Aplikasi Berbasis Web: Pengertian, Jenis, & Keunggulannya 

3 min read

Pengertian, Jenis, & Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

Apakah sahabat Qwords pernah mendengar istilah aplikasi berbasis web sebelumnya? Istilah ini memang tidak asing untuk para pengguna aktif internet.

Singkatnya, aplikasi berbasis web adalah program aplikasi yang disimpan sebuah pada remote server dan bisa diakses oleh klien melalui web browser interface.

Software ini biasanya dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman  seperti HTML, javascript, css dan bahasa pemrograman populer lainnya.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi web. 

Mulai dari pengertian, perbedaan dengan aplikasi biasa, jenis yang sering ditemui, sampai keunggulan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

Saat mendengar kata aplikasi, tentunya Anda akan berpikir tentang sebuah software yang harus di download dan di install pada sebuah perangkat keras bukan?

Namun perlu diketahui bahwa sekarang ini tidak semua aplikasi memerlukan penginstalan untuk bisa digunakan. Contohnya adalah aplikasi berbasis web ini.

Sesuai namanya, web based application atau aplikasi web adalah sebuah program yang bisa diakses dengan mudah melalui web browser.

Program tersebut disimpan pada sebuah web server yang nantinya akan ditampilkan dalam bentuk sebuah situs website.

Umumnya, aplikasi berbasis web tidak membutuhkan banyak sumber daya dari sisi perangkat keras maupun lunak dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop maupun ponsel.

Dengan aplikasi web, pengguna tidak perlu memasang software tambahan pada perangkat. Pengguna hanya perlu  internet dan web browser untuk mengaksesnya.

Selain itu, developer juga tidak perlu mengembangkan beberapa versi dari aplikasi yang sama untuk sistem operasi yang berbeda.

Saat ini, aplikasi web bisa digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Aplikasi Web umumnya digunakan untuk online payment, online ticketing, toko e-commerce, dan lain-lain.

Berkat kemudahannya, aplikasi web juga bisa digunakan oleh siapa saja loh sahabat Qwords! Mulai dari organisasi kecil, individu, agency, sampai perusahaan besar.

Aplikasi web biasanya mempunyai siklus pengembangan yang lebih singkat dibandingkan dengan desktop maupun OS-based application. 

Sebagian besar aplikasi web ditulis dalam JavaScript, HTML5, atau Cascading Style Sheets (CSS) untuk pemrograman sisi klien (front-end)

Sedangkan, pemrograman sisi server (back-end) yang digunakan untuk membuat skrip perintah biasanya menggunakan bahasa seperti Python, Java, dan Ruby.

Beberapa aplikasi web hanya dapat diakses oleh browser tertentu; namun, saat ini sebagian besar aplikasi web bisa diakses melalui browser apa saja.

Jenis & Contoh Aplikasi Berbasis Web

Nah setelah mengetahui apa itu aplikasi berbasis web, pastinya Anda penasaran jenis dan contoh dari aplikasi web kan sahabat Qwords?

Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun kemungkinan besar Anda sudah pernah dan bahkan sering menggunakan aplikasi web dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi web yang mungkin sering Anda temui:

Aplikasi Web Social Media Platform 

Ternyata website social media platform yang sering Anda gunakan sehari-harinya termasuk dari aplikasi berbasis web loh sahabat Qwords!

Situs sosial media yang bisa Anda akses melalui web browser seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah contoh dari jenis aplikasi web yang digunakan sebagai media jejaring sosial.

Namun perlu diingat bahwa aplikasi social media terinstall pada perangkat Anda — komputer maupun ponsel, tidak termasuk dari aplikasi web ya.

Baca Juga: Kiat Sukses Branding Lewat Social Media

Aplikasi Web Berbasis Sistem Informasi

Nah jenis aplikasi berbasis web lainnya adalah sistem informasi yang berbasis oleh sebuah web. Aplikasi web ini akan menyimpan data pengguna dengan sistematis dan terpusat.

Fungsi utamanya ini adalah untuk membantu mengatur segala informasi dan data yang disimpan pada web agar bisa diakses dengan lebih cepat dan mudah.

Sistem ini sendiri juga mempunyai beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan dari bidang kerja yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Aplikasi Web eCommerce

Tentunya Anda sudah pernah membuka situs toko online atau eCommerce store pada sebuah browser bukan? 

Nah, jenis aplikasi berbasis web yang paling umum adalah aplikasi transaksi jual beli secara online ini sahabat Qwords! Situs seperti Shopee.id dan juga Tokopedia.

Biasanya aplikasi berbasis web jenis e-Commerce akan mempunyai banyak fungsi seperti fitur check-out, fitur add-to-cart, search bar, online payment, dan lain lainnya.

Keunggulan Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web juga mempunyai beberapa keunggulan dan manfaat loh sahabat Qwords! Yuk kita lihat manfaat apa saja yang ditawarkan aplikasi berbasis web untuk bisnis Anda.

  • Easily accessible — aplikasi web dapat dengan mudah diakses  melalui browser asalkan ada koneksi internet pada perangkat tersebut dan user tidak perlu melakukan instalasi pada perangkat. 
  • Less cost  — karena aplikasi web bisa dijalankan pada platform mana saja, Anda tidak perlu untuk membayar developer dan membangun beberapa versi sistem operasi berbeda dari program tersebut.
  • Highly scalable — aplikasi web juga biasanya lebih mudah dalam hal scalability karena Anda hanya perlu menaikan resources atau sumber daya dari web server.
  • Multiplatform  — karena aplikasi web menggunakan web server untuk menyimpan data, Anda bisa mengakses program dan software ini melalui perangkat apa saja. Mulai dari komputer, tablet, maupun ponsel.

Penutup 

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang web based application sahabat Qwords! Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat aplikasi berbasis web sekarang?

Jika Anda membutuhkan layanan web hosting terbaik untuk mencoba membangun aplikasi berbasis web Anda sendiri, Qwords.com punya solusinya!

Menawarkan berbagai pilihan paket web hosting dengan 99% uptime dan 24 jam customer service, Anda bisa mendapatkan hosting murah mulai 14ribuan saja per bulan!

Jika Anda berniat untuk membangun aplikasi web yang membutuhkan banyak sumber daya, Qwords juga menawarkan paket high performance cloud hosting.

Paket high performance hosting ini dilengkapi dengan Ekstra NodeJS dan Git Version Control yang membuatnya lebih developer-friendly dari paket hosting lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *