Sektor bisnis travel wisata memang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan. Selain seru untuk dijalankan, bisnis tersebut terbukti cukup menjanjikan. Bayangkan saja, Anda bisa mendapatkan uang dengan bisnis berbasis online. Tidak mengherankan kalau bidang ini digandrungi oleh banyak orang. Tidak terkecuali bagi kalangan milenial yang jiwa petualangnya sangat tinggi.

Apa itu Bisnis Travel?

Memulai Bisnis Travel Wisata
Memulai Bisnis Travel Wisata

Bisnis travel adalah sebuah usaha yang berfokus pada membantu seseorang atau suatu pihak dalam perjalanan. Dalam lingkup luas, ada banyak sekali jenis bisnis travel yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Tahapannya mulai dari menawarkan jasa pencarian tiket dan akomodasi murah, hingga open trip tour and travel. Bisnis tersebut juga memberikan layanan berupa pemandu wisata untuk para pelancong.

Secara umum, bisnis travel ini melingkupi seluruh sektor wisata. Jadi, Anda memberikan kemudahan kepada publik untuk merencakan perjalanan yang diinginkan. Targetnya, untuk kawasan domestik, hingga internasional, tergantung pada penerapan jenis layanan yang akan diaplikasikan. Yang paling marak saat ini adalah open trip ke luar negeri. Jenis ini memang sangat diminati oleh banyak orang.

Dengan kata lain, Anda dapat menjual paket all in one. Paket tersebut mlai dari tiket pesawat, akomodasi hotel, transportasi dan makan selama perjalanan, guide, dan lain sebagainya. Apalagi, saat ini ada banyak sekali promo tiket pesawat murah yang dapat dijadikan sebagai alternatif solusi, aehingga trip lebih terjangkau bagi konsumen. Tentunya tetap menguntungkan pelaku bisnis tour and travel.

Peluang Bisnis Travel

Bisnis Tour and Travel
Bisnis Tour and Travel

Dewasa ini, kegiatan bepergian dan jalan-jalan mengunjungi objek wisata tertentu memang sangat marak. Apalagi, saat ini banyak maskapai yang mulai melebarkan sayapnya dengan membuka rute ke daerah dengan destinasi tertentu. Kemudahan dan kecepatan transportasi tersebut tentunya membuat minat banyak orang akan jalan-jalan menjadi semakin meningkat.

Hal tersebut pula yang kemudian menginspirasi beberapa pihak untuk mencoba terjun ke bisnis travel agen. Bisnis tersebut juga dikenal sebagai biro wisata. Tidak dapat dipungkiri jika menggunakan travel agent ini dapat membuat perencanaan perjalanan menjadi mudah dan praktis. Customer tidak perlu lagi bingung dan menghabiskan banyak waktu untuk mencari promo dan tiket murah.

Dengan menghubungi travel agen terpercaya, maka Anda akan mendapatkan informasi dan notifikasi otomatis mengenai apa saja yang dibutuhkan. Tidak mengherankan kalau kemudian banyak pihak yang memercayakan trip-nya pada suatu agen. Hal yang menjadi poin adalah kenapa bisnis travel memiliki peluang sangat menjanjikan, salah satunya adalah karena jangkauan pasarnya luas.

Selain itu, perkembangan teknologi dan informasi juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menjaring customer. Contohnya saja dengan melakukan promosi melalui internet, baik memanfaatkan media sosial, dan lain sebagainya. Supaya kelihatan lebih profesional dan dipercaya oleh calon customer, maka pemilik travel agen sudah seharusnya memiliki sebuah website official.

Cara Memulai Bisnis Travel Wisata

Untuk memulai bisnis travel wisata sebenarnya tidak begitu sulit. Disini, modal bukan suatu hal utama yang harus dijadikan sebagai titik perhatian. Di zaman modern sekarang ini, promosi online bisa dikatakan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan promosi offline. Dengan kata lain, Anda bisa mulai dengan menjadi sebuah agen perjalanan dengan sistem berbasis online.

Begitu pula ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pertimbangan sebelum memulai bisnis ini. Apabila Anda tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi seorang agen perjalanan, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipikirkan dengan matang:

1. Memilih jenis bisnis travel

Rental Mobil Wisata
Rental Mobil Wisata

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya, bisnis ini memiliki cakupan cukup luas. Sebelum memutuskan untuk terjun ke usaha travel, pastikan Anda sudah memilih bidang atau jenis yang diinginkan. Pastikan juga usaha ini sesuai passion supaya lebih mudah. Misalnya saja ketika memilih jasa penyediaan tiket murah, usahakan tetap fokus pada satu hal tersebut.

2. Menentukan nama bisnis

Selanjutnya, tentunya nama untuk bisnis yang akan digunakan. Meskipun kelihatan sangat sepele, namun jangan mengabaikan pemilihan nama. Alasannya, ini akan menjadi bagian penting dalam branding. Oleh sebab itu, usahakan mengambil nama yang unik, namun mudah diucapkan, dan mudah diingat. Ini dapat membantu pemasaran bisnis nantinya.

3. Memetakan lokasi wisata

Kuta Bali
Kuta Bali

Saat membuat perencanaan bisnis travel wisata, Anda juga harus jeli dalam membuat pemetaan lokasi. Contohnya, tempat yang akan dipromosikan menjadi tujuan dari destinasi utama. Pastikan kalau daerah tersebut memang potensial dan juga memiliki long future. Bukan hanya tempat yang viral musiman. Jika musiman, lokasi berdampak buruk bagi travel Anda.

4. Menawarkan paket menarik

Yang tidak kalah penting adalah penawaran paket wisata. Supaya lebih menarik, maka pastikan Anda sudah menyusun beberapa paket sekaligus. Calon customer pun juga memiliki lebih banyak pilihan. Selain menawarkan destinasi unik, menarik, dan kekinian, cobalah melakukan riset harga pasar, kemudian aplikasikan harga paling rendah.

5. Membuat marketing plan

Apabila Anda berniat untuk memulai bisnis travel online, Anda Dapat memanfaatkan digital marketing. Tujuannya, untuk memasarkan produk jasa dan layanan travel agen Anda. Anda bisa menggunakan fitur Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Selain jangkauan pasarnya luas, promosi online juga lebih mudah, dan hemat biaya.

6. Membangun sistem bisnis online

Cara Kerja Digital Marketing
Cara Kerja Digital Marketing

Untuk memulai bisnis travel Indonesia yang lebih efisien dan mudah di akses. Di zaman modern ini, Anda juga harus membangun sebuah sistem bisnis dengan basis online. Hal tersebut demi kenyamanan para calon customer. Supaya lebih mudah dalam mendapatkan informasi paling update yang dibutuhkan. Bisnis pun bisa dilakukan melalui gadget.

7. Penawaran pelayanan terbaik

Selain menawarkan harga miring, diskon, atau cashback untuk menarik perhatian calon customer, Anda juga harus memastikan kalau layanan yang ditawarkan juga tidak mengecewakan. Salah satunya bisa diterapkan dengan cara memberikan bonus dokumentasi foto personal maupun grup kualitas terbaik. Tujuannya, agar customer merasa senang.

8. Membangun jaringan

Tidak peduli apakah bisnis travel agent Anda berbasis online atau offline, membangun jaringan sangat penting dilakukan sejak dini. Selain melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemilik restaurant, tour guide lokal, dan lainnya. Anda juga bisa mulai menawarkan kepada teman-teman supaya menjadi reseller dengan sistem bagi hasil.

9. Mendaftarkan merk bisnis

Mendaftarkan merk (nama) untuk bisnis tour dan travel merupakan suatu hal penting. Karena percuma Anda mati-matian branding nama, kalau ternyata tidak terdaftar di HKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Anda tidak bisa menuntut apabila ada pihak yang juga menggunakan nama tersebut di kemudian hari. Jadi, trademark itu penting sekali.

Saat hendak memulai bisnis travel wisata, usahakan memiliki sebuah situs website official supaya lebih fleksibel. Untuk meningkatkan performa website perusahaan, maka dapat menggunakan paket Cloud Hosting dari Qwords.com. Selain menawarkan storage yang lebih besar, harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Jadi, sangat cocok sebagai pilihan untuk memulai bisnis travel wisata. Tunggu apalagi miliki website untuk bisnis Travel Wisatamu sekarang juga.

Terima kasih

2 Replies to “ Memulai Bisnis Travel Wisata, Apa Yang Dibutuhkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *