Dropshipper : Bisnis Online Minim Risiko

2 min read

Apa Itu Dropship

Bisnis online semakin menjamur di Indonesia seiring dengan berkembangnya habit berbelanja online di kalangan masyarakat Indonesia. Bisnis online banyak digeluti baik sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan karena fleksibel, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, tanpa ikatan waktu dan tempat. Beberapa tipe bisnis online bahkan bisa dijalankan tanpa modal usaha dan cenderung minim risiko.

Salah satu jenis bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal usaha dan minim resiko, yaitu dropshipper. Apa pengertiannya, bagaimana cara menjalankannya, dan dimana bisa menjalankannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Dropshipper?

Apa Itu Dropship
Apa Itu Dropship

Mungkin anda pernah mendengar istilah reseller dan dropshipper. Dua istilah ini snagat identik  dengan bisnis online. Pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki pengertian hampir sama dimana mereka bertindak sebagai penjual yang menjual kembali produk dari produsen, supplier, atau distributor kepada konsumen. Perbedaannya ada pada kepemilikan stok barang.

Reseller merupakan orang yang menjual kembali sebuah produk dengan terlebih dahulu membeli stok dari produsen, supplier, atau distributor dalam jumlah besar, menyimpan stok tersebut, dan menjualnya kembali serta melakukan pengiriman secara langsung kepada konsumen. Sementara pengertian dropshipper adalah orang yang memasarkan produk dari produsen, supplier, atau distributor tanpa membeli stok barang dahulu. Jadi pelaku dropship tidak memiliki stok barang dan hanya memasarkan produk melalui media sosial atau toko online. Jika ada order yang terjadi, order tersebut diteruskan kepada produsen, supplier, atau distributor dan kemudian pengiriman akan dilakukan langsung dari produsen, supplier, atau distributor kepada konsumen.

Kelebihan Dropship

Keunggulan sistem dropship jika dibandingkan dengan sistem bisnis online yang lain adalah :

1. Tanpa Modal Usaha

Sistem bisnis ini membutuhkan modal yang kecil, bahkan nyaris tanpa modal udaha karena tidak perlu membeli stok barang.

2. Minim Risiko

Tergolong bisnis yang minim risiko. Sebab, tidak ada risiko stok barang rusak atau menumpuk karena tidak laku. Kalaupun ada risiko, mungkin terbatas pada loyalitas pelanggan karena pelaku dropship tidak punya kuasa dalam memastikan kualitas produk atau kecepatan pengiriman misalnya.

3. Fleksibel

Berjualan dengan sistem online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

4. Tak Butuh Keterampilan Khusus

Bisnis dropship cukup mudah dijalankan tanpa membutuhkan suatu keterampilan khusus, yang artinya setiap orang bisa menjalankannya.

Baca juga : Menemukan Ide Bisnis Dropship Yang Tepat

Cara Menjadi Dropshipper

Keuntungan Bisnis Dropship
Keuntungan Bisnis Dropship

Menjadi seorang dropshipper Indonesia, tidak ada syarat dan ketentuan khusus. Anda hanya harus memiliki perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone dan koneksi internet yang memadai. Secara lebih rinci berikut tahapan yang harus anda ikuti ketika ingin menjadi seorang pelaku drop ship.

  • Tentukan produk yang ingin dijual
  • Cari produsen, supplier, atau distributor yang terpercaya yang menawarkan produk dengan kualitas yang baik dengan harga terjangkau
  • Bangun toko online, baik melalui website, marketplace atau media sosial
  • Promosikan produk, baik melalui media sosial, website, marketplace, dan lain sebagainya. Cantumkan harga dengan sudah memperhitungkan keuntungan
  • Jika terjadi order, konsumen melakukan pembayaran kepada pelaku drop ship
  • Order diteruskan kepada produsen, supplier, atau distributor dengan melakukan pembayaran kepada mereka
  • Produsen, supplier, atau distributor akan mengirimkan produk langsung kepada konsumen dengan nama toko anda

Baca juga : Tips Menjadi Dropshipper Sukses

Bisnis Dropshipper

Berbisnis sebagai dropshipper indonesia bisa dikatakan memiliki peluang yang besar dengan berbagai keunggulan seperti yang dijelaskan di atas. Tetapi bisnis ini juga memiliki beberapa tantangan. Tantangan menjadi dropshipper adalah sebagai berikut.

  • Sebagai jenis usaha dengan modal dan resiko yang kecil, membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis ini sehingga persaingan usaha sangat ketat.
  • Persaingan usaha yang ketat membuat persaingan harga juga semakin ketat, sehingga anda harus berlomba-lomba menawarkan harga jual paling rendah. Jadi keuntungan yang ditawarkan tergolong
  • Sebagai penjual yang tidak memiliki stok barang sendiri, sangat sulit mengetahui stok riil yang tersedia.
  • Tidak bisa mengontrol kualitas produk yang dijual.
  • Garis depan penerima komplain dari konsumen.

Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, bisnis dropship tidak akan mati dengan mudah karena peluang untuk berjualan dengan sistem online sangat besar. Terlebih dengan banyaknya muncul marketplace membuat potensi berjualan online sangat besar. Berikut beberapa peluang yang bisa anda gunakan untuk membuka toko online anda :

1. Media Sosial

Media sosial paling banyak diakses ketika seseorang terhubung ke internet. Sehingga media sosial seperti Instagram dan Facebook sangat cocok digunakan sebagai lahan pembuka toko online.

2. Marketplace

Menjamurnya marketplace membuka peluang bisnis online semakin besar. Anda bisa membuka toko online di marketplace untuk menjalankan bisnis dropship. Misalnya, menjadi dropshipper tokopedia yang merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

3. Website

Mockup Website Design
Mockup Website Design

Memasarkan produk bisa dilakukan melalui website, tetapi cara ini terbilang agak merepotkan dan membutuhkan keahlian khusus.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis online sebagai dropshipper. Jenis usaha ini sangat cocok dijalankan ketika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan usaha. Selain itu jenis usaha ini juga sangat cocok dijalankan sebagai pekerjaan sampingan oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja kantor, dan lain sebagainya karena jam kerja yang sangat fleksibel.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan hosting keperluan membuat website, Kami memiliki rekomendasi Hosting Murah dari Qwords.com. Cukup dengan biaya Rp 14.500/bulan Anda sudah bisa mendapatkan layanan hosting berkualitas. Tunggu apalagi miliki website untuk keperluan bisnis Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *