Apa itu DNS? DNS merupakan sebuah sistem yang menjadi pengubah URL website ke bentuk IP Adress. Tanpa adanya DNS, Anda harus mengetikkan IP address lengkap saat ingin mengunjungi website tertentu di internet. Anda yang penasaran seperti apa lengkapnya mengenai informasi ini jangan beranjak. Karena di artikel ini kami akan membahas semuanya.

Pengertian DNS

 

Apa itu DNS server? Sesuai yang sudah disinggung diawal, bahwa Domain Name Server atau yang akrab disebut DNS merupakan sistem yang menghubungkan antara Uniform Resource Locator (URL) dan IP Adress. Normalnya, untuk akses internet atau website tertentu, pengguna harus mengetikkan ID Adress website yang dituju. Jika tidak, ia tidak bisa masuk ke website yang diinginkan.

Karena ini artinya Anda perlu daftar lengkap adress dari website yang ingin dikunjungi dan memasukkannya dengan mengetikkan secara manual. DNS sendiri merupakan sebuah sistem khusus yang meringkat pekerjaan kita. Kini Anda hanya perlu mengingat nama doman  dan memasukkannya ke address bar saja untuk mengunjungi sebuah website.

DNS dijadikan penerjemah domain tadi dan menghubungkannya ke IP Adress yang dipahami oleh komputer. Misal saja Anda ingin akses ke Google, tidak perlu akses melalui 172.217.0.142 di adress bar. Namun hanya perlu memasukkan alamat google.com saja. Tentu saja ini sangat mempermudah pekerjaanmu.

 

Fungsi DNS

 

Apa itu DNS management? Ini merupakan sebuah fitur khusus yang berfungsi untuk memberi kemudahan dalam mengatur dan juga mengelola DNS record yang dibutuhkan. Dengan menggunakan DNS record tersebut, pengguna bisa mengarahkan DNS server dari domain  secara langsung. Ini membuat Anda yang sudah memiliki domain dan hosting terpisah tidak perlu khawatir. Sebagai top 5 provider hosting di Indonesia, Qwords.com juga menyediakan fitur ini untuk para penggunanya.

Anda bisa langsung mengarahkan DNS yang Anda miliki tadi lewat client area dan juga setting DNS didalam hosting. Setidaknya ada beberapa tipe DNS record yang harus Anda tahu sebelum menggunakannya. A, AAA, CNAME, MX Record, TXT Record, SRV Record, NS record merupakan salah satu jenis record yang banyak digunakan.

Setelah mengetahui apa itu DNS, Anda juga harus tahu seberapa pentingkah DNS ini. DNS server menjadi bagian untuk database server yang menyimpan semua alamat IP yang dipakai untuk menamamkan hostname disuatu website tertentu. Jadi saat Anda mengetikkan Google.com, DNS Server ini akan langsung menerjemahkan ke alamat IP dan menghubungkanmu ke Google yang ingin diakses.

Akhirnya, tampilan pencarian Google bisa Anda dapat sesuai kebutuhan. Untuk menjalankan tugasnya, DNS sendiri membutuhkan program client yang disebut resolver untuk menghubungkan komputer server ke server DNS. Program resolver tersebut merupakan web browser dan juga mail client. Jadi untuk menggunakan server DNS, Anda harus install program browser yang menjadi mail client.

Secara garis besarnya, berikut cara kerja dari DNS server tersebut:

  1. DNS resolver akan melakukan alamat host yang ada di file HOSTS. Apabila alamat host telah dicari dan ditemukan serta diberikan, proses selesai.
  2. DNS resolver mencari data cachea yang dibuat resolver untuk penyimpanan hasil permintaan yang sebelumnya. Apabila ternyata ada, data tersebut disimpan di data cache dan kemudian hasilnya diberikan.
  3. DNS resolver mencari alamat server DNS pertama yang sudah ditentukan pengguna
  4. Server DNS menugaskan untuk mencari domain dan juga cache
  5. Jika domain yang dicari server DNS ternyata tidak ada, pencarian dilakukan dengan melihat file zones yang terdapat di server
  6. Jika ternyata datanya masih tidak ditemukan lagi, pencarian tersebut dilakukan dengan memanggil server DNS lain yang ada kaitannya dengan server yang dimaksudkan tadi.

 

Propagasi DNS

 

Di dalam sistem kerja DNS ada yang disebut dengan nama propagasi DNS. Banyak kasus yang banyak ditemui ketika melakukan order domain dan tidak bisa akses domain ketika layanan tersebut aktif. Inilah yang dimaksud dengan propagasi DNS itu sendiri. Propagasi DNS adalah waktu untuk menghubungkan domain supaya bisa tersambung lewat server.

Berapa masa propagasi DNS? Untuk masanya sendiri memang beragam dan bervariasi karena ditentukan oleh domain yang dipakai. Umumnya, waktunya biasa berlangsung sampai 24 jam. Apabila domain tadi sudah melewati masa propogansi ini, maka domain bisa digunakan dan bisa langsung diakses sesuai keinginan.

Ada banyak faktor yang menentukan propagasi DNS, diantaranya:

  • Umur domain name, domain yang masih baru umumnya membutuhkan waktu untuk propagasi DNS.
  • Internet server provider, hal ini waktu propagasi DNS juga dipengaruhi oleh ISP yang dipakai pengguna. IPS melakukan penyesuaikan dengan DNS baru untuk mengaktifkan kondisi tadi.
  • Registrar: tempat untuk melakukan pendaftaran domain juga mempengaruhi kecepatan propagasi DNS yang Anda miliki. Domain dengan name internasional atau TLD umumnya mempunyai respon yang cepat apabila registr domain lokal atau ccTLD.

Propagasi DNS server memang membutuhkan waktu namun Anda bisa menggunakan tips dan trik untuk mempercepat masanya. Ada banyak cara untuk mempercepat proses propagasi DNS ini. berikut cara yang bisa digunakan:

  1. Lakukan refresh terlebih dahulu pada browser yang digunakan. Anda bisa melakukan refresh ini dengan tekan CTRL + F5 atau command + R (untuk pengguna macbook). Anda bisa melakukannya secara bersamaan dan lakukan terus-menerus.
  2. Lakukan langkah cache pada browser. Ini bisa disesuaikan dengan browser yang dipakai. Pengguna Google Chrome, klik dan pilih More Tools dan kemudian klik Clear Browsing Data. Sedangkan pengguna Mozilla Firefox, Anda bisa memilih menu Tools dan kemudian Clear Private Data. Berikan centang di pilihan Cache dan klik tombol clear private Data Now.
  3. Disconnect koneksi internet untuk sementara waktu. Hal tersebut dilakukan agar bisa mempercepat proses ISP  itu sendiri.
  4. Coba berikunya akses website lain yang memiliki IP Adress sama dengan website yang Anda miliki

Untuk mengecek masa propagasi DNS ini ada banyak cara. Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan yang sudah disediakan. Contoh layanan yang dimaksud adalah ViewDNS.Info. Layanan didalamnya mampu untuk mengcek status dari propagasi DNS yang tersebar di 20 negara. Selain itu, layanan ini juga mempunyai layanan gratis lain seperti IP location Finder, Traceroute Firewall Test dan sebagainya.

Selain itu, ada juga Dnschecker.org, App Synthetic Monitor, Ceipam.eu, Whatsmydns.net dan masih banyak lainnya. tentukan saja mana yang ingin digunakan. Setiap layanan yang ada tadi mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jadi manfaatkan informasi sebaik mungkin untuk menentukan tempat terbaik untuk mengecek masa propagasi DNS.

DNS merupakan bagian penting dari domain. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan domain berkualitas, murah dan terlengkap, Qwords.com adalah pilihan terbaik. Ada banyak pilihan domain yang bisa Anda beli melalui layanan kami. Entah itu untuk keperluan toko online ataupun keperluan lainnya. Beli domain di Qwords juga sudah terbukti bagus kualitasnya karena menjadi sudah mengantong Accredited Registrardari PANDI.

Nah, bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah saat ini sudah menemukan nama domain idaman untuk berekspansi ke pasar digital?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *