Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Apa Itu VPS? Penjelasan Lengkap Beserta Jenis-Jenisnya

3 min read

APA ITU VPS DAN JENISNYA

Bila Sahabat Qwords sudah terjun di dunia website, pasti Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar apa itu VPS.

Sebenarnya, virtual private server atau VPS adalah teknologi yang sudah ada sejak lama.

VPS  menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin upgrade dari shared hosting biasa ke spesifikasi server yang lebih tinggi.

Lantas, pernahkah Anda berpikir mengapa disebut virtual server? Pasalnya, VPS sebenarnya adalah server fisik yang sumber dayanya dibagi menjadi beberapa bagian server menggunakan software, kemudian bagian-bagian server ini disebut dengan virtual server.

Contoh sederhana dalam memahami VPS adalah bayangkan server fisik adalah suatu komplek perumahan yang mewah.

Nah, VPS adalah rumah-rumah yang ada di dalam komplek perumahan tersebut yang tergabung bersama ‘rumah’ lainnya dalam satu kesatuan komplek perumahan mewah.

Bila Anda masih belum paham, coba simak artikel berikut ini ya, Sahabat Qwords!

Apa itu VPS?

Apa Itu VPS dan Jenisnya
Apa Itu VPS dan Jenisnya

Virtual Private Server atau VPS adalah teknologi server virtualisasi yang membangi sumber daya server fisik menjadi beberapa bagian virtual server.

Pada virtual server ini, Anda selaku pemilik bebas secara penuh untuk melakukan konfigurasi dengan bantuan control panel hosting, seting dan menggunakan resource yang ada seperti instal sistem operasi, software, plugin, dan lain-lain.

VPS sekarang ini menjadi pilihan paling tepat. Dari segi keamanan dan kestabilan, virtual private server jauh lebih baik jika dibandingkan dengan layanan shared hosting.

Perlu diketahui, jika Anda menggunakan shared hosting, ruang yang ada pada server akan dibagi untuk semua pengguna.

Jadi, bila ada satu pengguna yang bermasalah dampaknya bisa kena kepada semua pengguna shared hosting.

Selain itu, dari segi kecepatan, keamanan dan kustomisasi shared hosting juga kalah jauh jika dibandingkan dengan layanan VPS.

Jika saat ini Anda mulai berpikir untuk menggunakan layanan VPS, kami memiliki rekomendasi layanan VPS Murah dari Qwords.com.

Fitur unggulan dari VPS kami sudah menggunakan RAID SSD dengan performa lebih cepat empat kali dari SSD biasa dengan kemudahan upgrade recource VPS sesuai kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis VPS

Sekarang ini VPS tersedia dalam beberapa jenis, jadi Anda perlu tahu jenis VPS sebelum memutuskan untuk membelinya, berikut daftarnya:

1. OpenVZ

OpenVZ merupakan jenis VPS yang paling banyak dijual saat ini dengan pengunaan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server.

VPS jenis ini hanya mendukung penggunaan sistem operasi berbasis Linux saja. Jadi bila Anda membutuhkan VPS Windows, maka Anda harus  memilih jenis VPS lainnya.

Dalam hal penggunaan sumber daya, OpenVZ ini lebih rendah bila dibandingkan dengan VPS jenis lainnya, jadi tak heran jika banyak para penyedia VPS Indonesia yang menjual VPS OpenVZ ini dengan harga lebih mahal.

2. KVM

Jenis VPS yang kedua adalah Kernel Based Virtual Machine atau KVM.

Keunggulan VPS KVM ini adalah kemampuannya untuk melakukan komunikasi dan terhubung dengan hardware, sedangkan untuk VPS OpenVZ harus menggunakan sistem operasi untuk bisa berkomunikasi.

Jadi, untuk Anda yang membutuhkan server dengan kemampuan penuh, lebih baik memilih KVM VPS.

Baca Juga : Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan VPS? Ini Penjelasannya

3. HVM

Jenis server virtual yang ketiga adalah hardware virtual machine atau HVM yang virtualisasinya berada pada tingkat kernel.

Untuk akses, HVM ini akan memberikan kebebasan kepada penggunanya hardware secara penuh.

Sementara itu, dari segi fitur, HVM ini cocok digunakan untuk website-website besar dan toko online yang membutuhkan kemampuan server yang mumpuni.

4. Microsoft Hyper V

Jenis VPS yang terakhir adalah Microsoft Hyper V. Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa sistem operasinya menggunakan Microsoft Windows.

Kelebihan dari VPS Hyper V ini adalah kemudahan dalam penggunaan karena semua panel sudah menggunakan GUI (Graphic User Interface).

Namun, dari segi biaya, VPS jenis ini lebih mahal dari VPS Linux karena Anda perlu membeli lisensi Windows secara terpisah.

Kapan Anda Harus Menggunakan VPS?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, VPS memiliki kelebihan pada segi performa dibanding shared hosting.

Jadi, bila Anda ingin merasakan kemampuan server yang lebih tinggi dari shared hosting, maka sangat disarankan untuk berpindah ke layanan virtual private server.

Selain itu, dari segi kemampuan, shared hosting juga memiliki batasan-batasan tertentu, bila sudah tidak mampu menampung beban, biasanya pihak provider hosting akan memberikan suspend kepada website yang bermasalah.

Nah, berikut ada beberapa indikasi yang menujukkan Anda harus segera menggunakan VPS:

  • Loading Time Website Mulai Menurun

Shared hosting memiliki spesifikasi hardware yang masih terbatas, jadi untuk bisa dioptimasi guna mendapatkkan loading time website yang cepat tentunya akan sulit.

Selain itu, dari segi kustomisasi perangkat lunak, shared hosting juga terbatas sehingga tidak bisa bebas seperti ketika Anda menggunakan VPS.

  • Membutuhkan Software Kustom

VPS memiliki kelebihan dalam pemasangan software secara bebas. Jadi, bila Anda ingin menambahkan software tertentu yang tidak ada pada shared hosting, VPS mampu melakukannya, lho.

Contohnya adalah seperti plugin GZIP Compression dan beberapa aplikasi lainnya.

  • Menyimpan Data Pribadi

VPS memliki kelebihan pada penyimpanan data yang lebih privat sehingga lebih aman jika dibandingkan shared hosting yang dipakai oleh banyak akun.

Lagi pula, Anda juga bisa meningkatkan standar keamanan VPS menjadi lebih ketat untuk menghindari kebocoran data.

  • Traffic Website yang Tinggi

Bila jumlah kunjungan pada website Anda semakin tinggi, Anda sebaiknya segera berpindah menggunakan VPS untuk menghindari overload ketika website diakses oleh banyak pengguna dalam satu waktu.

Lantas, berapa jumlah pengunjung yang menjadi indikasi Anda harus beralih menggunakan VPS? Biasanya, setiap penyedia web hosting akan memberikan keterangan bahwa hosting hanya mampu menampung sebanyak (misalnya) 125.000 per bulan.

Nah, bila dirasa pengunjung website Anda sudah melebihi batas yang telah ditentukan, Anda bisa segera beralih menggunakan VPS sebelum terlambat dan akhirnya menybabkan website sering down.

Yuk, Beralih Menggunakan VPS Sekarang!

Virtual Private Server memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan shared hosting.

Selain itu, VPS menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan upgrade dari shared hosting ke layanan yang lebih tinggi.

Nah, demikian pembahasan mengenai apa itu VPS dan jenisnya, lalu, apakah Anda sudah memiliki rencana untuk segera melakukan upgrade layanan shared hosting Anda?

Saya Mau VPS Murah 75rb/Bln!

Jika ingin menggunakan VPS, kami memiliki rekomendasi VPS murah dari Qwords.com dengan harga mulai Rp75.000 saja.

Untuk jaminan kualitas, Anda tidak perlu khawatir bila mengalami kendala karena tim teknis kami siap dengan senang hati membantu Anda.

Yuk, segera gunakan VPS sekarang!

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Cara Membuat Website Pakai Elementor untuk…

Bagi seorang pemula, membuat website mungkin saja terdengar begitu sulit dan akan berhadapan dengan hal-hal teknis yang kompleks. Namun, seiring dengan banyaknya informasi yang...
Jordy Prayoga
3 min read

Belajar Search Intent dan Pentingnya Untuk…

Memahami search intent pengguna menjadi kunci utama bagi pelaku marketing online dengan Search Engine Optimization.  Search intent mengacu pada tujuan dan motivasi di balik...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Waktunya Pondok Pesantren Tampil Keren dengan…

Berbicara mengenai domain memang seolah tiada habisnya. Saat ini, Sahabat Qwords dapat menemukan lebih dari 1000+ ekstensi domain di internet dengan keunikannya masing-masing. Pemilihan...
Jordy Prayoga
3 min read

4 Replies to “Apa Itu VPS? Penjelasan Lengkap Beserta…”

  1. saya ada 2 website di shared hosting dan yang satu ngasih backlink ke web satunya (web utama). kalau saya jadikan jadi satu di vps apakah kira2 akan pengaruh di backlinknya karena dari ip vps yang sama atau tidak masalah ya min?

    1. Lebih baik memang beda IP server, tetapi kalau hanya satu atau tidak banyak ga ada masalah kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *