10 Aplikasi Pembayaran Online, Mudah dan Terpercaya!

7 min read

Aplikasi Pembayaran Online, Mudah dan Terpercaya!

Para era digitalisasi ini banyak teknologi yang berkembang untuk mempermudah kehidupan. Salah satu teknologi tersebut bisa di aplikasi menjadi aplikasi pembayaran online.

Apa sih fungsi aplikasi ini? Ya seperti namanya yaitu digunakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem jaringan online.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa uang cash kemanapun. Selain itu Anda pun bisa melakukan berbagai transaksi dengan cepat dan mudah!

Pembayaran Online atau Digital Payment

Pembayaran Online atau Digital Paymen
Pembayaran Online atau Digital Paymen

Di era digitalisasi ini, bukankah Anda mengenal yang namanya digital payment atau pembayaran digital bukan? Digital payment atau yang sering disebut sebagai pembayaran digital merupakan salah satu teknik pembayaran yang menggunakan media elektronik.

Berbagai media tersebut bisa diakses dengan smartphone. Semakin lama semakin banyak orang yang tertarik menggunakan metode pembayaran online ini.

Karena Anda tidak perlu keluar rumah. Cukup tap tap di smartphone dan semua tagihan bisa terbayarkan tanpa harus menggunakan uang cash. Sangat mempermudah proses jual beli bukan?

Baca Juga: Macam-macam Alat Pembayaran Online

Tipe Digital Payment

Tipe Digital Payment
Tipe Digital Payment

Untuk melakukan pembayaran online atau digital ini, ada beberapa tipe pembayarannya. Berikut adalah tipe pembayaran online yang bisa dicoba:

1. M-Banking

Mobile Banking atau yang sering disebut sebagai M-Banking merupakan layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk melakukan berbagai proses perbankan dengan smartphone.

Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dengan M-Banking seperti layanan informasi misalnya cek saldo, suku bunga, mutasi rekening, transfer, cek lokasi ATM atau cabang terdekat, pembelian pulsa, pembayaran berbagai tagihan dan lainnya.

2. Internet Banking

Hampir sama seperti m-banking. I-Banking atau internet banking merupakan layanan perbankan yang diberikan bank kepada nasabah dengan jaringan internet. Anda bisa mendapatkan berbagai akses perbankan misalnya cek saldo, transfer dan lainnya melalui situs resmi miliki bank.

Untuk mengakses situs tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai perangkat misalnya laptop, PC, tablet, smartphone dan lainnya. Asalkan Anda memiliki jaringan internet, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan perbankan.

3. SMS Banking

Sama seperti dua layanan sebelumnya, SMS Banking juga merupakan layanan perbankan dari bank untuk nasabah. Namun yang membedakannya adalah, proses perbankannya dilakukan dengan menggunakan jaringan SMS.

Untuk kegiatan perbankan yang bisa diakses sama dengan dua layanan sebelumnya. Anda pun tidak perlu menggunakan smartphone karena ponsel biasa pun bisa digunakan untuk melakukan SMS Banking. Asal ada pulsa, pasti bisa melakukan proses perbankan yang diinginkan.

4. E-Money

E-money, elektronik money atau uang elektronik (uang digital) merupakan alat pembayaran yang memakai media elektronik seperti jaringan internet atau komputer untuk melaksanakan transaksinya.

Metode pembayaran ini dinilai sangat efektif dan aman karena menggunakan kode kriptografi. Sehingga hacker sulit untuk meretasnya.

Keuntungan Digital Payment

Keuntungan Pembayaran Online
Keuntungan Pembayaran Online

Pembayaran online kini semakin diminati oleh banyak orang karena memang memiliki berbagai keuntungan yang bisa mempermudah kehidupan. Berikut keuntungan menggunakan metode pembayaran online:

1. Aman

Keuntungan digital payment yang pertama adalah aman. Jika Anda melakukan proses transaksi sesuai prosedur maka metode ini dinilai lebih aman dibandingkan transaksi dengan uang tunai.

Apalagi jika jumlah transaksinya besar, lebih baik menggunakan pembayaran online. Selain itu, Anda juga bisa menghindari kejahatan dari uang palsu.

2. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Sistem pembayaran online atau digital ini cocok digunakan bagi orang-orang sibuk. Karena dengan metode ini, tidak mengenal waktu serta tempat.

Anda bisa melakukan transaksi kapan saja asalkan terhubung dengan internet. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke tempat pembayaran tertentu.

3. Cepat, Mudah, Hemat Tenaga

Era digitalisasi memang memberikan kemudahan dan kecepatan. Dengan metode ini, Anda bisa melakukan transaksi dengan cepat tanpa membuang-uang waktu. Karena Anda tidak perlu ikut antri ke tempat pembayaran yang Anda inginkan.

Selain itu tentunya Anda juga akan menghemat tenaga, apalagi jika Anda terjebak antrean panjang yang tentunya menguras tenaga.

Daftar Aplikasi Pembayaran Online

Daftar Aplikasi Pembayaran Online
Daftar Aplikasi Pembayaran Online

Apakah Anda bingung dengan aplikasi pembayaran online yang harus Anda gunakan? Berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi pembayaran digital yang mudah:

1. OVO

Aplikasi pembayaran online yang pertama adalah OVO. OVO juga merupakan pembayaran digital yang paling banyak digunakan. Ada berbagai transaksi yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini. Seperti pembayaran token listrik, internet, pulsa dan lainnya.

Ditambah dengan banyaknya fitur yang menarik, seperti poin berlipat. Poin ini merupakan loyalty reward yang diberikan kepada pengguna. Pengguna akan mendapatkan poin setiap transaksi yang dilakukan.

Selain itu OVO juga menyediakan berbagai promo yang ditawarkan dengan banyak merchant OVO. OVO telah bekerja sama dengan banyak merchant yang tersebar di Indonesia.

Keuntungan:

  • OVO memberikan kemudahan dalam berbagai proses transaksi serta pembayaran.
  • Terdapat lebih dari merchant atau outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Mendapatkan 1 poin OVO dengan minimal transaksi sebesar Rp 10.000,00.
  • Pengguna dibagi menjadi dua level yaitu OVO Club (limit 2 juta) dan OVO Premier (limit 10 juta).
  • Mendapatkan cashback ketika melakukan transaksi di merchant tertentu.
  • Top up ke konsumen maupun driver Go Pay.

2. Dana

DANA

Dompet digital kini juga semakin marak. Ya, salah satunya adalah DANA yang akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi. Anda bisa membayar makanan, scan barcode, pembayaran e-commerce dan transaksi lainnya.

Sebelum melakukan transaksi dengan DANA, maka Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengakses DANA.

Ada berbagai fitur DANA yang bisa Anda gunakan seperti Send Dana, request DANA, Nearby Me untuk mencari merchant atau outlet terdekat yang bekerja sama dengan DANA.

Keuntungan:

  • Mendapatkan diskon maupun cashback setiap melakukan transaksi dengan merchant yang bekerjasama.
  • Bisa membayar berbagai tagihan misalnya bayar token PLN, air, internet, BPJS, telepon, TV kabel bahkan cicilan dan lain sebagainya.
  • Saldo DANA bisa dimanfaatkan untuk membayar di Bukalapak serta TIX ID.
  • Bekerjasama dengan banyak merchant di Indonesia.
  • Minimal Top up saldo bisa Rp 10.000.
  • Top up bisa dilakukan dengan berbagai metode misalnya transfer bank, melalui agen seperti Lawson, Alfamidi, Alfamart, Pegadaian, Kantor Pos dan lainnya.

3. Go-Pay

Aplikasi pembayaran online berikutnya adalah Go Pay. Yang mana merupakan layanan fintech miliki Go Jek. Ternyata Go Pay tidak hanya digunakan untuk membayar transaksi di Go-Jek aja lho.

Aplikasi ini ternyata bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan misalnya belanja online, isi ulang pulsa, bayar tagihan dan lainnya. Untuk pengisian saldo Go-Pay pun sangat mudah dilakukan.

Anda bisa top up dengan transfer ATM, minimarket maupun dari driver Go-jek.

Keuntungan:

  • Bisa tarik tunai Go-Pay melalui berbagai rekening bank.
  • Memiliki PIN untuk keamanan.
  • Tersedia berbagai promo serta poin Go Pay.
  • Bisa transfer saldo Go-Pay ke sesama pengguna.
  • Top Up via driver bisa dilakukan tanpa ada biaya tambahan.
  • Bisa digunakan untuk membayar tagihan ke berbagai toko online.

4. Pay Tren

PayTren

PayTren merupakan sebuah aplikasi yang dimiliki oleh PT Veritra Sentosa Internasional milik Ustad Yusuf Mansur yang berbasis Android dan iOs. Aplikasi ini pun digunakan untuk mempermudah proses transaksi atau pembayaran dengan jaringan online.

Selain difungsikan untuk media pembayaran online, PayTren juga bisa memberikan keuntungan lebih lho jika Anda bergabung sebagai agennya. Anda bisa mendapatkan komisi dengan cara ikut memasarkan lisensi aplikasi ini.

Keuntungan:

  • Saldo atau uang yang disimpan tidak memiliki kadaluarsa.
  • Pemberian komisi kepada agen yang ikut memasarkan lisensi PayTren. Seperti komisi penjualan langsung, pengembangan komunitas dan lainnya.
  • Bisa isi saldo dari member PayTren lainnya.
  • Mendapatkan cashback setelah melakukan transaksi tertentu.
  • Bisa digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan misalnya tagihan, isi pulsa dan lainnya.
  • Anda memberikan sedekah setiap kali melakukan transaksi.

5. Sakuku

Sakuku adalah sebuah layanan milik Bank BCA yang mana berupa e-wallet atau dompet digital. Dompet digital ini pun bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi melalui smartphone.

Anda bisa melakukan berbagai pembayaran seperti bayar belanjaan, isi saldo, tarik tunai maupun kegiatan perbankan lainnya. Aplikasi ini bisa Anda temukan di Google Play Store maupun App Store.

Keuntungan:

  • Tersedia dua jenis layanan Sakuku yaitu Sakuku dengan saldo maksimal 2 juta dan Sakuku Plus dengan saldo maksimal 10 juta.
  • Anda bisa melakukan tarik tunai pada ATM yang memiliki logo Sakuku.
  • Mendapatkan promo serta cashback.
  • Pendaftaran akun Sakuku sangat cepat, mudah dan tentunya gratis.
  • Menu split bill untuk membagi tagihan dengan pengguna lain.
  • Tampilan serta tata letak menu bisa diatur sesuka hati.

6. True Money

True Money

True Money adalah aplikasi pembayaran online android. Yang mana merupakan salah satu layanan keuangan yang inovatif dimana target pasar utamanya adalah orang-orang yang tidak memiliki nomor rekening. Dengan memberikan berbagai kemudahan untuk proses transaksi jaringan online. Proses transaksi ini pun bisa dilakukan dengan aplikasi berbasis Android, website maupun dari mesin edisi khusus True Money.

Keuntungan:

  • Memperoleh berbagai komisi dari setiap transaksi yang dilakukan.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi pada proses transaksi.
  • Memiliki layanan customer service.
  • Saldo endapan jumlahnya tidak terbatas.
  • Bukti transaksi bisa dicetak ulang melalui berbagai metode.
  • Diberikan materi promosi untuk pengembangan TrueMoney.
  • Transfer atau kirim uang kemana saja tanpa menggunakan rekening bank.
  • Bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan.
  • Menyediakan berbagai voucher elektronik untuk isi ulang pulsa serta paket data.
  • Menggunakan OTP yang dikirimkan ke email atau SMS untuk satu kali transaksi.

Baca Juga: Cara Kerja Virtual Account

7. Link Aja

LinkAja merupakan salah satu layanan keuangan elektronik terbesar di Indonesia yang menggunakan sistem aplikasi. Yang mana aplikasi tersebut sebagai media transaksi keuangan yang Anda lakukan.

Prosesnya sangat mudah dan cepat. Setelah melakukan pengunduhan di Play Store, Anda bisa langsung menginstal serta melakukan registrasi. Dengan akun ini Anda bisa melakukan berbagai pembelian serta transaksi lainya dengan mudah.

Keuntungan:

  • Pengisian saldo bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja misalnya transfer bank, transfer antar rekening, m-banking, GraPari, Circle K, Alfamart, Alfamidi dan metode lainnya.
  • Pembayaran berbagai ecommerce dengan LinkAja dengan memasukkan nomor HP serta PIN LinkAja.
  • Proses pendaftaran akun LinkAja begitu mudah.
  • Bisa digunakan untuk membayar pajak.
  • Digunakan untuk membayar berbagai tagihan dan transaksi.
  • Telah bekerjasama dengan banyak merchant.
  • Banyak hadiah promo serta diskon yang menarik.

8. T-Cash

T-Cash

T-Cash merupakan layanan uang digital besutan Telkomsel yang menggunakan teknologi NFC atau Near Field Communication. Pelanggan Telkomsel pun bisa mendaftarkan akun dengan mudah.

Setelah mendaftarkan akun, maka Anda bisa mulai melakukan pengisian saldo dengan berbagai metode. Bisa dari ATM Bersama, GraPari, Indomaret dan lainnya.

Selain itu Anda pun bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan cepat untuk berbagai keperluan.

Keuntungan:

  • Digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran dan transaksi seperti isi pulsa, kuota, token listrik, BPJS, voucher game dan lainnya. 
  • Berbagi saldo dengan pengguna LinkAja lainnya.
  • Membayar belanjaan pada merchant tertentu.
  • Mengecek berbagai promo yang sedang berlangsung.
  • Memiliki jumlah merchant terbesar di Indonesia.
  • Proses transaksi cepat dengan metode snap serta tap.

9. Tokopedia

Siapa tidak kenal dengan platform belanja online terbesar di Indonesia? Ya, Tokopedia merupakan tempat dimana Anda bisa belanja online. Namun tahukah Anda bahwa Tokopedia memberikan layanan pembayaran online terbesar di Indonesia?

Anda tidak hanya bisa berbelanja online namun juga melakukan berbagai pembayaran tagihan secara online lainnya. Bahkan Tokopedia juga merupakan salah satu aplikasi pembayaran spp online lho. Anda bisa bayar biaya pendidikan untuk segala jenjang.

Keuntungan:

  • Transfer saldo ke berbagai rekening bank.
  • Melakukan berbagai pembelian misalnya pulsa, kuota.
  • Pembayaran tagihan token listrik, air, cicilan kredit, BPJS dan lainnya.
  • Metode top up beragam seperti minimarket/ retail, e-banking, m-banking dan lainnya.

10. Doku

DOKU

Doku Wallet atau yang lebih dikenal sebagai Doku merupakan sebuah layanan keuangan dengan konsep digital. Yang bisa digunakan untuk penyimpanan uang elektronik.

Nantinya uang tersebut bisa digunakan sebagai metode pembayaran untuk berbagai situs belanja online. Baik online shop nasional maupun internasional.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Doku sebagai media pembayaran berbagai tagihan seperti token PLN, air, listrik, transfer antar DOKU serta rekening dan lainnya.

Keuntungan:

  • Digunakan untuk pembelian online untuk menggantikan metode pembayaran via kartu kredit maupun paypal.
  • Pembelian pulsa, kuota internet, tiket pesawat, cicilan, TV kabel, token listrik, air dan lainnya.
  • Proses pendaftaran akun Doku tanpa tambahan biaya administrasi.
  • Top up dilakukan dengan berbagai cara dari transfer bank, deposit Alfamart, merchant dan lainnya.
  • User Interface sangat mudah digunakan.
  • Tersedia dalam dua jenis yaitu website serta aplikasi.
  • Verifikasi transaksi dengan nomor KTP atau identitas lainnya sehingga lebih aman.

Itulah beberapa penyedia aplikasi pembayaran online yang paling populer yang bisa dicoba. Bukankah hidup lebih mudah jika menggunakan teknologi?

Jadi pilihan Anda jatuh pada aplikasi yang mana? Apa yang ingin Anda lakukan dengan metode pembayaran digital atau online tersebut?

Jika Anda ingin menggunakannya untuk kelancaran bisnis, maka Anda harus membuat toko online terlebih dahulu.

Anda bisa membuat website hanya di bikin website. Tersedia berbagai paket website mulai dari Rp 4,5 juta sampai Rp 15 juta, tergantung kebutuhan serta permintaan. Yuk di cek!

4 Replies to “10 Aplikasi Pembayaran Online, Mudah dan…”

  1. Cuma mau mengkoreksi, T-Cash = LinkAja, awal perubahan nama dari T-Cash menjadi LinkAja pada tanggal 21 Januari 2019.

    Jadi di atas itu hanya ada 9 poin saja, karena T-Cash dan LinkAja masih aplikasi yang sama hanya mengganti nama dan developer nya saja.

    1. apa ada aplikasi yg bisa terhubung berbagai aplikasi pembayaran? misal terhubung atu bisa melakukan pembayaran shope, tokopedia, bukalapak, dana, ovo.
      terimakasih

      1. Banyak pilihan kak payment gateway yang sudah mendukung berbagai pilihan pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *