Berbicara tentang repeater, maka bahasannya tidak akan jauh dari jaringan internet. Dalam artikel sebelumnya tentang perangkat keras jaringan juga sudah disebutkan bahwa repeater menjadi salah satu perangkat keras jaringan yang sering dipakai.

Untuk orang yang awam, jika membahas jaringan pasti akan cukup sulit dipahami apalagi jika sudah membahas tentang IP Address yang isinya angka-angka, pasti sudah banyak yang menyerah duluan. Selain itu perangkat keras jaringan juga banyak jenisnya dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda memperhatikan ada beberapa perangkat jaringan yang memiliki bentuk yang mirip yaitu antara Router, Access Point dan Repeater. Ketiganya biasanya memiliki bentuk kotak dengan beberapa antena pada bagian pinggirnya, lalu yang membedakan apanya?

Nah agar Anda tidak salah beli terutama repeater jaringan, Anda perlu mengetahui apa itu repeater jaringan. Ada juga yang menyebut repeater dengan nama range extender, jadi Anda tidak perlu bingung keduanya sama saja. Meskipun belajar jaringan internet cukup sulit, tetapi kali ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan yang bisa mencerahkan tentang apa itu repeater dan fungsi repeater.

Apa Itu Repeater

Repeater
Repeater

Repeater berasal dari bahasa inggris ‘repeat’ yang memiliki arti mengulang/perulangan. Definisi dari repeater adalah alat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi yang lemah dari WiFi utama. Untuk bisa menggunakan repeater paling tidak Anda harus mendapatkan siyal terlebih dahulu kemudian baru disebarkan dengan sinyal yang lebih kuat. Dengan menggunakan repeater maka pengiriman data dari satu node ke node lain akan memiliki kualitas yang sama.

Selain repeater untuk WiFi, ada jenis satu repeater lagi yaitu untuk kabel. Fungsi repeater kabel ini untuk menguatkan sinyal data yang ditransmisikan melalui kabel jaringan, biasanya setiap jarak berapa meter Anda perlu menambahkan repeater kabel agar sinyal data tetap kuat. Pengunaan repeater ini biasa untuk kabel jaringan yang menghubungkan dua lokasi yang sedikit jauh.

Fungsi Repeater

Ada beberapa fungsi penting yang dimiliki repeater, diantaranya seperti berikut ini:

  • Untuk mencakup daerah yang memiliki sinyal lemah dari jaringan server.
  • Untuk memberikan kemudahan akses sinyal wifi dari server utama.
  • Untuk memperluas jangkauan sinyal dari WiFi utama.

Jenis Repeater

Adapun beberapa jenis repeater yang ada saat ini antara lain:

  • Telephone repeater

Telepon repeater merupakan jenis repeater yang memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal telepon yang melemah karena jarak yang jauh. Alat ini biasanya dipasang pada saluran telepon jarak jauh agar sinyal yang diterima antar pengguna bisa selalu bagus.

  • Optical Communications Repeater

Optical communication repeater ini merupakan jenis repeater yang memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal pada kabel fiber optic.

  • Radio Repeater

Jenis repeater yang terakhir adalah radio repeater. Repeater jenis ini fungsinya untuk menguatkan sinyal radio termasuk jaringan WiFi. Jenis radio repeater seperti ini biasanya memiliki bentuk dengan beberapa antena yang berfungsi sebagai receiver dan transmitter.

Cara Kerja Repeater

Wireless Repeater

Mungkin diantara Anda ada yang belum tahu bagaimana sebenarnya cara kerja dari repeater itu. Nah sesuai dengan fungsinya, repeater tugasnya untuk memancarkan sinyal kembali. Sebelum dipancarkan, sinyal yang diterima dari server masuk ke antena receiver repeater. Sinyal yang diterima ini akan menjalankan perubahan frekuensi sehingga bisa dirubah menjadi sinyal yang lebih kuat.

Dalam prosesnya, repeater menggunakan dua sistem yang sering dipakai yaitu sistem analog dan sistem digital. Sistem analog repeater mengirimkan sinyal berupa data analog. Sedangkan untuk repeater digital sinyal yang dikirimkan berupa data digital, yaitu berupa angka binary.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu repeater, fungsi repeater dan cara kerja repeater. Repeater memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari suatu jaringan kemudian dipancarkan lagi dengan sinyal yang lebih kuat. Setelah Anda tahu tentang repeater, jangan sampai salah lagi saat membeli perangkat keras jaringan.

Perlu diketahui bahwa Qwords selain memiliki layanan penjualan domain hosting, VPS server, SSL, email marketing dsb, Qwords juga selalu berupaya untuk memberikan konten-konten tentang IT kepada semua pelanggannya. Jika Anda saat ini belum bergabung dengan Qwords, silahkan langsung saja buka websitenya dan temukan berbagai keperluan website Anda dengan harga terbaik.

Terima kasih

2 Replies to “Mengenal Apa Itu Repeater dan Fungsinya

    1. Bisa cek default username dan login pada belakang repeater atau buku manual.
      Biasanya disediakan kok, kalau ga lakukan reset ulang saja nanti kembali seperti default.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords,
      jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *