Jika Anda saat ini sudah mengenal Youtube, maka Anda perlu belajar lebih tentang SEO Youtube. Tidak hanya website saja yang memerlukan SEO, Youtube juga memiliki SEO yang bisa dimaksimalkan untuk bisa mendapatkan peringkat pertama pada halaman pencarian Youtube.

Youtube saat ini menjadi mesin pencari terbesar setelah Google. Algoritma yang digunakan Youtube untuk menentukan video yang berada dihalaman pertama memang memiliki perberbedaan dengan website, karena Youtube konten utamanya adalah video. Dengan menerapakan SEO Youtube yang benar, Anda bisa berpeluang mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.  Lalu bagaimana caranya? Tenang saja kami sudah menyiapkan panduan belajar SEO Youtube terbaru yang bisa Anda jadikan pedoman.

Apa Itu SEO Youtube

belajar seo youtube
belajar seo youtube

SEO Youtube adalah salah satu teknik untuk melakukan optimasi video agar mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian Youtube. Dengan mempraktekan SEO Youtube yang benar maka peluang untuk video berada pada halaman pertama sehingga banyak dilihat oleh penonton semakin besar.

Youtube sampai saat ini masih menggunakan kata kunci sebagai salah satu cara untuk menemukan video. Yang membedakan keduanya hanya medianya saja, yang satu berbentuk tulisan dan yang satunya berbentuk video. Nah untuk itu Anda perlu melakukan beberapa teknik SEO Youtube yang benar agar bisa bersaing dengan video lainnya.

Teknik SEO Youtube

1. Kualitas video

Video yang berkualitas akan membuat penonton betah melihat video sampai selesai. Ada beberapa hal yang membuat video menjadi berkualitas seperti kualitas video, audio yang baik, teknik pengambilan video dan teknik editing yang bagus. Dan jangan lupa konten yang ada pada video juga harus menarik penonton, sehingga membuat penonton bisa balik lagi dan subscribe untuk melihat video yang lain.

2. Riset keyword

riset keyword
riset keyword

Dalam membuat video, Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai Anda sudah membuat video dengan kualitas bagus tetapi tidak ada penonton yang mencari. Untuk itu lakukan riset yang mendalam tentang konten video Youtube dengan tool SEO Youtube yang banyak tersedia saat ini. Carilah video-video yang memiliki banyak pencarian.

3. Menentukan judul dan deskripsi

Dengan menggunakan judul dan deskripsi yang mengandung keyword akan meningkatkan SEO skor dari video. Trik SEO Youtube ini bisa Anda lakukan setelah melakukan riset keyword, kemudian Anda bisa menambahkan long tail keyword dari keyword utama video dengan tambahan CTA pada video yang menarik. Perlu diingat jangan membuat video yang mengandung clickbait, yaitu judul video dan isi videonya berbeda sehingga membuat penonton kecewa.

4. Menambahkan keyword tags

Tags dalam Youtube menjadi salah satu hal yang dibaca oleh mesin Youtube. Penggunaan tag yang baik dan benar akan membantu memudahkan video Anda ditemukan pada halaman pencarian Youtube. Setiap video memungkinkan untuk Anda tambahkan 30-40 keyword tags tergantung dari jumlah kata yang digunakan. Untuk menentukan tags apa saja yang perlu Anda tambahkan bisa mengunakan tools SEO Youtube seperti keywordtools.io, VidIQ, Ahrefs, SEMrush, Keyword Everywhere dan lainnya.

5. Membuat embed dan link video

Embed dan link video dapat membantu meningkatkan promosi video lama Anda sehingga mudah ditemukan oleh para penonton. Anda bisa menyisipkan video lama Anda pada video baru dengan catatan masih ada hubungan. Selain itu Anda bisa melakukan embed video pada website atau blog dengan menambahkan script HTML. Dengan ini peluang video Anda dilihat akan semakin banyak sehingga menambah views dan subscriber video.

6. Rutin melakukan update

Rutin update video
Rutin update video

Sama halnya dengan website, Anda perlu melakukan update rutin channel Youtube untuk SEO yang baik. Dengan begitu akan ada banyak para subscriber yang rela menunggu video baru dari channel Anda.

Baca juga : Kesalahan Sosial Media Yang Berdampak Buruk pada Bisnis

7. Promosikan video

Serelah Anda melakukan semua teknis SEO Youtube, langkah terakhir adalah melakukan promosi video. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi video salah satunya dengan menggunakan media sosial. Media sosial memiliki peran yang penting untuk content marketing apalagi dengan bentuk video. Anda cukup dengan melakukan share ke media social yang dimiliki bisa dengan Facebook, Twitter, Instagram dan akun sosial media lainnya.

Jika memungkinkan Anda bisa melakukan promosi video berbayar dengan menggunakan iklan. Anda bisa menggunakan layanan iklan dari Google, Facebook dan media iklan lainnya.

Dengan mempraktekan semua panduan belajar SEO Youtube terbaru yang sudah dibahas diatas, maka peluang untuk mendapatkan views dan peringkat Youtube semakin besar. Jika video Anda tujuannya untuk mencari AdSense, maka penghasilan Anda bisa naik seiring dengan banyaknya views video. Selain itu Anda bisa memanfaatkan video untuk berjualan produk secara lansung atau menerima kerjasama dengan brands.

Untuk memaksimalkan channel Youtube yang Anda miliki, Anda perlu memiliki website untuk media promosi. Nah rekomendasi dari kami untuk menggunakan layanan WordPress Hosting dari Qwords.com. Cukup dengan biaya 50.000/bulan Anda sudah bisa mendapatkan storage 5GB dengan RAM 1 GB. Tunggu apalagi onlinekan channel yang Anda miliki dengan website sekarang.

Terima kasih

8 Replies to “Panduan Belajar SEO Youtube Terbaru

  1. Ehh..tapi apa bener sih subcriber puluhan ribu itu nyata..atau hanya robot lainnya..? Apa iya nonton video yg hanya sekali dua kali trs mau subcribe..? Tdk mudah mrmpraktekkanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *