Dalam bidang pengembangan website, efisiensi serta modularitas seakan sudah menjadi istilah umum yang hampir setiap hari digunakan. Ditengah kejenuhan ketika harus menulis ulang kode yang sama untuk beberapa aplikasi atau web perusahaan, kini Anda bisa dimudahkan berkat adanya framework yang mampu membantu pekerjaan Anda secara signifikan.

Bagi Anda yang belum tahu, framework adalah sekumpulan instruksi yang digabung dalam satu wadah khusus guna memudahkan para web developer dalam melakukan pemrograman secara efektif dari segi waktu dan pekerjaan.

Definisi framework tersebut sesuai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang berarti sebuah kerangka kerja. Kerangka kerja untuk membuat sesuatu, dalam hal ini pembuatan website.

Dengan menggunakan framework proses pembuatan website akan jauh lebih singkat dibandingkan PHP native. Pasalnya, web developer tidak harus membuat semua kode dari awal.

Bicara soal framewrk, di antara berbagai framework yang ada, Codeigniter adalah pilihan framework yang dianggap terbaik jika dibandingkan framework berbasis PHP lainnya. Penasaran tentang apa itu Codeigniter dan keunggulannya? Yuk, langsung saja mari kita simak pembahasannya.

 

Pengertian Apa Itu Codeigniter

Apa Itu Codeigniter Inilah Keunggulan dan Sejarah Perkembangannya
Apa Itu Codeigniter Inilah Keunggulan dan Sejarah Perkembangannya

Apa itu Codeigniter? Codeigniter adalah satu dari sekian banyak framework yang biasa digunakan oleh para developer PHP. Jenis framework ini bisa dibilang paling banyak digunakan di antara jenis framework lainnya, karena mampu mempercepat pengembangan web berbasis PHP berdasarkan package serta array library yang lebih luas.

Selain itu, Framework codeigniter juga terkenal ringan karena sistem utama framework ini hanya membutuhkan beberapa library kecil sehingga bisa menghemat resource website.

Alhasil, Anda bisa lebih leluasa dalam mengembangkan website dengan kualitas terbaik tanpa harus khawatir bakal memakan resource besar pada hosting yang Anda gunakan.

Framework Codeigniter pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 Febrari 2006. Sejak saat itu framework ini terus mengalami perkembangan dari segi fitur dan kehandalan, dan sampai artikel ini ditulis Codeigniter sudah memasuki versi 3.1.11.

Baca juga: Apa Itu Bootstrap? Inilah Pengertian dan Cara Menggunakannya

Jika menilik dari perkembangan trend yang ada, framework Codeigniter cocok digunakan dalam pembuatan website komersial seperti: Website startup, e-Commerce, Company profile, Portal berita, sistem informasi, blog, dan lain sebagainya.

 

Keunggulan CodeIgniter

Belajar codeigniter
Belajar codeigniter

1. Konfigurasi Minim (Nearly zero configuration)

 

Seperti yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya dengan framework Codeigniter para web developer bakal lebih mudah melakukan konfigurasi file karena sistemnya yang memang sederhana.

Bayangkan saja, ketika menggunakan Codeigniter Anda hanya perlu melakukan perubahan minor pada bagian file config jika ingin melakukan konfigurasi.

Terlepas dari itu, Anda tentu masih diberikan keleluasaan dalam proses penyesuaian database dan routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti autoload.php serta database.php.

 

2. Memiliki Performa Cepat

 

Tahukah Anda? framework berbasis PHP ini diklaim memiliki performa yang sangat cepat ketika dibandingkan dengan framework-framework lain seperti Symfony, Cake, Yii, dan Laravel. Hal ini disebabkan karena framework Codeigniter tidak menggunakan tmplate engine dan ORM yang justru berpotensi memperlambat proses load website.

Baca juga: Pengertian Framework Laravel Beserta Fitur dan Keunggulannya

Nah, oleh sebab itu, tak heran jika para web developer di Indonesia maupun di dunia banyak yang kepincut untuk menggunakan framework Codeigniter, terlebih ketika perusahaan ingin menekan biaya server/web hosting agar tidak terlalu membebani keuangan.

 

3. Punya Banyak Komunitas

 

Salah satu keunggulan framework Codeingiter yang perlu Anda garis bawahi adalah banyaknya komunitas pendukung Codeigniter yang terdiri dari para web developer di seluruh penjuru dunia.

Berkat adanya komunitas ini, maka proses bertukar informasi serta mendapatkan wawasan terbaru pun menjadi semakin mudah.

Anda baru belajar menggunakan framework Codeigniter dan merasa butuh mentor untuk melakukan bimbingan? Tinggal browsing untuk mendapatkan jawaban.

 

4. File Dokumentasi Lengkap

 

File dokumentasi menjadi sangat penting ketika ingin mempelajari sesuatu, baik secara otodidak maupun secara formal. Nah, framework Codeigniter sendiri tercatat mempunyai file dokumentasi yang sangat lengkap. Dokumentasi berupa user manual tersebut tentunya bisa diakses dengan mudah untuk dipahami.para pengguna awam.

Kendati demikian, tetap saja untuk bisa mulai menggunakan framework Codeigniter diperlukan pengetahuan dasar terkait PHP serta sedikit pengalaman menggunakan comand line Linux.

Tak Perlu Pusing dalam Memilih Framework

website professional
website professional

Harus diakui, PHP mempunyai beragam framework yang kadang justru membuat bingung para web developer. Daripada menghabiskan waktu untuk membandingkan antar framework lebih baik jika Anda memanfaatkan watu tersebut untuk mendalami salah satu framework agar mendapat keahlian penuh.

 

Rekomendasi Hosting Untuk Mengoptimalkan Performa Website

 

Jika  Anda seorang web developer atau blogger yang sedang mempelajari framework Codeigniter, jangan ragu untuk menggunakan layanan Cloud Hosting dari Qwords.com. SebAgai informasi,saat ini kami menawarkan pilihan paket web hosting murah mulai dari Rp21.900/bulan + gratis domain .COM pula untuk tahun pertama.

Hal ini tentu bisa Anda pertimbangkan untuk melengkapi pembelajaran framework Codeigniter Anda dengan cara praktek langsung membangun website atau aplikasi.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba?

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *