Komputer adalah perangkat yang dipakai untuk pengolah data sesuai dengan perintah-perintah yang diberikan. Kata komputer sebenarnya berasal dari orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika. Tetapi sekarang ini komputer modern bisa dipakai untuk berbagai keperluan, tidak hanya melakukan perhitungan saja, melainkan melakukan berbagai tugas yang berat termasuk bisa juga digunakan untuk games.

Tetapi apakah anda sudah tau bagaimana arsitektur komputer itu yang sebenarnya? Kok bisa menjadi alat yang secanggih ini? Nah untuk lebih jelasnya kita akan bahas pengertian sejarah komputer, jenis, klasifikasi dan faktor yang mempengaruhi arsitektur komputer itu pada pembahasan berikut.

Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer

Pengertian arsitektur komputer adalah suatu konsep tentang perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu komputer. Pengertian lain dari arsitektur komputer adalah suatu seni dan ilmu tentang bagaimana merancang antara berbagai jenis komponen hardware komputer supaya menghasilkan suatu komputer yang serbaguna untuk berbagai keperluan.

Saat ini, kebanyakan komputer yang beredar menggunakan arsitektur yang dibuat oleh John Von Neumann pada tahun 1903-1957. Dalam teknik komputer, pengertian arsitektur komputer memilik arti suatu ilmu yang tujuannya untuk merancang sistem komputer. Arsitektur komputer sekarang ini dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu:

  • Arithmetic Logic Unit (ALU)
  • Control Unit
  • Memory
  • Input and Output

Jenis Arsitektur Komputer

Jenis Arsitektur Komputer
Jenis Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer tidak hanya ada satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis arsitektur komputer yang ada di dunia ini. Berikut jenis arsitektur komputer:

1. Komputer MISD

MISD adalah kepanjangan dari Multiple Instruction Single Data merupakan jenis arsitektur komputer dimana memiliki fungsi dalam melakukan eksekusi data yang bisa diproses oleh processor yang berbeda-beda. Jika dilihat secara struktur, komputer MISD tidak ada beda jauh dengan komputer SISD, hanya saja perbedaanya dari processor yang digunakan lebih dari satu unit.

2. Komputer MIMD

Jenis arsitektur komputer yang kedua adalah MIMD, MIMD adalah kepanjangan dari Multiple Instruction Multiple Data. Komputer MIMD adalah komputer yang memiliki beberapa processor yang diatur secara parallel dengan menggunakan unit pengontrol. Selain itu dalam menjalankan perintah bisa dijalankan meskipun berbeda-beda perintahnya. Komputer MIMD ini termasuk komputer yang bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja processor yang tinggi.

3. Komputer SISD

Komputer SISD (Single Instruction Single Data) adalah jenis arsitektur komputer buatan dari Von Neumann dengan ciri khas processor yang digunakan hanya satu buah saja. Komputer ini bekerja dengan skema aritmatika dan logika, dimana semua dilakukan dengan satu perhitungan saja. Sebab saat terjadi instruksi, sistem yang ada di komputer akan membaca sekali saja kemudian melakukan apa instruksi tersebut. Contohnya bisa ditemui pada komputer mini dan PC.

4. Komputer SIMD

Jenis komputer yang terakhir adalah SIMD atau Single Intruction Multiple Data yaitu jenis komputer yang dibuat secara parallel. Jadi komputer ini bisa mengendalikan banyak processor dari satu sistem kendali saja. Contohnya adalah ILC, Star-100, DRAY-1.

Klasifikasi Arsitektur Komputer

Pada komputer, arsitekturnya dibagi lagi klasifikasinya, disini kami akan membahas klasifikasi arsitektur komputer menurut Von Neumann dan Flyyn. Apa saja klasifikasinya?

  • Klasifikasi Komputer Menurut Von Neumann

  1. Memiliki hardware dasar yaitu CPU, Memori dan Input Output sistem.
  2. Komputer merupakan stored program.
  3. Bisa menjalankan instruksi secara berurutan.
  4. Memiliki jalur (bus) yang letaknya diantara memory dan CPU.
  • Klasifikasi Komputer Menurut Flyyn

  1. Jumlah prosesor yang digunakan.
  2. Struktur memory.
  3. Jumlah program yang bisa dijalankan.

Baca juga : Memilih Komputer Server Terbaik

Faktor Yang Memengaruhi Arsitektur Komputer

Faktor Arsitektur Komputer
Faktor Arsitektur Komputer

Dalam membuat arsitektur komputer yang handal, terdapat beberapa faktor yang berpengaruh besar terhadap arsitektur komputer. Apa saja itu? Berikut pembahasannya.

1. Manfaat dari arsitektur komputer

Ada 4 manfaat besar dari arsitektur komputer yaitu applicability, malleability, expandability dan compatible.

2. Kinerja sistem

Untuk mengukur seberapa bagus kinerja sistem, ada beberapa program yang dijadikan standart dalam pengukuran kinerja komputer, seperti berikut ini:

  • MIPS (Million Instruction Per Second)
  • MFLOP (Million Floating Point Per Second)
  • VUP (VAZ Unit of Performance)

Ukuran kinerja untuk Input Output sistem:

  • Sistem Operasi Bandwidth
  • Operasi Input Output perdetik

Ukuran kinerja untuk memory komputer:

  • Memory bandwidth
  • Waktu akses memory
  • Ukuran besar memory

3. Biaya sistem

Faktor yang ketiga adalah mengenai biaya sistem yang bisa diukur dengan beberapa cara berikut:

  • Reabilitas komputer
  • Kemudahan dalam perbaikan
  • Komsumsi daya listrik
  • Berat hardware
  • Kekebalan
  • Interface sistem software

Nah demikian pembahasan lengkap mengenai arsitektur komputer. Dari pembahasan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa keberadaan arsitektur komputer adalah suatu hal yang sangat penting untuk perkembangan dunia komputer hingga saat ini.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords tidak hanya menyajikan informasi-informasi dalam bidang IT saja, melainkan Qwords memiliki layanan penjualan domain, hosting, server dan keperluan website lainnya. Tunggu apalagi miliki hosting murah untuk keperluan website bisnismu sekarang juga.

Terima kasih

6 Replies to “Pembahasan Lengkap Tentang Arsitektur Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *