Kalau Anda melakukan pencarian di search engine Google dengan memasukan keyword tertentu, Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan kata kunci yang ditulis. Semakin tinggi peringkatnya berarti semakin relevan dengan keyword yang Anda cari. Google menampilkan hasil pencarian pada halaman pertama pencarian jumlahnya bervariasi, umumnya ada 6-10 website tergantung dari keyword yang Anda tuliskan dan banyaknya iklan. Nah itu semua tergantung dari optimasi SEO pada website, semakin bagus maka semakin baik pula peringkat di SERP (Search Engine Result Page).

Mesin pencari Google mengurutkan peringkat website tersebut bukan hanya acak, tetapi ada banyak faktor SEO yang mempengaruhi peringkat website dihalaman mesin pencari. Sebelum lanjut lagi pembahasan mengenai SEO (Search Engine Optimization), ada baiknya Anda perlu memahami tentang apa itu SEO dan sejarahnya secara lengkap.

Apa Itu SEO

Apa Itu SEO
Apa Itu SEO

Pengertian Search Engine Optimization adalah usaha yang dilakukan untuk melakukan optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Dengan mendapatkan peringkat atas mesin pencari akan mendapakan trafik website yang lebih banyak sehingga website Anda semakin dikenal.

Selain itu dengan SEO, Anda akan mendapatkan trafik website sesuai dengan tujuan website dibuat. Jadi dengan memiliki trafik yang banyak dan tertarget ini bisa Anda manfaatkan lebih lanjut untuk sekedar berbagi informasi, branding, meningkatkan kepercayaan, berjualan dan metode menghasilkan uang lainnya.

Mesin pencari dalam hal ini Google menggunakan algoritma-algoritma tertentu dalam menentukan peringkat website, bahkan algoritma Google ini selalu update setiap hari. Dengan mengimplementasikan SEO yang baik dan benar, maka Anda perlu menyesuaikan dengan algoritma Google yang terbaru agar bisa dengan mudah mendapatkan peringkat halaman satu.

Sejarah SEO

Menurut sejarahnya, SEO pertama kali muncul pada 26 Juli 1997 lewat pesan spam yang dipost di Usenet. Pada saat ini algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks seperti sekarang ini sehingga mudah sekali dilakukan manipulasi.

Menurut Danny Sullivan pendiri dari Search Engine Land, zaman dulu algoritma mesin pencari dalam menentukan peringkat website didasarkan pada meta tag dan kode HTML yang digunakan pada website. Meta tag berisi tentang informasi yang terkandung dalam suatu halaman website dengan beberapa kata kunci tertentu. Saat itu banyak para pemilik website yang melakukan kecurangan dengan memasukan kata kunci yang tidak sesuai, sehingga hasil pencarian di SERP tidak sesuai dengan apa yang dicari pengguna.

Semrush Algoritma Update Sensor
Semrush Algoritma Update Sensor

Hal inilah yang menjadi perhatian dari mesin pencari untuk melakukan serangkaian update algoritma penacarian agar hasil yang muncul relevan dan berkualitas. Dua mahasiswa doctoral ilmu komputer dari Stamford University Larry Page dan Sergey Brin mengatasi permasalah algoritam mesin pencari tersebut dengan membangun Backrub. Backrub adalah sebuah mesin pencari sederhana yang menggunakan perhitungan matematika bernama “PageRank” untuk menentukan peringkat halaman website. Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Google hingga sekarang ini.

Jenis SEO

Dalam SEO, terdapat dua jenis SEO yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya sama-sama pentingnya dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Dalam pembahasan sebelumnya tentang perbedaan SEO dan SEM, SEO On Page itu ibarat sayurnya dan Off Page itu ibarat garamnya, keduanya saling melengkapi satu sama lainnya. Nah berikut ini pembahasan lengkapnya tentang SEO:

1. SEO On Page

SEO On Page adalah langkah-langkah optimasi website yang dilakukan dalam website Anda sendiri. Inti dari SEO On Page adalah kualitas konten, bukan lagi seberapa banyak keyword yang ada pada halaman. Adapun inti dari penerapa SEO On Page pada website adalah sebagai berikut:

  • Konten bermanfaat untuk pengunjung website
  • Navigasi website memudahkan pengunjung
  • Pengunjung betah berlama-lama pada website
  • Website mudah dimengerti oleh mesin pencari

Mesin pencari bisa menilai kepuasan pengunjung website dari 4 indikator SEO tersebut, semakin tinggi nilai bounce ratenya berarti semakin jelek pula website tersebut.

2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah teknik melakukan optimasi website dari luar website. Gambaran mudahnya Anda memberikan tautan/link dari website lain menuju website Anda. Dengan banyaknya link yang masuk Google akan menilai website Anda bermanfaat. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah link yang masuk haruslah bersifat natural bukan link yang sengaja dibuat untuk melakukan optimasi website. Google juga menilai bukan banyaknya tautan/link yang masuk, tetapi seberapa kualitas dari link tersebut.

Pentingnya SEO Untuk Website

SEO WordPress
SEO WordPress

SEO sekarang ini menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk Anda pemiliki website. Apalagi sekarang ini persaingan website dihalaman pencarian Google tidaklah mudah, banyak sekali kompetitor website lain yang melakukan strategi SEO.

Perlu diketahui pula bahwa SEO cocok untuk semua kebutuhan website baik itu hanya sekedar company profil sampai bisnis sekalipun. Untuk itu Anda perlu memahami tentang pentingnya penerapan SEO untuk keperluan website. Berikut pembahasannya:

1. Bisnis Anda mudah ditemukan

Tujuan utama dari SEO agar website mudah ditemukan, entah itu dengan pencarian keyword atau berada dihalaman pertama mesin pencari. Dengan begitu website bisnis Anda semakin mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.

2. Trafik website meningkat

Muncul di halaman pertama pencarian Google akan berefek semakin banyak pengunjung yang datang menuju website. Tentu Anda perlu melakukan optimasi SEO dari segi On Page dan Off Page SEO. Perlu diperhatikan pula pastikan website Anda sudah siap dengan trafik yang akan datang agar tidak down.

3. Mesin pencari sumber informasi

Sekarang ini semua mencari informasi apa saja mengandalkan dari mesin pencari Google. Data di Indonesia saat ini sekitar 75% lebih orang mencari segala informasi melalui Google, bahkan ada yang menjulukinya sebagai “Mbah Google” karena tau segala informasi yang dicari oleh semua orang.

4. Branding

Semakin mudah ditemukan berarti bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. Anda bisa melakukan branding dengan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat ditambah melakukan soft selling bisnis Anda agar semakin dikenal semua orang.

5. Kredibilitas meningkat

Semakin mudah website Anda ditemukan di mesin pencari maka kredibilitas website Anda otomatis akan meningkat. Dengan begitu orang-orang akan lebih percaya dengan bisnis yang Anda jalani. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang manfat memiliki website untuk bisnis.

6. Mudah mendapatkan konversi

Nah yang terakhir adalah mudah mendapatkan konversi. Jika tujuan SEO Anda adalah untuk berbisnis, traffic organic yang datang dari SEO adalah traffic yang sudah tertarget. Artinya orang yang datang ke website Anda adalah orang yang membutuhkan barang dan jasa yang Anda miliki. Untuk itu Anda bisa menambahkan Call to Action untuk mendapatkan konversi penjualan dari pengunjung website.

Nah demikian pembahasan tentang mengenal apa itu SEO dan seberapa pentingnya untuk website. Silahkan Anda lakukan optimasi website Anda dengan SEO baik itu On Page maupun Off Page. Agar lebih maksimal bisa ditambah dengan menggunakan strategi SEM (Search Engine Marketing) untuk mendatangkan traffic secara berbayar.

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki website, kami memiliki rekomendasi WordPress Hosting untuk keperluan website bisnis Anda dari Qwords.com. Dengan menggunakan WordPress akan memudahkan Anda dalam melakukan optimasi SEO untuk website.

Terima kasih

7 Replies to “Mengenal Apa Itu SEO dan Seberapa Pentingnya Untuk Website

  1. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat bagi seorang pemula SEO seperti saya ini. Saya setelah membacanya jadi mengerti apa dan bagaimana SEO itu mempengaruhi website kita. Trims broth…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *