15 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

3 min read

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi edit foto PC yang bisa Anda gunakan. Aplikasinya pun beragam. Dari yang gratis hingga berbayar, dari yang ringan sampai yang berat, dan banyak sekali jenis aplikasi edit foto yang bisa digunakan di PC.

Anda tentu tahu bahwa sekarang ini foto adalah salah satu kebutuhan sekunder. Terlebih dengan menjamurnya sosial media, maka aplikasi edit foto di laptop atau di Android sangat sering digunakan oleh banyak orang. Apa saja aplikasinya?

15 Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC
Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC

1.     Photoshop

Aplikasi edit foto yang pertama adalah aplikasi yang paling populer dan bisa dibilang menjadi salah satu Dewanya aplikasi edit foto. Siapa dari Anda yang tidak mengenal aplikasi ini? Setiap orang pasti tahu, bahkan bercita-cita untuk menggunakan aplikasi ini. Karena selain harus beli untuk mendapatkan versi resminya, laptop Anda harus mumpuni.

Kalau laptopnya kentang, jangan pakai aplikasi ini karena akan membuat laptop lemot. Photoshop bukan lah salah satu aplikasi edit foto yang ringan. Ia terbilang berat dan cukup menyita memori. Anda sebenarnya bisa download photoshop gratis, tapi itu biasanya versi tidak resmi.

2.     Lightroom

Kalau mau cari yang ringan silahkan gunakan Adobe Lightroom. Aplikasi ini bisa dibilang lebih ringan daripada Photoshop. Tapi fitur yang dimiliki Lightroom juga terbatas. Hanya saja kalau Anda tidak membutuhkan fitur rumit, mending pakai Lightroom saja.

3.     Photo Pos Pro

Photo Pos Pro
Photo Pos Pro

Aplikasi edit foto PC yang satu ini adalah opsi lain selain Photoshop. Aplikasi ini bisa dipasang di PC secara gratis. Ada banyak fitur yang tersedia di aplikasi ini. Mulai dari memotong foto, membuat desain grafis, dan lain sebagainya. Banyak orang yang mengklaim Photo Pos Pro mirip Photoshop.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Pemutar Music Terbaik

4.     Artweaver

Kalau Anda juga suka membuat sketsa, maka Artweaver cocok sekali untuk Anda. Kemampuan aplikasi ini selain mengedit foto adalah membuat sketsa. Anda juga bisa menggunakan fitur yang bisa membuat foto Anda tampak seperti lukisan dengan aplikasi ini.

5.     Paintshop Pro

Paintshop Pro
Paintshop Pro

Pembuat aplikasi ini adalah Jasc Software yang dirilis sejak 2004 lalu. Aplikasi ini sekarang sudah dibeli oleh Corel. Paintshop Pro berfitur cukup lengkap. Karena itulah banyak fotografer dan editor profesional memakai aplikasi ini. Harga aplikasi ini juga cukup murah.

6.     PicturesToExe 9

PicturesToExe 9 ini gratis, tapi kalau Anda lihat fiturnya, Anda akan berpikir kalau aplikasi ini berbayar. Karena fitur dari aplikasi ini seperti aplikasi berbayar, sangat lengkap! Aplikasi ini juga sangat ringan. Ukurannya hanya 3 MB.

7.     GIMP

GIMP
GIMP

Mau cari yang gratis tapi setara dengan Photoshop? Mending Anda gunakan GIMP. GIMP adalah aplikasi edit foto PC yang disebut-sebut setara dengan Photoshop tapi gratis. Fitur dari GIMP sangat lengkap, selengkap Photoshop. Anda bisa menggunakan GIMP di Mac atau Windows dan Linux.

8.     Firealpaca

Aplikasi ini mirip dengan Paint di Windows. Tidak sangat populer tapi memiliki penggemarnya sendiri. Aplikasi ini cocok sekali untuk para pemula. Tapi sayang, fitur yang dimiliki oleh Firealpaca ini tidak selengkap aplikasi edit foto kebanyakan.

9.     Gimpshop

GIMP yang sudah disebutkan di atas adalah aplikasi open source. Karena itu ada banyak sekali versi lain yang dibuat oleh pihak lain. Salah satunya adalah Gimpshop. Aplikasi ini punya dasar GIMP tapi tampilannya mirip dengan Photoshop versi jadul. Fiturnya cukup lengkap, tapi aplikasi ini lebih baik dipakai di Linux saja.

10.  PhotoScape

PhotoScape
PhotoScape

Software untuk mengedit foto yang berikutnya adalah PhotoScape. Software ini pas digunakan para pemula karena sangat mudah pemakaiannya. Selain bisa mengedit foto, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat GIF, screenshot layar, hingga kolase dan lain sebagainya.

11.  CyberLink PhotoDirector

Untuk yang sedang mencari tone warna yang unik di fotonya, Anda bisa memakai CyberLink PhotoDirector. Ada exposure, contrast, tone, dan beberapa fitur lain yang bisa Anda pakai untuk memperindah foto.

12.  Illustrator

Ini adalah aplikasi vektor, satu perusahaan dengan Photoshop dan Lightroom. Illustrator selain bisa dipakai untuk membuat vektor atau gambar desain tertentu, juga bisa dipakai untuk mengedit foto. Anda juga bisa membuat logo, banner, dan hal lain di Illustrator.

13.  Krita

Krita
Krita

Asing dengan nama ini? Aplikasi edit foto PC yang gratis ini bisa Anda jalankan di Linux, Windows, dan Mac. Krita dikatakan cocok dengan para desainer grafis terutama yang bergerak di vector. Krita juga menjadi salah satu opsi selain CorelDraw dan Illustrator.

14.  ACDSee Ultimate

Anak 90an pasti pernah mendengar software ini. Dulu di era 90an software ini sempat booming dan bahkan mengalahkan Photoshop. Tapi sekarang sebaliknya, meskipun sudah ada di versi Ultimate, ACDSee tetap tidak lebih baik dari photoshop. Fiturnya memang lengkap, tapi berbayar.

15.  CorelDraw Graphics Suite

Siapa yang nggak kenal software ini? Anda mungkin hanya tahu kalau CorelDraw cuma bisa dipakai untuk membuat desain gambar saja? Anda salah! CorelDraw juga bisa dipakai untuk edit foto. Fiturnya ada banyak sekali. Tapi memang, untuk menggunakan CorelDraw Anda harus belajar dulu, karena cukup kompleks.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi edit foto di PC dan laptop dari Kami. Jika ada rekomendasi aplikasi lain yang belum disebutkan diatas Anda bisa menambahkannya lewat kolom komentar dibawah.

Perlu sahabat Qwords diketahui bahwa Qwords.com selain membahas mengenai berbagai hal tentang teknologi, ternyata memiliki layanan penjualan nama domain dan hosting untuk keperluan website. Selain itu ada juga layanan VPS, Server, email marketing MailToGo dan juga Diego VPN. Jika Anda tertarik jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui customer service Kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *