Apa Itu Remote Server Serta Contoh Aplikasinya

2 min read

Remote Server

Server yang seringkali digunakan dalam menangani para pengguna yang tidak menggunakan LAN biasa disebut sebagai remote server. Penggunaan dari remote ini akan memungkinkan para penggunanya supaya bisa mendapatkan akses pada server maupun pelayanan cetak yang ada pada LAN, meskipun berada dalam lokasi yang terpencil.

Melalui koneksi internet, Anda bisa menggunakan perintah telnet untuk log in dengan remote pada bagian sistem lain dalam jaringan. Untuk telnet ini seakan-akan Anda sedang login pada bagian sistem lain melalui remote terminal. Sementara Anda diminta supaya menggunakan login dan password. Apabila Anda sudah memiliki akun pada sistem lain, maka Anda dapat menggunakan telnet supaya dapat masuk.

Apa Itu Remote Server

Remote Server
Remote Server

Remote server merupakan suatu server yang bisa diakses untuk bagian proses lain tanpa harus membuka koneksi yang terpisah, langsung, maupun berbeda. Untuk SQL server ini akan mengatur komunikasi yaitu antara server dengan cara menggunakan RPC SQL. Dengan demikian maka remote inilah yang akan mengajukan permintaan pada stored procedure pada bagian remote server. Untuk setiap hasilnya akan dikirimkan dan melewati server lokal. Sementara hasilnya juga akan dikirimkan pada aplikasi client.

Aplikasi untuk Remote Server

Aplikasi atau seringkali disebut sebagai host pada komputer yang nantinya akan dikendalikan memiliki peran penting pada saat Anda ingin mengakses komputer ketika berada dari tempat yang jauh. Melalui aplikasi tersebut maka Anda dapat mengendalikan komputer maupun perangkat lain cukup dengan melalui hak akses secara valid. Dengan begitu server bisa terhubung pada host dan dapat dikendalikan.

Untuk menggunakan aplikasi remote komputer ini tidak perlu bingung, karena cara yang dilakukannya sangat mudah dan pasti aplikasi remote ini digunakan secara gratis. Cukup dengan beberapa klik saja, maka Anda sudah bisa memulainya. Berikut ini jenis aplikasi untuk remote server:

1. Windows Remote Desktop

Windows Remote Server
Windows Remote Server

Jenis aplikasi remote desktop pertama yaitu adalah Windows remote desktop, yang mana untuk aplikasi ini telah terintegrasi pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini sudah terinstall secara default. Dengan aplikasi ini maka Anda tidak perlu melakukan penginstalan dan tidak perlu mendownload apapun apabila ingin menggunakan aplikasi yang satu ini.

Namun perlu diperhatikan dengan baik ketika Anda ingin mengaktifkan koneksi pada komputer. Anda wajib membuka bagian pengaturan, yaitu system properties, kemudian mengaktifkan pengaturan bagian alllow remote connection. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk melakukan pengaturan pada port forwarding yaitu di router supaya komputer dari jangkauan luar dapat terhubung.

Baca juga : Cara Memilih Lokasi Server Terbaik

2. Remote Utilities

Salah satu aplikasi remote komputer yang dapat menghubungkan kedua komputer yaitu remote utilities atau seringkali disebut sebagai internet ID. Dengan bantuan aplikasi ini maka Anda bisa melakukan pengontrolan sampai dengan 10 komputer sekaligus. Andapun bisa melakukan pemilihan ketika ingin menjalankan komputer sesuai dengan dukungan secara kilat tanpa melakukan penginstalan apapun.

3. TeamViewer

Aplikasi TeamViewer
Aplikasi TeamViewer

Aplikasi ini merupakan jenis aplikasi remote yang paling diandalkan, karena fitur yang ditawarkannya sangat banyak dan Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika melakukan penginstalan dan menggunakannya. Kelebihan dari aplikasi TeamViewer ini yaitu, Anda tidak harus mengubah konfigurasi router maupun firewall pada jaringan internet Anda, tinggal connect saja.

4. Ammyy Admin

Jenis aplikasi komputer yang paling portable karena pengaturannya yang paling sederhana yaitu Ammyy admin. Jika dilihat dari sisi hostnya, maka pengguna aplikasi ini mampu bekerja dengan cara menghubungkan antara komputer yang satu ke komputer yang lainnya dengan melalui ID sesuai yang telah disediakan aplikasi.

5. AeroAdmin

Aero admin disebut sebagai aplikasi remote untuk desktop yang digunakan paling mudah untuk saat ini. Hal ini dikarenakan pada aplikasi ini hampir tidak memiliki pengaturan sesuai yang dibutuhkan. Maka untuk semuanya dilakukan dengan cara to the poin atau dengan cara yang lebih cepat. Sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam kondisi dadakan.

Baca juga : Memilih Spesifikasi Komputer Server Terbaik

6. UltraVNC

Aplikasi UltraVNC
Aplikasi UltraVNC

Untuk aplikasi Ultra VNC ini hampir sama pada aplikasi remote Utilities, karena untuk server maupun viewport yang diinstal dalam kedua komputer ini. maka untuk viewver itu sendiri pun bisa digunakan dalam melakukan pengontrolan pada server. Anda pun dapat melakukan pemilihan ketika ingin melakukan penginstalan viewver, server atau bahkan keduanya.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan penginstalan server terlebih dahulu pada komputer apabila Anda ingin mengendalikannya. Sementara untuk penginstalan Ultra VNC ini bisa dilakukan pada sistem supaya komunikasi dapat berjalan dengan baik. Untuk penginstalan ini harus dilakukan ketika setup Installer.

Kehadiran remote server dapat dijadikan sebagai server paling mudah untuk diakses pada beberap bagian proses lainnya tanpa membuka koneksi atau jaringan secara terpisah. Sementara untuk mengatur komputer komunikasi yaitu antara server menggunakan SQL server. Dengan beberapa aplikasi yang ada di atas maka Anda dapat melakukan pemilihan salah satu dari ke 6 aplikasi remote server di atas.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords.com tidak hanya memberikan informasi-informasi bermanfaat saja, tetapi Qwords juga menyediakan Dedicated Server Murah yang bisa Anda pilih. Selain itu ada juga layanan domain, hosting, email marketing, SSL dan masih banyak lainnya. Tunggu apalagi miliki layanan terbaik dari kami sekarang juga.

Terima kasih

2 Replies to “Apa Itu Remote Server Serta Contoh…”

  1. Satu lagi min klo untuk remote desktop bisa pakai anydesk. Mudah juga penggunanya seperti teamviewer. Penyakitnya teamviewer untuk pengguna yg free dia sering disconnect jika penggunanya terlalu berlebihan/ Lama. Sedangkan anydesk gak ada hambatan itu meskipun untuk penggunaan free

    1. Terima kasih sekali kak atas tambahannya kak,
      update akan diinfokan secepatnya.
      Jangan lupa jika butuh domain hosting pesan saja di Qwords.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *