Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Backup Data Website: Tutorial & Manfaatnya

2 min read

Tutorial Cara Backup Data Website

Mengetahui cara backup data website adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh para webmaster. Tujuannya agar data tetap aman jika suatu saat terjadi kesalahan pada website.

Tentunya sahabat Qwords tidak ingin kehilangan data website secara permanen karena ada kerusakan pada perangkat penyimpanan bukan? 

Nah untuk menghindari hilangnya data, Anda perlu melakukan backup secara berkala, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Yuk langsung saja kita lihat tutorial cara backup data website di bawah ini!

Pentingnya Backup Data Pada Website

Data adalah nyawa pada website. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi pada website, mengetahui cara backup memang sangat penting.

Namun sebelum belajar cara backup, Anda perlu tahu pentingnya melakukan backup dan penyebab hilangnya data pada website:

Human Error

Terkadang kurangnya fokus saat menghapus data pada website membuat data penting lainnya ikut terhapus secara permanen tanpa disengaja. 

Mungkin Anda tidak sengaja menghapus dan merusak data saat melakukan perbaikan pada website. Inilah mengapa proses backup sangat  penting dilakukan sebagai tindakan preventif.

Website Down

Hilangnya beberapa data adalah kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi pada saat website mengalami server downtime.

Oleh karena itu pastikan hosting Anda mempunyai server uptime guarantee yang tinggi. Seperti Qwords yang menyediakan layanan web host dengan 99% uptime.

Baca juga: Penyebab Server Down dan Cara Mengechecknya

Cyber Threat

Tidak peduli seberapa besar ukuran website Anda, cyber crime adalah salah satu masalah paling umum yang mungkin menyerang website-website di internet saat ini.

Cyber threat juga mempunyai banyak kategori dan tipe. Mulai dari phising, brute force attack, sampai penyebaran malware, ransomware dan juga hacking.

Sangat tidak mungkin untuk menerapkan langkah keamanan untuk mencegah semua serangan yang mungkin akan terjadi pada website Anda.

Nah backup membantu Anda mengurangi resiko kehilangan data website secara permanen jika ada serangan cyber threat pada situs Anda!

Baca juga: Mengenal Cyber Crime & Jenis Kejahatan Dunia Maya

File Corrupt

Terkadang saat melakukan perubahaan pada website, Anda mungkin akan melakukan kesalahan yang menyebabkan situs Anda down dan corrupt.

Jika ini terjadi, Anda mungkin tidak akan bisa mengakses website tersebut. Nah dengan backup data, website bisa melakukan restore dan data bisa dipulihkan dengan mudah.

Cara Backup Data di Qwords

Sebagai perusahaan penyedia layanan domain dan hosting terpercaya, Qwords menyediakan 3 layanan backup data website yaitu:

Instant Backup

Layanan yang ada pada semua layanan hosting Qwords, dimana proses backup terjadi secara otomatis dan berkala (harian, mingguan, dan bulanan).

Backup harian ditawarkan pada hampir semua paket hosting Qwords. Pelanggan hanya perlu membayar sedikit biaya tambahan, tergantung pada paket yang digunakan.

Secara otomatis, file backup harian terbaru akan menggantikan file backup sebelumnya. File backup sebelumnya pun tidak dapat dikembalikan.

FTP Backup

Selain instant backup tadi, Qwords juga menyediakan layanan tambahan eksternal FTP backup lho sahabat Qwords!

Layanan ini akan terkonfigurasi secara langsung dan pelanggan bisa menentukan jadwal backup dengan opsi harian, mingguan dan bulanan. 

Terdapat 2 macam layanan eksternal FTP Backup yang tersedia di Qwords, yaitu:

  • Shared FTP Backup — layanan backup data yang menyimpan data pada server terpisah melalui sistem RAID mirroring agar data lebih aman dan terjaga.
  • Dedicated FTP Backup — proses backup data yang menggunakan server khusus (dedicated) yang terpisah untuk menyimpan data-data website.

Offline Backup

Selain kedua jenis data backup tersebut, Qwords juga menyediakan offline backup server yang menggunakan CD, DVD, maupun USB sebagai media backup.

Anda dapat memesan layanan ini dengan periode bulanan. Biaya total layanan ini sudah termasuk biaya pengiriman CD / DVD ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian FTP dan Fungsinya

Cara Backup Data Melalui cPanel

Manual backup atau backup secara mandiri dan berkala juga penting Anda lakukan meskipun layanan Hosting Anda telah dilengkapi fitur Auto Backup. 

Alasannya, untuk meningkatkan keamanan data dengan lebih optimal karena melibatkan Anda sebagai pemilik data. 

Manual backup wajib dilakukan agar mudah melakukan restore data dan data di website tetap aman disimpan pada PC atau laptop yang digunakan jika suatu saat dibutuhkan.

Backup Data Website Melalui cPanel

Untungnya, melakukan backup pada website bukan hal yang terlalu rumit. Apalagi sekarang ada kontrol panel bawaan server dan web host yang memudahkan hal ini.

Nah pada artikel ini kami akan membahas beberapa cara mudah melakukan backup data website melalui salah satu kontrol panel populer saat ini, cPanel.

Pada cPanel, ada 3 pilihan backup data website yang bisa Anda pilih: automatic full account backup, automatic home directory backup, dan manual website backup.

Cara melakukannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke cPanel, buka menu Backup, dan pilih jenis backup yang Anda inginkan.

Selanjutnya, proses backup akan terjadi secara otomatis dan Anda hanya perlu menunggu hasilnya. Sangat mudah bukan sahabat Qwords?

Penutup

Nah itu tadi panduan lengkap cara backup website sahabat Qwords! Sangat mudah bukan? Pastinya sekarang Anda akan mulai rutin melakukan backup data website. 

Untuk mengurangi resiko kehilangan data karena server yang down maupun file website yang corrupt, Anda bisa gunakan layanan hosting terbaik dari Qwords.

Tidak hanya server uptime yang tinggi, Qwords juga menyediakan 24 jam customer service dan unmetered bandwidth untuk setiap paket hostingnya loh! Sangat menarik bukan?

Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

2 Replies to “Backup Data Website: Tutorial & Manfaatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *