Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Terbaik

3 min read

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online

Semenjak anjuran di rumah saja (Work From Home) dari pemerintah karena pandemic covid-19, kebutuhan akan aplikasi untuk melakukan video conference semakin meningkat. Masyarakat berbondong-bondong menginstall aplikasi meeting online pada perangkat masing-masing.

Berkat teknologi ini, para pekerja juga pelajar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan berinteraksi dengan rekan kerjanya walaupun harus terpisah jarak. Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk meeting online yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi Meeting Online

Di tengan kondisi pandemic saat ini, meeting melalui aplikasi video conference memang terbilang sangat efektif untuk menghambat penyebaran covid-19. Akan tetapi, Badan dan Sandi Negara atau BSSN menghimbau masyarakat untuk berhati-hati saat memilih aplikasi untuk meeting online.

Hal tersebut tentu saja memiliki alasan yaitu menghindari serangan hacker yang bisa merugikan pengguna aplikasi video conference. Untuk keamanan dan kenyamanan Bersama, BSSN sampai mengeluarkan panduan keamanan dalam penggunaan video conference.

Salah satu panduan yang dibuat adalah menghimbau masyarakat untuk menggunakan aplikasi conference yang resmi dan merupakan versi terbaru. Aplikasi juga harus dilengkapi dengan fitur enkripsi dan link communication yang dapat diaktifkan saat meeting berlangsung.

Berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi meeting online terbaik, antara lain:

1. Zoom Cloud Meetings

Zoom Meeting
Zoom Meeting

Aplikasi meeting online yang paling banyak digunakan saat ini adalah Zoom Cloud Meetings. Pengguna Zoom didominasi oleh para pelajar yang melakukan pembelajaran secara daring. Para karyawan yang bekerja di rumah juga sering menggunakan aplikasi ini untuk berkoordinasi.

Zoom banyak dipilih tentu saja bukan tanpa alasan, aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur video conference saja. Zoom juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan audio conference, merekam, live chat, share screen, dan webinar.

Untuk penggunaannya, Zoom terbagi menjadi beberapa versi yaitu Zoom Free, Zoom Pro, Zoom Business, dan Zoom Enterprise. Untuk Zoom Free bisa diakses oleh siapapun secara gratis, namun setiap pertemuan dibatasi hanya dalam waktu maksimal 40 menit saja.

Kemudian ada Zoom Pro yang cocok untuk tim kecil Anda dengan biaya langganan USD 14,99 per bulannya. Untuk Zoom Business harga yang ditawarkan adalah USD 14,99 per bulan, fitur yang disediakan cocok untuk branding perusahaan yang mana dilengkapi dengan transkrip meeting.

Terakhir adalah Zoom Enterprise yang dihargai sebesar USD 19,99 per bulan. Untuk mengikuti sebuah conference di Zoom, peserta tidak diwajibkan untuk melakukan login dengan akun email masing-masing. Namun jika ingin membuat sebuah conference Anda harus login dengan email.

Baca juga : Perbedaan Zoom Gratis dan Berbayar, Pilih Mana?

2. Google Meet

Google Meet
Google Meet

Tak ingin kalah dari para pesaingnya, Google juga mengeluarkan aplikasi untuk video conference yang bernama Google Meet. Aplikasi ini dapat dibilang bersaing sengit dengan Zoom karena jumlah penggunanya yang hampir sama.

Google Meet terintegrasi langsung secara penuh dengan G Suite yang memudahkan penggunanya untuk bergabung ke meeting online secara langsung melalui undangan yang diberikan host. Dengan G Suite tersebut, peserta juga bisa melihat jadwal rapat lain pada hari itu.

3. Microsoft Teams

Microsoft Teams
Microsoft Teams

Aplikasi meeting online terbaik selanjutnya adalah Microsoft Teams. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan video conference, mengirim pesan instan, panggilan telepon biasa, dan melakukan kolaborasi dokumen dengan rekan kerja.

Aplikasi yang sudah terkoneksi dengan layanan Microsoft Office 365 ini sering dipakai untuk meeting online, presentasi, webinar, maupun conference dengan peserta skala besar mencapai 10.000 orang.

Microsoft Teams tersedia untuk perangkat laptop atau komputer, tablet, dan smartphone. Biaya berlangganan Microsoft Teams bisa dibilang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 39.100 – Rp159.100 per bulan.

4. Skype

Skype
Skype

Selain Teams, ada juga aplikasi conference lain keluaran Microsoft yaitu Skype. Aplikasi ini sendiri sudah dirilis sejak tahun 2003 dan bisa digunakan oleh maksimal 50 orang dalam satu kali conference.

Skype bisa Anda gunakan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu maupun melakukan pendaftaran akun. Karena Skype bisa diakses melalui website secara langsung pada laman Skype.com.

Untuk memulai sebuah conference menggunakan Skype, Anda bisa langsung klik opsi “Buat rapat gratis”. Kemudian Anda bisa mengundang maksimal 50 orang sekaligus untuk bergabung ke dalam conference tersebut.

Baca juga : Cara Mudah Split Screen Pada Windows 10

5. Cisco Webex

Cisco Webex
Cisco Webex

Bagi sebagian orang, Cisco Webex mungkin masih terdengar asing. Meskipun demikian, pengguna Webex di dunia ternyata cukup banyak. Pengguna Webex didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar dunia yang masuk dalam daftar Fortune 500

Peserta online meeting yang bisa ditampung Webex adalah 100 orang paling banyak. Kapasitas tersebut memang lebih kecil dibanding aplikasi meeting online lainnya. Akan tetapi, kualitas gambar yang mampu disuguhkan Webex patut diacungi jempol.

Selain itu, suara latar yang terdengar selama meeting jauh lebih bersih dan tidak ada kebisingan sama sekali. Fitur-fitur yang disediakan Webex secara umum sama dengan Google Meet dan Teams yaitu fitur perekaman, screen sharing, papan virtual, dan Google Assistant.

Menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir mengenai batasan waktu conference. Sebab Webex dapat dipakai untuk rapat daring sepuasnya dan tidak ada batasan waktu.

6. Jitsi Meet

Jitsi Meet
Jitsi Meet

Terakhir, rekomendasi aplikasi meeting online gratis dari Jitsi Meet. Aplikasi ini sepenuhnya bersifat gratis karena bersifat open source. Untuk masalah dukungan tidak perlu khawatir karena bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, Linux dan macOS. Selain itu juga mendukung versi smartphone Android dan juga iOS.

Fitur dari Jitsi Meet juga tidak kalah dari lima aplikasi meeting online sebelumnya walaupun Jitsi bersifat gratis. Jika Anda tertarik bisa langsung membuka websitenya langsung pada URL berikut ini https://meet.jit.si.

Nah bagaimana sahabat Qwords sudah menemukan aplikasi meeting online pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan?

Bagi sahabat Qwords yang membutuhkan domain dan hosting untuk keperluan pribadi maupun bisnis, kami memiliki rekomendasinya. Anda bisa membelinya di Qwords.com yang sudah berpengalaman puluhan tahun dan puluhan ribu pelanggan sudah membuktikannya.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *