Mengenal Apa Itu Permalink dan Cara Settingnya

2 min read

Apa Itu Permalink

Jika Anda sering berselancar di internet, pasti Anda tidak akan asing dengan istilah “permalink”. Bagi Anda yang masih awam pasti akan bingung apa itu permalink, padahal hampir setiap hari kita pasti menemuinya.

Nah daripada bingung lebih baik kita membahas mengenai apa itu permalink, fungsi permalink, cara setting permalink SEO friendly dan yang terakhir seberapa pentingkah permalink untuk website? Mari kita bahas satu persatu.

Apa Itu Permalink

Apa Itu Permalink
Apa Itu Permalink

Sebelum membahas mengenai apa itu permalink, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang URL. URL kepanjangan dari Uniform Resource Locator atau biasa kita sebut alamat website.

Contohnya ketika Anda mengakses website Qwords maka akan mendapatkan URL https://www.qwords.com/, nah inilah yang dimaksud URL. URL terdiri dari protocol HTTPS, hostname www.qwords.com dan nama domain qwords.com

Ketika Anda ingin mengakses halaman lain pada website Qwords tersebut, maka Anda akan mendapatkan URL Permalink yang unik sesuai dengan halaman yang dibuka. Contoh saja saya mengakses Hosting Unlimited maka saya akan mendapatkan URL Permalink https://www.qwords.com/unlimited-hosting/, nah URL unlimited-hosting/ inilah yang dinamakan permalink. Jadi untuk membuka halaman unlimited hosting Qwords Anda bisa langsung menuju URL permalink tanpa harus masuk melalui home website.

Menurut Wikipedia, Permalink merupakan kependekan dari permanen link kalau dalam bahasa indonesia disebut tautan permanen. Permalink adalah alamat URL yang diberikan untuk halaman pada website.

Jadi setiap halaman memiliki URL permalink yang berbeda-beda. Untuk Anda pengguna WordPress, saat membuat halaman atau post Anda akan mendapatkan alamat permalink secara otomatis, tetapi Anda bisa melakukan custom permalink sesuai dengan keinginan.

Fungsi Permalink

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama permalink adalah untuk memudahkan masuk pada halaman atau post dari website. Untuk itu dalam pembuatan permalink juga harus mudah diingat dan jangan terlalu panjang sehingga memudahkan saat mengaksesnya.

Fungsi permalink yang kedua adalah permalink memiliki dampak yang besar terhadap SEO website. Dengan memberikan permalink yang mengandung keyword, maka Google bisa mengetahui relevansi dari halaman tersebut. Untuk itu gunakan keyword-keyword pada setiap halaman menjadi nama permalink agar lebih mudah ditemukan oleh robot Google.

Cara Setting Permalink SEO Friendly

Untuk bisa mendapatkan setting permalink SEO friendly, Anda perlu melakukan beberapa perubahan settingan. Cara setting ini kami mencontohkan dengan menggunakan CMS WordPress. Silahkan ikuti cara setting permalink dibawah ini:

  1. Silahkan login ke akun WordPress Anda masing-masing.

    Login WordPress
    Login WordPress

  2. Jika benar Anda akan masuk pada dashboard WordPress, silahkan scroll kebawah dan temukan menu Settings.
  3. Pilih menu Settings > Permalink dan tunggu hingga muncul halaman Permalink Settings.

    Buka menu pengaturan permalink
    Buka menu pengaturan permalink

  4. Pada menu permalink setting ada beberapa pilihan seperti:

    Postname permalink
    Postname permalink

  • Plan, vesri permalink standar jika tidak Anda rubah.
  • Day and name, menampilkan permalink hari sebelum nama post.
  • Month and name, menampilkan permalink bulan sebelum nama post.
  • Numeric, menampilkan permalink dengan urutan angka.
  • Post Name, memberikan permalink dengan nama post.
  • Custom Structure, custom nama permalink sesuai dengan kebutuhan, tinggal memilih saja ada yang berdasarkan tahun, bulan, hari, jam, menit, post_id, post_name, kategori dan author.
  1. Silahkan Anda pilih Post name atau custom %postname%.
  2. Jika sudah silahkan klik “Save Changes” berwarna biru pada bagian bawah.
  3. Silahkan buka Post > Add New.

    Edit permalink SEO
    Edit permalink SEO

  4. Saat sudah terbuka halamannya, silahkan tulis artikel yang akan Anda buat. Kami mencontohkan dengan membuat judul artikel “Cara Terbaik Membuat Permalink SEO Friendly”.
  5. Agar permalink tersebut SEO Friendly dan mudah diingat, maka kami melakukan edit pada permalink dan mengantinya dengan permalink baru “membuat-permalink”, klik menu “Edit” pada sebelah URL Permalink.
  6. Jika sudah Anda bisa lakukan setting WordPress kemudian lakukan post.

Nah bagaimana mudah bukan untuk melakukan setting permalink WordPress? Pastikan permalink yang tertulis adalah keyword yang Anda target, tujuannya agar bisa meningkatkan ranking SEO.

Membuat Permalink Yang Bagus

Ada beberapa kriteria dalam membuat permalink yang bagus yaitu:

  1.   Singkat

Permalink yang singkat memudahkan diingat oleh pengunjung website, selain itu dalam management permalink pada sitemap juga bisa lebih rapi dan mudah.

  1.   Deskriptif

Misalnya seperti contoh diatas, pemilihan post name pada permalink bisa menjadi salah satu cara untuk mendeskriptifkan isi dari halaman website.

  1.   Mengandung keyword

Nah yang terakhir permalink haruslah mengandung keyword, tujuannya agar lebih mudah ditemukan dalam halaman pencarian Google.

Seberapa Penting Permalink?

SEO WordPress
SEO WordPress

Nah yang terakhir akhir adalah seberapa penting permalink untuk suatu website? Jawabnya sangat penting. Silahkan Anda amati pada website-website besar pasti menggunakan permalink yang rapi dan SEO friendly.

Demikian pembahasan mengenai mengenal apa itu permalink dan cara settingnya pada website wordpress. Untuk Anda yang membutuhkan layanan hosting untuk keperluan website pribadi maupun bisnis, kami memiliki rekomendasi layanan hosting unlimited terbaik dari Qwords.

Cukup dengan harga mulai dari 34.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan unlimited hosting murah   dengan gratis domain .Com, tunggu apalagi pesan sekarang juga dan onlinekan website mu sekarang juga.

Terima kasih

2 Replies to “Mengenal Apa Itu Permalink dan Cara…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *