Apa Itu Shortlink? Ini 5 Shortlink Terbaik yang Banyak Digunakan

3 min read

Apa Itu Shortlink Ini 5 Shortlink Terbaik yang Banyak Digunakan

Di era serba digital seperti sekarang tidak sulit untuk memperoleh penghasilan tambahan. Tidak melulu hanya melalui jualan online, tapi Anda juga bisa menggunakan shortlink. Dalam bahasa Inggris, istilah ini merujuk pada link pemendek seperti halnya penyedia layanan bit.ly. Link pendek ini tentu bisa memberikan penghasilan tambahan bagi Anda secara praktis.

 

Apa Itu Shortlink?

Apa Itu Shortlink Ini 5 Shortlink Terbaik yang Banyak Digunakan
Apa Itu Shortlink Ini 5 Shortlink Terbaik yang Banyak Digunakan

Istilah link pendek tentu tidak asing bagi para blogger. Shortlink adalah versi simpel dari url yang bisa Anda dapatkan guna distribusi konten via onlne. Nantinya, url yang panjang bisa diperpendek agar lebih rapih di posting melalui laman sosial media apapun. Pemendekan url generik layaknya tiny url bisa mengubah tautan dengan kombinasi huruf dan angka.

Baca juga: Apa itu URL? Fungsi, Jenis dan Struktur URL

Jangan sampai tertukar dengan safelink. Safelink bisa mempermudah pengguna karena nantinya tidak perlu lagi membuat url paling baru bagi setiap link yang dituju. Sementara link pendek masih memerlukan url secara manual satu per satu. Seperti halnya safelink, link pendek ini juga memiliki beberapa keuntungan dan kerugian.

1. Keuntungan Menggunakan Shortlink

Layanan perpendekan url akan membuat teks hyperlink kian menarik. Tautan link yang dipersingkat tentu bisa menjadikan pengalaman membaca semakin lancar khususnya di berbagai macam laman media sosial. Di samping itu, perpendekan link url juga memudahkan Anda dalam membagikan konten karena minim kesalahan dalam penyalinan tautan tersebut.

Penyingkatan url link juga bisa memberikan fungsi analisis. Ini penting guna menunjukkan kepada siapa Anda sudah mengklik tautan di tampilan dashboard terpusat. Tautan yang diperpendek juga sangat matching bekerja dengan kode UTM. Ini sangat memungkinkan Anda guna melakukan pelacakan kampanye tertentu.

2.Kerugian Menggunakan Shortlink

Di samping memiliki keuntungan, layanan perpendekan link juga memiliki sejumlah kerugian. Salah satunya adalah dengan munculnya ketidakpercayaan dari pihak tertentu. Selain itu, kerugian lainnya ialah hanya bisa menghasilkan lebih sedikit klik. Sifat pengalihan url link ini juga bisa memperkenalkan antar pengguna dengan  situs web yang dimaui.

Kadangkala url dapat mengirim pengguna via dua sampai tiga dan lebih pengalihan. Apabila salah satunya gagal maka pengguna dapat memunculkan  potensi menuju ke link pesaing. Terlebih lagi saat ini ISP bisa membuat daftar hitam penyingkat url guna menghalangi upaya spammer guna memperpendek tautan upaya tindakan kejahatan.

 

Shortlink Terbaik

shortlink terbaik
shortlink terbaik

Tahukah Anda bahwa saat ini ada sejumlah situs short url terbaik guna memperpendek link. Adapun daftar situs shortlink Indonesia yang bisa Anda simak ialah seperti berikut.

1. Bitly

Saat ini Bitly merupakan situs shrt url yang cukup populer. Melalui situs ini, Anda bisa memperpendek link seberapa banyak pun yang Anda mau. Bahkan Anda bisa memulainya dengan sangat mudah menggunakan akun gratis Bitly. Dengan menggunakan akun gratis ini, maka Anda bisa memperoleh fitur mumpuni khususnya bagi bisnis online.

2. TinyURL

Situs perpendekan link ini sudah ada sejak tahun 2002. Sebagai situs perpendekan link yang juga populer di Indonesia, situs ini menawarkan sejumlah kelebihan. Penting untuk Anda ketahui bahwa link ini bebas biaya alias gratis. Selain itu, link ini juga aktif selamanya. Anda juga dapat dengan mudah memperpendek link via toolbar saja.

3. Rebrandly

Ini adalah situs untuk memperpendek url terbaik khusus kustomisasi brand Anda. Nantinya, Anda dapat menciptakan nama domain pribadi yang bisa digunakan pada setiap link. Di samping itu, situs ini juga memiliki beragam fitur unggulan yang mampu menunjang perkembangan bisnis daring Anda ke depannya.

4. INK

Situs short link ini dilengkapi dengan sejumlah fitur lengkap dengan dashboard user friendly. Versi gratis dari situs ini juga menawarkan sejumlah fitur menarik. Adanya layanan smart link juga bisa memberikan Anda kemungkinan untuk membuat link tertentu berdasarkan kata kunci yang saat ini tengah tenar-tenarnya.

5. Yourls

Situs Yourls sangat memungkinkan Anda dalam membuat domain url pribadi karena adanya fitur self-hosting yang gratis. Selain itu, situs ini juga tidak akan membebani server Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi.

 

Shortlink Penghasil Uang

shortlink penghasil uang
shortlink penghasil uang

Cara mendapatkan uang dari shortlink tentu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Untuk mengawalinya, Anda perlu menjadi member shorter link terlebih dahulu. Berikutnya, Anda bisa langsung mengikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke dalam akun shorter link yang sudah Anda daftarkan.
  2. Masukkan link yang ingin Anda perpendek.
  3. Ketuk opsi ‘Shorten’.
  4. Tunggu beberapa waktu hingga muncul link yang sudah diperpendek oleh situs shortest link.
  5. Salink link tersebut dan segera sebarkan melalui internet.
  6. Selesai

Usai link tersebut disebarkan, maka Anda bisa langsung memantau statistik pengunjung. Namun, hingga saat ini metode pembayaran shortest link hanya tersedia via Paypal, Webmoney dan Payoneer saja.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Jangan Pakai Adsense Untuk Monetize Blog

Pemendek link tentu bisa membuat teks hyperlink kian menarik. Di samping itu, url link juga tidak akan memakan ruang yang banyak ketika dibagikan sehingg bisa meningkatkan pengalaman user menjadi kian lancar. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah paham terkait apa itu shortlink dan tertarik untuk mencoba?

Jangan lupa, gunakan juga nama domain dan layanan web hosting dari Qwords.com untuk mengakomodir segala kebutuhan website Anda. Kini tersedia juga paket Cloud Hosting Bisnis untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha maupun lembaga pendidikan yang ingin membuat sistem e-learning lebih optimal dengan budget yang tentu saja sangat masuk akal.

Semoga bermanfaat.

4 Replies to “Apa Itu Shortlink? Ini 5 Shortlink…”

  1. Ada lagi URL Shortener Indonesia, namanya Dik.si. Mungkin bisa jadi alternatifnya s.id atau bitly

    1. Terima kasih atas tambahannya kak,
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

    1. Ada kak tetapi dipakai khusus internal saja.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *