Pengertian Captcha dan Fungsinya Pada Website

2 min read

Mengenal Captcha dan Fungsinya

Apa itu captcha? Mungkin pertanyaan ini yang muncul ketika Anda mendengar kata yang satu ini. Bagi para penjelajah internet yang sudah sering mengunjungi berbagai situs dan melakukan registrasi online, captcha mungkin sudah tidak asing lagi karena captcha adalah sistem keamanan umum yang wajib dimiliki pemilik website.

Captcha memang umum ditemukan di Internet, terutama ketika Anda melakukan registrasi di sebuah situs atau menggunakan tools yang ada di sebuah website. Sayangnya, kebanyakan pengguna hanya mengikuti perintah untuk memasukkan huruf, angka atau mengklik gambar, tanpa benar-benar tahu apa fungsinya.

Nah, agar tidak semakin penasaran kali ini akan dijelaskan sekilas mengenai apa itu captcha dan fungsinya.

 

Pengertian Captcha

captcha adalah
captcha adalah

Are you robot? Pertanyaan ini sering ditemukan ketika ingin mengakses situs di internet dan Anda harus melakukan verifikasi untuk memastikan apakah Anda benar-benar manusia. Inilah yang dinamakan captcha.

Berdasarkan akronim tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa captcha adalah penggunaan grafis, bisa berupa huruf, angka, atau gambar untuk melakukan verifikasi apakah permintaan yang diajukan dilakukan oleh komputer atau manusia.

Baca juga: Cara Membuat Formulir Online Untuk Berbagai Kebutuhan

Pada umumnya, test ini dapat dilakukan dengan mudah oleh manusia, tapi sulit dipecahkan komputer sehingga pada akhirnya hanya manusia yang bisa lulus.

Intinya, captcha merupakan teknologi yang digunakan untuk membedakan antara robot dan pengguna asli. Proses validasinya didesain agar hanya bisa dipecahkan oleh manusia dan harus dilewati sehingga pengguna dapat mengakses situs yang diinginkan.

 

Fungsi Captcha

fungsi captcha
fungsi captcha

Jadi, sudah terjawab pertanyaan mengenai apa itu captcha. Namun, tentu tidak akan selesai sampai di sini saja. Ada lagi pertanyaan muncul mengenai fungsi captcha itu sendiri.

Sebenarnya, captcha memang memiliki fungsi yang krusial bagi sebuah website karena kerap digunakan sebagai fitur validasi agar sistem tidak mudah dibobol oleh robot. Fungsi utama captcha adalah agar website dapat mengelak dari adanya bot yang masuk ke situs tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya berikut fungsi dari captcha:

 

1.Melindungi Pendaftaran di Website

Secara umum, layanan gratis yang diberikan perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Youtube, dan lainnya membutuhkan captcha untuk melindungi sekaligus mencegah penyalahgunaan data oleh berbagai skrip otomatis.

Oleh karena itu, saat melakukan registrasi Anda seringkali menemukan captcha. Sebagai infrmasi, beberapa tahun lalu pernah terjadi serangan bots ketika terjadi pendaftaran ribuan akun email di saat bersamaan. Dengan adanya captcha diharapkan hal ini tidak terulang kembali.

 

2.Mencegah Serangan Kamus pada Website atau Blog

Penggunaan captcha juga dapat mencegah serangan kamus dalam sistem persandian (password) sehingga dapat mencegah pencurian akun yang dilakukan dengan memecah sandi melalui penggunaan bots kamus.

Dengan begini akun akan lebih aman dan terhindar dari pencurian serta penyalahgunaan oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

3.Melindungi Alamat Email dari Scraper

Scraper merupakan sebuah bots yang mampu memotong alamat email seseorang dari sebuah situs web, kemudian mengambilalih aksesnya. Captcha akan melindungi dan menyembunyikan alamat email Anda dari scraper sehingga para spammer tidak bisa menyebarkan spam dan mencari alamat email Anda.

 

4.Mencegah Komentar Spam pada Website atau Blog

Banyak blogger yang menggunakan komentar palsu untuk menaikkan rate situs mereka sehingga masuk halaman awal mesin pencari. Adanya captcha akan mencegah munculnya spam komentar dengan tipe seperti ini, karena setiap kali ingin memposting komentar pengguna harus memasukkan captcha dari kombinasi angka, huruf, atau gambar terlebih dahulu.

 

5.Mencegah Search Engine Bot

Keberadaan captcha dapat melindungi sebuah halaman website dari search engine bot yang terkadang muncul untuk membaca halaman website. Sebenarnya, ada tag yang bisa melakukan tugas ini.

Baca juga: Apa Itu Search Engine?

Akan tetapi, terkadang kurang efektif untuk menghalangi search engine bot ini. Agar benar-benar menjamin keamanan halaman web diperlukan adanya captcha.

Mengenal Captcha dan Fungsinya
Mengenal Captcha dan Fungsinya

Itulah pembahasan terkait apa itu captcha lengkap dengan berbagai fungsinya. Jika diperhatikan dengan lebih seksama, captcha adalah salah satu komponen yang fungsinya sangat penting bagi sebuah website. Untuk itu, keberadaannya memang semestinya ada sebagai pelindung website Anda. Jadi, setiap pemilik website sangat disarankan untuk memasang captcha, setidaknya pada halaman komentar agar tidak mudah terkena spam.

Terlepas dari itu, jika saat ini website bisnis Anda lemot dan sering error ketika di akses, kami menyarankan untuk menggunakan Paket Hosting Bisnis dai Qwords.com yang sudah dilengkapi teknologi Ultrafast SSD serta LiteSpeed API.

Dapatkan penawaran spesial khusus di bulan ini, mulai dari Rp150 ribuan perbulan sudah termasuk gratis domain .com selama satu tahun.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *