Anda memiliki produk yang dijual, entah online maupun offline? Jika iya, strategi pemasaran  merupakan bagian penting yang tidak bisa dilupakan  begitu saja. Saat memasarkan produk, Anda kenal dengan yang namanya brand awareness. Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa hal penting ini dan seberapa penting untuk pemasaran produk yang Anda jual, artikel ini sangat pas untuk Anda ikuti.

Mengenal Brand Awareness Dan Cara Meningkatkannya
Mengenal Brand Awareness Dan Cara Meningkatkannya

Pengertian Brand Awareness

 

Brand Awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan seberapa besar tingkatan pengakuan konsumen terhadap produk dengan nama yang diberikan. Istilah yang dalam bahasa Indonesianya mempunyai arti kesadaran merek ini adalah hal penting, khususnya saat Anda mempunyai produk baru yang ingin dipasarkan di pasar.

Ya, mempromosikan produk baru ataupun menghidupkan kembali merek yang sudah lama mati merupakan langkah terbaik untuk menciptakan kesadaran merek tersebut.  Keterangan yang dilansir Investopedia menyebutkan bahwa kesadaran merek ini mencakup seberapa besar kualitas yang membedakan produk yang Anda miliki dengan produk lain yang ada di pasar.

Produk dan juga layanan tersebut bisa mempertahankan tingkat kesadaran merek tinggi karena berhasil membuat banyak penjualan. Ini wajar karena kebanyakan konsumen lebih memilih membeli produk yang terkenal dibanding yang tidak mereka kenali sebelumnya. Sebut saja dari kasus air mineral di masyarakat yang sudah terkenal.

Kebanyakan masyarakat akan menyebut nama air mineral sebagai satu nama, yakni Aqua. Hal seperti ini wajar dan bukan hal yang baru. Pasalnya pabrik raksasanya mengandalkan brand awareness untuk menjadikan merek yang mereka miliki dikenal masyarakat. Setidaknya Anda sudah tahu seperti apa kesadaran merek ini bekerja di tengah banyaknya produk yang sama dibidangnya.

 

Brand Awareness Menurut Para Ahli

 

Ada banyak ahli yang memberi tanggapan terkait apa itu brand awareness di dunia pemasaran produk. Berikut pendapat para ahli tersebut:

Rossister dan Percy (1996:113) menyebutkan bahwa definisi kesadaran merek adalah kemampuan pembeli untuk mengenali dan juga menyebutkan setiap merek yang ada di pasar tanpa harus mengkatagorikannya secara detail untuk proses pembelian produk yang dimaksud.

Baca juga: Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?

Shimp (2003:11) menyebutkan bahwa kesadaran merek adalah kemampuan merek di pasaran untuk muncul dalam benak konsumen saat mereka menginginkan atau memikirkan katagori produk tertentu  dan juga seberapa mudah nama tadi muncul di benak konsumen

Selain itu, Soehadi (2005:28) menyebutkan bahwa brand awareness merupakan sebuah hal yang bisa membuat pelanggan mengerti bagaimana kategori produk ataupun layanan dimana produk tersebut bersaing di pasar.  Pada tingkatan yang lebih dalam, keberhasilan untuk membangun kesadaran merek tersebut sangat menyesuaikan seberapa jauh pelanggan mengerti merek tersebut dirancang untuk kebutuhan pelanggan.

 

Cara Meningkatkan Brand Awarness

 

Kita sudah tahu seberapa penting brand awarness bagi teknik pemasaran yang akan Anda lakukan. Sekarang tinggal bagaimana kita ingin meningkatkan kesadaran merek setiap produk yang Anda punya. Berikut cara untuk meningkatkannya:

1. Menentukan cara terbaik untuk komunikasi produk

 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengkomunikasikan produk yang Anda miliki kepada konsumen. Disini, Anda bisa memakai iklan yang ada di TV, iklan online, media cetak dan sebagainya. tentukan saja mana sistem komunikasi yang terbaik. Ingat, jika komunikasi produk kepada pelanggan tidak efektif, sudah bisa dipastikan tidak akan memberikan hasil yang optimal.

Gunakan tool yang digunakan untuk menjalin komunikasi ini. jangan lupa juga untuk menentukan frekuensi dan juga ketersedian untuk menunjang komunikasi kepada konsumen., Anda harus menggunakan komunikasi online dan offline. Jangan hanya mengandalkan salah satu jenis komunikasi saja karena dianggap kurang efektif.

2. Dorong word of mouth

 

Tingkatan Brand Awarness untuk menghasilkan kesadaran merek paling menjanjikan yakni dengan cara mendorong word of mouth. Apa itu? Word of mouth yang dimaksud adalah dengan menggugah konsumen merekomendasikan serta menceritakan produk ke orang lain, baik menggunakan sistem offline maupun online. Hal seperti ini memang tidak mudah untuk dilakukan,

Anda harus memberikan layanan memuaskan kepada konsumen sehingga mereka diperhatikan dan dihargai. Anda harus menciptakan identitas merek yang kuat supaya konsumen mudah untuk mengidentifikasi jasa atau produk yang Anda miliki dibanding produk lain atau sejenisnya.

3. Ciptakan keterikatan emosional

 

Menyampaikan fitur produk, spesifikasi produk, pilihan warna dan sebagainya menjadi hal wajib untuk dilakukan. Namun sebaiknya tambahkan kisah yang relevan dengan identitas brand yang Anda miliki. Kisah ini harus dipilih yang paling menyentuh emosi pelanggan supaya menambah ketertarikan pada pelanggan tersebut,

Contoh, jika Anda memiliki produk tas, ada baiknya menambahkan kisah mengenai karakter tas yang dimaksud. Contohnya saja, tas model hand bag yang berwarna krem mempunyai karakter feminim sehingga cocok untuk dipakai oleh wanita yang auranya modis dan juga keibuan. Meskipun sederhana nampaknya hal seperti ini masih sangat penting di terapkan.

4. Mengingat seberapa pentingnya positioning

 

Jika menggali lebih dalam seputar brand awareness tentu Anda tahu pentingnya positioning untuk membuat kesadaran merek yang tinggi. Positioning yang dimaksud adalah bagaimana inovasi yang Anda lakukan supaya bisa memposisikan merek yang Anda miliki agar sebisa mungkin berbeda dengan merek lainnya. Untuk melakukan hal tersebut Anda jangan sampai terpengaruh trend atau terobosan dari produk lain.

Berkaitan dengan kesadaran merek¸ setidaknya ada beberapa indikator brand awarness menurut Keller yang memang perlu untuk diperhatikan. Berikut beberapa indikator yang dimaksud:

  • Recall

Indikator tersebut dipakai untuk mengetahui seberapa jauh konsumen bisa mengingat ketika ditanya merek apa yang mereka ketahui dari produk tertentu di pasar.

  • Recognition

Indikator tersebut dipakai untuk menunjukkan seberapa besar konsumen bisa mengenali merek dan katagori setiap merek yang ada.

  • Purchase

Indikator yang digunakan untuk tanda seberapa besar konsumen bisa menyebutkan ataupun memasukkan merek saat mereka dihadapkan beberapa pilihan ketika hendak ingin membeli produk ataupun jasa dari setiap layanan yang ada.

  • Consumption

Indikator ini dipakai untuk menunjukkan seberapa jauh konsumen bisa mengingat merek tertentu ketika sedang menggunakan produk ataupun jasa layanan pesaing.

Dengan menggunakan bekal yang ada tersebut, pengukuran kesadaran merek bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. Ada cara yang dapat dilakukan saat ingin mengukur seberapa besar kesadaran merek yang Anda miliki. Sebut saja seperti dengan memanfaatkan survei, analytic, analytics website dan masih banyak lainnya. Gunakan salah satu yang menurut Anda sesuai dengan pilihan saja.

Baca juga: Apa Itu Website? Jenis dan Contohnya

Untuk meningkatkan kemampuan kesadaran merek dari produk yang Anda miliki, usahakan memberikan gebrakan yang berbeda. Contohnya dengan menggunakan hosting di Indonesia yang terkenal dan banyak dipakai. Anda yang membutuhkan hosting bisa memanfaatkan layanan yang dimiliki oleh Qwords.com

Sebagai informasi, Qwords.com adalah salah satu perusahaan hosting Indonesia berpengalaman yang siap untuk meningkatkan kesadaran merek yang Anda miliki. Dengan begitu, penjualan produk bisa semakin meningkat tajam dan akhirnya Anda bisa membawa keuntungan besar. Kami menyediakan layanan maksimal karena tenaga yang kami miliki juga berpengalaman dan ahli dibidangnya.

Sekian artikel kali ini, jangan lupa klik bagikan atau tingalkan jejak di kolom komentar jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sampai jumpa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *