8 Situs Belajar PHP Dari Dasar Sampai Mahir

3 min read

8 Situs Belajar PHP Dari Dasar Sampai Mahir

Saat ini belajar PHP bisa dilakukan dengan lebih mudah dan gampang. Pasalnya, sudah ada banyak website yang menyediakan konten tutorial bahasa pemrograman mulai dari tingkat dasar hingga level advance. Bahkan, beberapa website menyediakan layanan belajar PHP secara gratis, tanpa perlu membayar biaya berlangganan.

Dilihat dari definisi, PHP adalah akronim dari kata Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 dan sampai sekarang masih terus dikembangkan ke dalam versi yang lebih kompleks dan kekinian.

Baca juga: 7 Jenis Bahasa Pemrograman Dengan Pengguna Terbanyak

Bagi seorang developer, menguasai PHP sangat penting dilakukan. Terlebih lagi ketika Anda berkecimpung di dunia pengembangan website berbasis WordPress, dimana basis kodenya menggunakan bahasa PHP.

Berikut merupakan daftar situs belajar PHP yang bisa dimanfaatkan oleh para pemula maupun expert untuk mengasah pengetahuan.

 

Pentingnya Belajar PHP

belajar PHP
belajar PHP

1.Bahasa Pemrograman Populer

Tahukah Anda jika website sebesar Facebook, Slack, hingga Wikipedia dibangun dengan bahasa pemrograman PHP? Popularitas bahasa pemrograman PHP memang sudah melegenda berkat performa yang cukup baik. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar PHP dari sekarang.

2.Komunitas Besar

Dalam dunia teknologi peran komunitas sangat penting. Adanya komunitas yang solid akan membantu Anda ketika menemukan masalah atau kendala yang sulit dipecahkan. Nah, bahasa pemrograman PHP sendiri sudah terbukti memiliki komunitas yang solid dan tersebar di berbagai bahasa, sehingga lebih mudah untuk dibaca.

3.Peluang Karir

Tercatat saat ini masih ada banyak perusahaan top global yang menggunakan website berbasis PHP. Alhasil, sampai beberapa tahun kedepan akan dibutuhkan banyak programer PHP untuk mengurus dan mengembangkan website agar tetap relevan di tengah perkembangan zaman.

4.Fleksibel dan Mudah Digunakan

Ketika bicara soal proses pembuatan website, bahasa PHP relatif lebih mudah digunakan dibandingkan Java. Bahasa PHP juga tidak perlu di compile terlebih dahulu, sehingga program bisa langsung melakukan coding dan mengupload hasilnya ke server atau hosting agar bisa diakses melalui browser.

 

Aplikasi Pendukung Belajar PHP

Aplikasi belajar bahasa pemrograman PHP
Aplikasi belajar bahasa pemrograman PHP

Sama seperti belajar melukis, ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk belajar PHP. Selain akan memudahkan proses belajar, aplikasi pendukung ini juga akan membantu untuk memahami materi yang disampaikan.

1.Text Editor

Text Editor sangat penting bagi programer atau web developer. Bahkan, sebelumnya juga sudah pernah kami rangkum daftar Text Editor terbaik yang recommended untuk digunakan. Nah, untuk belajar bahasa PHP, Anda bisa memilih Text Editor yang sesuai dengan kebutuhan.

2.XAMPP

Apa itu XAMPP? XAMPP adalah sebuah software atau aplikasi untuk membuat database dan direktori agar rancangan website atau hasil coding bisa dilihat melalui localhost. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai XAMPP pada artikel berikut ini: Pengertian XAMPP Lengkap dengan Fungsi Cara Instalnya

3.Browser

Setiap gadget secara default pasti sudah memiliki browser. Browser merupakan aplikasi untuk mengakses website belajar PHP yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Selain itu, browser juga berfungsi untuk mengecek hasil dari codingan yang sudah ditulis.

 

Situs Belajar PHP dari Dasar Sampai Mahir

Coding
Coding

1.W3schools

W3schools adalah salah satu situs belajar PHP terpopuler dan tertua yang ada di jagat dunia maya. Tercatat website W3schools sudah berdiri sejak bulan Maret 2000, jauh sebelum website populer di Indonesia.

Untuk sahabat Qwords yang sedang belajar pemrograman website, W3schools sangat cocok dan direkomendasikan. Pasalnya, pengunjung bisa bebas mempelajari materi dari dasar sampai expert. Adapun untuk materi belajar PHP, ada pengertian syntax, string, variabel, dan lain sebagainya.

Menariknya, setelah sesi materi dan praktek selesai, Anda juga bisa menguji pemahaman dengan cara menjawab kuis dan pertanyaan yang tersedia.

2.Codecademy

Website berikutnya yang masuk rekomendasi untuk belajar bahasa PHP adalah Codecademy. Materi yang diberikan lewat situs ini terbilang cukup lengkap, mulai dari tahapan tutorial, penjelasan, code editor, hingga fitur untuk menampilkan hasil codingan tanpa perlu upload ke server atau menambahkan kode di localhost.

3.Udemy

Siapa yang tidak tahu dengan Udemy? Platform belajar online yang satu ini sudah sangat populer bagi orang-orang yang ingin meningkatkan skill dan keahlian di bidang apapun, termasuk bahasa pemrograman.

Ketika artikel ini ditulis, ada sekitar 681 hasil untuk penelusuran kelas belajar PHP. Sangat banyak bukan? Jika tertarik, Anda bisa mulai membuat akun dan memilih kelas yang sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, kelas di Udemy tidak sepenuhnya gratis, jadi Anda harus menyiapkan budget untuk biaya pembelian.

4.CodePolitan

Sebagai salah satu situs lokal, CodePolitan mampu menawarkan pembelajaran bahasa pemrograman PHP dasar melalui metode interactive coding. Anda bisa mempelajari bahasa PHP mulai dari konsep dasar, sintaks hingga algoritma dasar dengan urutan belajar yang terstruktur secara sistematis.

Untuk mengetahui hasil codingan, Anda juga bisa langsung mencoba kode program melalui halaman tutorial interaktif sehingga tidak perlu instal program di komputer lokal.

5.Learn-php.org

Learn PHP memberikan benefit dari kemajuan zaman untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan hanya bermodal laptop, smartphone, atau PC yang terhubung ke Internet, Anda sudah bisa belajar bahasa pemrograman PHP secara interaktif melalui situs ini.

Tak perlu khawatir soal biaya, pasalnya Learn PHP memberikan paket belajar secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan sepeserpun. Fasilitas yang sangat jarang didapatkan akhir-akhir ini.

6.Duniailkom

Situs ini sebenarnya tidak secara khusus menyediakan modul pembelajaran seputar bahasa PHP. Namun, Anda bisa menggunakan tutorial seputar PHP, HTML, CSS, JavaScript, hingga MySQL di website ini secara gratis.

Website ini sangat cocok untuk pengguna pemula yang ingin belajar PHP menggunakan artikel Bahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu capek menerjemahkan maksud pembelajaran agar lebih mudah dipahami.

7.SoloLearn

Melalui website SoloLearn, Anda akan diajak untuk belajar PHP dengan skema yang sangat menyenangkan. Sesuai taglinenya, yakni “Learn Playing, Play Learning” Anda akan banyak mendapatkan ilmu seputar bahasa pemrograman PHP tanpa merasa tertekan seperti ketika belajar secara formal.

Adapun untuk bisa bergabung dan menikmati fitur pembelajaran, pengguna terlebih dahulu harus mendaftar menggunakan alamat surel.

8.Tizag

Situs belajar PHP yang terakhir adalah Tizag.com. Jika dilihat sekilas dari tampilan halaman depan, website ini tampak sangat sederhana dengan latar belakang warna dominan biru serta minim gambar. Meski begitu, Tizag memberikan tutorial bahasa PHP yang lumayan berguna bagi para pemula.

Baca juga: Panduan Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Bagian yang sempat kami coba adalah tutorial cara menampilkan data menggunakan variabel, cara menggunakan POST dan GET, serta bagaimana cara menggunakan statement loop dan if/else.

Penutup

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu skill yang saat ini banyak dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan beberapa website di atas untuk belajar PHP lebih dalam, mulai dari dasar hingga mahir, sehingga nantinya bisa digunakan untuk menunjang karir dan pekerjaan.

Terlepas dari itu, jangan ragu untuk mengirim komentar di bawah jika sahabat Qwords memiliki sumber lain untuk belajar. Manfaatkan juga potongan voucher diskon HOST2020 untuk mendapatkan promo Hosting Indonesia Up To 20% dari total pembelian di website Qwords.com.

Semoga bermanfaat.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *