Apa Itu Machine Learning? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya

2 min read

Apa itu mechine learning

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage pada tahun 1945 yang berkembang menjadi komputer generasi pertama tahun 1946. Teknologi pada komputer terus memikirkan bagaimana sistem bisa belajar dari pengalaman. Jangan heran ilmu Kecerdasan Buatan terus berkembang pesat seiring kemajuan zaman. Salah satu bagian ilmu Kecerdasan Buatan atau AI adalah machine learning. Lantas, Apa itu Machine Learning?

 

Pengertian Machine Learning

Apa itu mechine learning
Apa itu mechine learning

Machine learning adalah pengembangan sistem yang bisa bekerja tanpa bantuan program manusia berulang-ulang. Ilmu mesin bisa belajar sendiri dengan cara menganalisa data, misalnya mengenali wajah hewan kucing dengan anjing. pembelajaran terarah, pembelajaran tak terarah, pembelajaran semi terarah dan Reinforcement learning merupakan pokok pembahasan penting dalam program machine learning.

Baca juga: Menyambut Era Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan

Anda bisa mempelajari hal pokok pengembangan sistem mesin menggunakan data-data yang saat ini bisa diperoleh melalui kebiasaan manusia.

 

Fungsi Machine Learning

Fungsi Machine Learning
Fungsi Machine Learning

Fungsi Machine learning sangat beragam, dalam kehidupan harian manusia yang tidak lepas dari perkembangan jaman yang semakin praktis, Machine learning biasa digunakan di berbagai industri dan bidang antara lain:

 

1.Bidang kedokteran

Teknologi bidang kedokteran
Teknologi bidang kedokteran

Machine learning bisa memberikan informasi terkait kesehatan seseorang selama perawatan di rumah sakit. Misalnya mesin elektrokardiogram yang bisa mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

Bisa dibayangkan ketika setiap pasien harus diidentifikasi secara manual, hal ini tentu akan membutuhkan banyak dokter dan tenaga untuk mengawal proses pemantauan.

 

2.Bidang Computer Vision

Computer Vision
Computer Vision

Sistem bisa berfungsi dalam mengekstrak informasi dari gambar tertentu, misalnya pengenalan wajah pada teknologi ponsel berbasis AI masa kini atau pelabelan wajah pada akun media sosial.

Fitur tersebut saat ini sudah lazim ditemukan pada smartphone flagship buatan Apple dan Samsung. Tinggal menunggu waktu untuk diaplikasikan ke dalam brand ponsel lain.

 

3.Bidang Information Retrieval

penerjemah
penerjemah

Sering menggunakan fitur penerjemah bahasa lewat mesin pencarian di komputer? Bidang Information Retrieval (IR) merupakan contoh fungsi machine learning dalam mencari dan mendapatkan informasi tersebut.

Jadi, bisa dibayangkan betapa dekatnya penerapan teknologi machine learning yang saat ini sudah diterapkan untuk mempermudah kehidupan.

 

Manfaat Machine Learning 

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa fungsi machine learning sangat berdampak di segala sektor atau bidang, manfaat pengembangan sistem benar-benar dirasakan oleh masyarakat, terutama generasi milenial.

Bagi pebisnis, pengembangan sistem kecerdasan buatan bisa membuat usaha menjadi lebih efisien dan praktis. Misalnya, pekerja di bidang penulisan yang tidak perlu melakukan pengecekan ejaan secara manual saat mengetikkan tulisan di Microsoft Word, atau proses otomatisasi iklan digital yang saat ini mulai diterapkan oleh Google.

Ketergantungan teknologi sudah bukan hal yang asing di era modern. Tentu Anda harus menggunakan manfaat machine learning yang bisa memudahkan aktivitas harian dengan sebaik mungkin. Kinerja machine learning yang real time seharusnya memberikan dampak produktivitas harian lebih meningkat.

 

Cara Kerja Machine Learning

 

Machine learning memiliki cara kerja berupa riset dan algoritma yang akan menemukan pola yang bisa melakukan suatu prediksi. Ada 4 tahapan kinerja mesin yang bisa membantu kegiatan harian Anda menjadi lebih baik yaitu:

 

1.Pemilahan data

Machine learning memang sistem yang mengandalkan data, mulai training data, validation data dan test data. Jadi, jika Anda memiliki data tertentu dan butuh eksekusi maka machine learning bisa menjadi salah satu opsi.

 

2.Model Data dan Validasi Model

Anda wajib membangun model dengan fitur yang sesuai dengan tujuan machine learning lewat model data. Lakukan validasi model atau pengujian terhadap model data yang telah disiapkan untuk mendapatkan input, proses dan output.

Baca juga: Mau Jadi Data Scientist? Ini Skill Yang Harus Dimiliki

 

3.Test Modeldan Penggunaannya

Test data adalah perbandingan kinerja model yang telah divalidasi dengan data prediksi, lalu mengaplikasikan data yang sudah terlatih dengan menciptakan prediksi data baru.

Bagi Anda yang melek teknologi, menguasai ilmu machine learning merupakan peluang usaha di era digital. Dengan menguasai sistem pengembang mesin, Anda memiliki kesempatan bekerja di perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, Apple, atau Singtel. Prospek karir sangat cemerlang di dunia yang mengalami kemajuan teknologi super cepat seperti sekarang.

Sekian artikel pembahasan terkait apa itu machine learning, manfaat, dan cara kerjanya. Nantikan berbagai pembahasan menarik lainnya seputar dunia teknologi hanya di blog Qwords.com. Dapatkan penawaran paket hosting terbaik dengan harga terjangkau secara ekslusif hanya dengan berlangganan newsletter.

Semoga bermanfaat.

Value Proposition: Definisi, Komponen Utama dan…

Value proposition adalah elemen penting suatu bisnis agar barang produksi selalu laku dibeli oleh para pelanggan. Proposisi nilai atau value proposition menjelaskan mengapa pelanggan...
Nadia Agatha
3 min read

2 Replies to “Apa Itu Machine Learning? Inilah Fungsi…”

  1. Machine Learning sekarang bisa digunakan juga untuk berbagai industri, terutama untuk call center dan customer service. Contohnya WIZ AI yang mengembangkan conversational voice AI atau Talkbot untuk call center. Suara botnya benar-benar asli seperti manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *