Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan pada dunia, bisa dalam artian negatif maupu positif. Salah satu dampak positif perkembangan teknologi adalah dengan adanya internet. Dimana internet bisa membantu manusia dalam banyak hal jika digunakan secara bijak, tetapi bisa merugikan jika disalahgunakan. Untuk bisa mengakses internet Anda perlu koneksi ke jaringan. Makanya Anda perlu mendapatkan layanan dari ISP atau Internet Service Provider. Apakah Anda mengerti apa itu ISP?

Pengertian ISP

Apa Itu ISP Inilah Fungsi dan Cara Kerja Internet Service Provider
Apa Itu ISP Inilah Fungsi dan Cara Kerja Internet Service Provider

Apa itu ISP? ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider atau dalam bahasa Indonesia singkatannya adalah PIJI. Secara umum, ISP adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkannya secara gratis, karena ini adalah layanan berbayar. Internet Service Provider memang lebih familiar dengan sebutan provider internet karena pengucapannya lebih mudah.

Jaringan yang ditawarkan oleh ISP memang luas dan artinya baik itu penggunak internasional maupun lokal bisa terhubung secara global. Sehingga data bisa mengalir melalui jaringan data transmisi dat satu tempat ke tempat yang lain. Ada banyak jalur transmisinya, bisa melalui sinyal radio, modem, kabel, dan jalur lainnya. Dalam pelayanan berbayar dari ISP tentu akan ditarik biaya bulanan yang terbagi menjadi dua kategori yaitu modem dan broadband.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu FUP dalam Layanan Internet?

Pada koneksi kategori dial up atau modem memang biayanya tergolong murah dan ada juga yang gratis. Sedangkan media transmisi yag digunakan adalah kabel telepon biasa dan bisa dipasang di kantor maupun rumah. Kategori yang kedua adalah broadband atau jalur lebar, biasanya transmisi akan menggunakan internet nikabel, modem, satelit, dan lainnya. Memang yang jenis ini lebih cepat, tetapi biayanya lebih mahal.

Fungsi dan Cara Kerja Internet Service Provider

internet service provider
internet service provider

Terlepas dari pengertian ISP, Anda juga perlu mengetahui fungsi dan cara kerja dari ISP. Namun dilihat dari pengertiannya saja, ISP adalah badan penyedia layanan internet. Yang mana tanpa adanya ISP akan membuat masyarakat tidak bisa mengakases internet seperti sekarang.

Sedangkan untuk fungsi ISP secara detail, adalah berikut ini.

  • Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  • Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
  • Menyediakan tempat untuk homepage
  • Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  • Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

Cara Kerja ISP

Cara kerja ISP tergolong sederhana, yaitu hanya menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Barulah setelah itu pihak ISP akan merouting jaringan kepada perangkat yang digunakanoleh pengguna jasa, bisa saja perangkat tersebut adalah handphone, modem, dan berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakases internet lainnya.

Baca juga: Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Apabila sudah, maka pengguna jasa bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki. Ada juga yang bisa memilih jaringan yang akan diinginkan dan dibutuhkan.

Contoh ISP di Indonesia

Tentu di Indonesia sendiri juga terdapat ISP, dan ada banyak provider internet yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah daftar Internet Service Provider di Indonesia.

1. Indihome

Indihome merupakan salah satu provider yang populer di masyarakat, dan penyedianya adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yaitu PT Telkom Indonesia. Ada banyak yang yang membuat ISP ini populer salah satu alasannya adalah koneksinya yang cepat dan stabil.

2. Access Servise Dedicated to Internet

ISP yang satu ini juga sama dengan Indihome, sama sama berasal dari perusahaan yang sama yaitu PT Telkom Indonesia. ISP ini lebih dikenal dengan singkatannya yaitu Astinet, dan penggunaannya memang skala besar.

3. IM2

ISP yang satu ini berasal dari PT Indosat, dan jasa layanan yang ditawarkan adalah hosting dan domain.

4. Centrin

Apabila menyinggung ISP yang canggih maka Centrin adalah jawabannya, produk ini disediakan oleh PT Centrin Online. Layanannya adalah akses internet cepat dan stabil dengan infrastruktur canggih.

5. Provider Celuler

Apabila ISP yang sudah disebutkan diatas adalah ISP skala besar dan umum seperti wifi, maka yang ini berbeda. Karena penggunaannya secara pribadi, yaitu pada ponsel masing-masing. Memang provider seluler lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis. Biasanya layanannya bukan unlimited, tetapi menggunakan kuota internet. Tentu ada banyak provider yang menawarkan layanan ini, Anda tinggal pilih saja.

Mempelajari ISP adalah salah satu hal wajib di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, apalagi ISP yang ada di Indonesia. Karena internet sudah menjadi bagian dari hidup manusia sekarang, dan semakin lama juga berkembang.

Jadi tidak ada salahnya jika memahami seluk beluk internet dan ISP selaku penyedia jasa layanan internet. Karena sebagai user / pengguna internet pasti kita juga membutuhkan ISP yang tepat dan terpercaya.

Sebagai salah satu provider web hosting terbaik di Indonesia, Qwords.com sendiri juga sangat mempertimbangkan kualitas ISP yang digunakan untuk kebutuhan customer support, billing, hingga management server.

Alhasil, jika sewaktu-waktu Anda mengalami kendala pada website bisnis yang dikelola maka tim support kami bisa langsung menangani permasalahan yang ada.

Demikian artikel terkait apa itu ISP. Jangan lupa untuk klik bagikan atau meningalkan jejak di kolom komentar jika Anda memiliki pertanyaan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *