Anda cukup menuliskan tautan link yang relevan dengan artikel terkait. Hal ini bisa terjadi jika Anda membuat konten spesifik yang banyak dicari pengguna.

Sebagai contoh, salah satu pengguna trik yang satu ini adalah website tutorial internet marketing panduan IM yang meskipun ditulis dalam ribuan kata tapi tetap nyaman dibaca.

Artikel selengkapnya: Peran Link Nofollow dan Dofollow dalam Strategi SEO

4. Buat Artikel yang Lengkap

7 Rahasia Cara Membuat Artikel Menarik yang Disukai Google
7 Rahasia Cara Membuat Artikel Menarik yang Disukai Google

Sebagian blogger pasti akan merasa kesulitan jika disuruh untuk menulis artikel lengkap secara konsisten, apalagi bagi blogger pemula yang minim jam terbang.

Dalam beberapa kesempatan, Google sendiri secara gamblang menyuruh para konten kreator untuk membuat konten lengkap agar semakin mudah ditemukan.

Agar lebih mudah saat mengerjakan, Anda bisa lebih dulu melakukan riset dari artikel orang lain, kemudian membuat kerangka tulisan yang terdiri dari pembuka, isi, dan kesimpulan.

Dengan memanfaatkan kerangka ini maka menulis 1000 atau 2000 kata pun rasanya akan semakin mudah karena di dalam artikel terdiri dari beberapa bagian.

Artikel selengkapnya: Cara Membuat Artikel Menarik yang Disukai Google

5. Tulis Judul Postingan yang Menggoda

 

Judul adalah salah satu elemen krusial yang mendukung efektifitas suatu artikel. Maka dari itu, Anda harus bisa membuat judul yang “menggoda” sehingga membuat calon pembaca merasa penasaran.

Terlepas dari itu, usahakan untuk menyisipkan kata kunci yang relevan agar judul yang dibuat tetap terindeks dan mudah ditemukan oleh pembaca yang mengetiikan keyword di mesin pencari.

 

6. Perbarui Konten Lama

Alasan Penting Melakukan Update Konten Blog Setiap Hari
Alasan Penting Melakukan Update Konten Blog Setiap Hari

Memperbarui (recycle) konten lama bisa menjadi solusi ampuh untuk menjaga traffic website meskipun tidak ada postingan baru.

Anda bisa menerapkan cara ini jika sedang tidak punya ide fresh untuk menulis artikel, caranya pun sangat simpel, yakni hanya perlu mencari artikel yang dirasa memiliki jumlah pengunjung sedikit kemudian melakukan analisa terkait kekurangan atau informasi yang sudah kadaluarsa.

Artikel selengkapnya: 7 Alasan Penting Melakukan Update Konten Blog

7. Berdoa

 

Tidak ada usaha yang berhasil dengan sendirinya tanpa disertai doa, maka dari itu rajin-rajinlah berdoa sesuai dengan kepercayaan Anda agar blog yang Anda kelola disukai banyak pembaca. Selain berdoa, Anda juga bisa menyisihkan sebagian penghasilan yang masuk dari blog untuk berbagi kepada sesama.

 

Kesimpulan

 

Nah, itulah beberapa trik cara buat blog agar tetap stabil walaupun jarang update postingan. Semoga setelah membaca ulasan di atas Anda menjadi semakin semangat untuk menekuni dunia blogging lebih dalam, baik secara part-time maupun fulltime.

Adapun untuk mengakomodir kebutuhan website Anda, jangan lupa untuk mempercayakan kepada Qwords.com yang menyediakan layanan hosting murah unlimited bandwidth, nama domain dengan 500+ ekstensi, sertifikat SSL, hingga platform email marketing MailToGo sebagai tools marketing efektif untuk melakukan pemasaran melalui surel.

Semoga bermanfaat

14 Replies to “Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

  1. karena kesibukan saya di pekerjaan menjadikan blog yang saya kelola kurang terurus dan jarang update tips diatas semoga bisa membantu… terima kasih salam kenal

    1. Tetap semangat untuk urus blognya kak,
      Kalau tidak ada waktu bisa hire content writer untuk urus blog.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  2. Di sini bisa beli hosting sama transfer artikel dari blogger ke qwords gak?
    Sama kalau paket cdn tu kira kira berapa ya?

    1. Coba di audit artikel mana saja yang turun peringkatnya.
      Blog dengan Youtube memiliki segmentasi yang berbeda kak.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *