blogspotvswp

Pertanyaan yang paling sering muncul (Frequently Ask Question) ketika seseorang akan membuat sebuah website baru adalah manakah yang harus dipilih, Blogspot atau WordPress?

Melalui artikel berikut ini kita akan menjawab dan menjelaskan secara lengkap kepada sahabat Qwords perbedaan antara keduanya. Tapi sebelum itu, akan diberikan sedikit kilasan dari Blogspot dan WordPress.

Sekilas tentang Blogspot dan WordPress

Menurut sumber dari Wikipedia, Blogspot adalah layanan publikasi blog yang dimiliki oleh Google.  Semua blog yang ada di server google memiliki subdomain .blogspot, tetapi untuk pengguna bisa melakukan custom domain sesuai dengan yang diinginkan tetapi server masih tetap ada di google.

Blogspot menjadi platform yang tepat untuk pemula karena lebih Simple & Easy to Use jika dibandingkan dengan WordPress. Karena Blogspot dimiliki oleh Google, maka fitur bawaan, support, dan maintenance berada di tangan Google. Anda tak perlu khawatir mengelola ini-itu karena “Everything is taken care of for you by Google”. Tetapi jika anda  melanggar peraturan tentang penggunaan blogspot, bisanya blogspot akan langsung dihapus oleh google.

Perlu diketahui bahwa wordpress ada 2 versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya memiliki segmentasi user yang berbeda. WordPress.com merupakan perusahaan hosting domain, tetapi untuk anda yang pengen punya website gratis bisa mendaftar dengan ekstensi namadomain.wordpress.com. Untuk WordPress.org atau wordpress self-hosted, anda bisa menginstall aplikasi wordpress pada hosting yang sudah anda sediakan dan menggunakan nama domain bebas sesuai yang sudah anda beli sebelumnya.

Disclaimer : WordPress yang akan dibahas adalah WordPress.ord atau WordPress self-hosted

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Kontrol & Kepemilikan

Anda memegang peran sebagai penyewa pada platform Blogspot. Sedangkan pemiliknya adalah Google. Karena dimiliki oleh Google, maka anda harus taat dan patuh terhadap peraturan yang dibuat oleh Google, jika berbuat salah biasanya mendapatkan peringatan dari Google, atau yang paling terburuk adalah blog anda akan dihapus oleh Google.

Sedangkan WordPress dimiliki oleh anda sendiri “You own your house” karena sifat WordPress adalah open-source. Anda dapat melakukan konfigurasi, install plugin, dan menyesuaikan sendiri pengaturan sesuai yang anda kehendaki.

Custom & Desain

WordPress menyediakan ribuan theme, dan plugin untuk mempercantik situs website. WordPress juga memfasilitasi anda untuk membuat sendiri konsep desain yang unik dan impresif seperti mendesain, coding, menambah fitur, dll. Anda dapat dengan bebas memodifikasi template dan desain website sesuai keinginan.

Namun pada Blogspot, pengaturan (customization)-nya lebih terbatas. Anda hanya dapat memilih beberapa template yang disediakan lalu mengaturnya dengan metode drag & drop. Sedangkan untuk plugin, Blogspot tidak menyediakannya.

Nama Domain

Blogspot menggunakan namadomain.blogspot.com atau anda bisa membelinya di jasa penjual domain terbaik pilihan anda. Untuk tutorial custom domain dari blogspot bisa anda cari di Google sudah banyak yang membahasnya. Sedangkan WordPress menggunakan domain yang anda beli sendiri di registrar nama domain, contohnya di Qwords.com.

Kapasitas Penyimpanan

Blogspot memberikan kapasitas penyimpanan 15GB. Sedangkan pada WordPress, Anda bebas menentukan sendiri kapasitas penyimpanan di tempat anda menyewa Hosting. Di Qwords.com anda bisa menyewa hosting mulai dengan harga tidak sampai 20 ribu rupiah perbulan.

Maintenance

Karena Anda punya akses penuh terhadap WordPress, jadi Anda sendiri juga yang bertanggung jawab atas maintenance seperti proteksi spam, keamanan data, dan backup. Sedangkan pada Blogspot, maintenance & support dari sisi Anda tidak dibutuhkan karena sudah di hosting di Google.

Perbedaan keduanya sudah jelas, blogspot lebih cocok untuk pemula atau yang baru memulai membuat website. Untuk WordPress.org atau WordPress self-hosted lebih cocok kepada yang lebih advance dalam mengelola website.

Studi kasus:

Blog milik Dennis Cooper telah dihosting oleh Blogspot selama 14 tahun. Namun sekejap situs ditangguhkan dengan alasan “Specific Terms of Service violations are ones we cannot discuss further due to legal considerations.”

Jika anda memiliki akses penuh terhadap situs Anda, kasus seperti di atas tidak akan menimpa Anda. Platform yang memiliki situs Anda dapat dengan mudah memutuskan untuk mematikannya tanpa memberi Anda peringatan terlebih dahulu. Hal ini hanya sebuah himbauan atas apa yang terjadi untuk menjadikan Anda lebih waspada. Anda tentu tidak ingin pekerjaan yang telah bertahun-tahun anda bangun hilang dalam sekejap, bukan?

Oh iya bagi anda yang kebingungan menentukan konten website akan diisi apa setelah mendapatkan pilihan Blogspot atau WordPress, bisa membaca strategi jitu menentukan konten website.

Kesimpulan:

WordPress memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal dengan blog atau situs Anda daripada yang bisa Anda bisa lakukan dengan Blogspot. Seperti custom desain/template, kapasitas penyimpanan, akses, kepemilikan, hingga support dan maintenance. Namun jika Anda mencari platform yang sederhana atau “easy to use”, Blogspot lebih sesuai untuk Anda dibanding WordPress yang menyediakan fitur lebih kompleks.

wpvsblogger

Fakta saat ini WordPress menjadi CMS paling banyak yang digunakan untuk membuat website dibandingkan yang lainnya.

Tahukah Anda?

Bahwa terdapat hosting/penyimpanan yang khusus disesuaikan untuk CMS WordPress? WORDPRESS HOSTING, performa lebih tinggi dibandingkan Shared Hosting biasa. Pesan di Qwords harga mulai dari Rp 50.000/bulan! Anda dapat meningkatkan performa lebih optimal dengan Ekstra CloudPop.

wordpressflyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *