Penjelasan Lengkap Apa Itu CDN dan Fungsinya

3 min read

Apa Itu CDN

Pernahkah Anda mendengar istilah CDN? Mungkin bagi sebagian orang yang masih awam pasti bertanya-tanya apa itu CDN. Bagi yang sering berhubungan dengan domain hosting pasti tidak asing lagi dengan istilah CDN ini. Teknologi CDN sekarang ini sudah banyak digunakan dan memiliki manfaat terutama untuk kecepatan akses website.

CDN bisa digunakan untuk keperluan website berskala besar hingga kecil, tetapi paling optimal memang digunakan untuk website dengan traffic yang besar. Jika Anda belum mengetahui apa itu CDN dan fungsinya apa, silahkan simak pembahasannya pada paragraf berikut ini.

Apa Itu CDN

Apa Itu CDN
Apa Itu CDN

CDN atau Content Delivery Network adalah sekumpulan dari server yang lokasinya di berbagai lokasi dengan fungsi untuk mengirimkan konten website pada lokasi yang terdekat. Oleh karena itu CDN memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan hosting, terutama dalam hal kecepatan request konten.

Contohnya saja saat ini Anda berlokasi di Indonesia sedang melakukan request konten pada website yang hostingnya berada di Amerika Serikat. Nah website tersebut telah menggunakan layanan CDN dengan lokasi data center yang terdekat dari lokasi Anda adalah Singapura, maka request konten akan dikirimkan langsung dari data center CDN Singapura. Jadi proses pengiriman konten menjadi lebih dekat dan lebih dekat, Anda bisa memangkas selisih waktu sampai beberapa detik. 

Dalam artikel sebelumnya pernah Kami singgung tentang tips memilih lokasi server hosting, seharusnya hosting yang dipilih adalah lokasinya terdekat dengan pengunjung website. Tetapi kenyataan di lapangan biasanya provider hosting tidak memiliki banyak pilihan lokasi server. Jadi solusi terbaiknya adalah dengan menambahkan CDN.

Fungsi CDN

Jika sampai saat ini Anda belum menggunakan CDN, Kami akan membahas mengenai fungsi CDN yang bisa membuat Anda berubah fikiran. Apa saja itu? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini:

1. Menghemat bandwidth

Salah satu hal penting dalam pemilihan hosting adalah mengetahui seberapa besar bandwidth yang disediakan. Biasanya para provider memberikan jatah bandwidth bulanan, jika bandwidth habis maka website terkena suspend atau suruh untuk melakukan upgrade paket yang lebih tinggi.

Untuk mengurangi bandwidth website yang besar terutama website dengan pengunjung website yang banyak, solusinya adalah dengan menggunakan tool caching website dan menggunakan CDN. CDN akan menurunkan request dari server hosting secara langsung karena data sudah tersimpan dalam cache CDN, jadi bandwidth bisa lebih hemat.

2. Menaikan kecepatan website

kecepatan internet
kecepatan internet

Dengan semakin dekatnya data center hosting yang Anda gunakan, maka otomatis load kecepatan website Anda semakin cepat, bisa selisih sampai beberapa detik dari waktu semula. Selain itu skor bounce rate website Anda semakin turun seiring dengan akses website yang semakin cepat.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Website

3. Keamanan website meningkat

CDN memungkinkan untuk mengamankan website dari serangan DDoS (Distributed Denial of Service) yang sekarang ini sedang massif. Jadi saat terjadi serangan DDoS, request palsu iki akan terdeteksi oleh server CDN yang berada di lokasi yang berbeda. Selain itu semua server CDN sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL dengan tingkat enkripsi tinggi sehingga meningkatkan keamanan website Anda secara berlapis.

4. Distribusi konten jadi lebih baik

Dengan melakukan distribusi konten secara merata sesuai dengan lokasi pengunjung website maka mengurangi beban server. Server yang terlalu banyak akses bisa terjadi kegagalan server yang menyebabkan downtime. Dengan menggunakan CDN request akan semakin berkurang karena semua data sudah tersimpan dalam CDN, jadi server hosting lebih aman.

5. Meningkatkan peringkat website

Nah yang terakhir adalah peringkat website menjadi meningkat. Dalam 200 SEO Ranking Factor disebutkan bahwa kecepatan website menjadi salah satu hal penting dalam SEO.

Cara Setting CDN

Untuk Anda yang tertarik menggunakan CDN, saat ini ada banyak penyedia CDN yang menawarkan berbagai keunggulan. Contoh saja seperti Cloudflare, Microsoft Azure CDN, Fastly, KeyCDN, MetaCDN, StackPath, Akamai, Amazon CloudFront dll. Dari beberapa provider CDN tersebut Kami tidak akan membahas semuanya, Kami mengambil satu contoh untuk setting CDN Cloudflare yang memiliki jumlah pengguna terbanyak saat ini, apalagi Cloudflare memiliki layanan CDN gratis yang bisa Anda coba. Berikut cara setting CDN Cloudflare:

1. Daftar Cloudflare

Cara setting DNS Cloudflare yang pertama Anda harus mendaftar terlebih dahulu pada Cloudflare. Silahkan masukan email dan password, jangan lupa untuk selalu mengingatnya untuk login berikutnya.

2. Add site

Memasukan nama domain Cloudflare
Memasukan nama domain Cloudflare

Masukan nama domain yang akan Anda didaftarkan pada layanan Cloudflare, Kami mencontohkan dengan “namadomain.com” kemudian pilih tombol “Add site”.

3. Select a Plan

Select plan Cloudflare
Select plan Cloudflare

Untuk Anda yang ingin mencobanya Cloudflare gratis, silahkan pilih yang Free, tersedia paket lain seperti Pro dengan 20$/bulan, Business 200$/bulan dan juga paket Enterprise. Jika sudah pilih paket silahkan lanjutkan dengan “Confirm plan”

4. Setting Cloudflare

Setting Cloudflare
Setting Cloudflare

Akan muncul setting cloudflare untuk domain utama dan subdomain yang terdeteksi, untuk lebih baiknya aktifkan Cloudflare pada semua domain dan subdomain agar lebih maksimal. Untuk mengaktifkan silahkan klik logo awan hingga menjadi warna orange. Jika sudah aktif semua silahkan klik “Continue”.

5. Copy Cloudflare Nameserver

Ganti Nameserver baru
Ganti Nameserver baru

Silahkan copy Nameserver dari Cloudflare tersebut, biasanya CF akan memberikan dua name server yang berbeda. Silahkan remove Nameserver domain Anda sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan.

6. Login Control Panel Domain

Silahkan login pada control panel domain Anda, silahkan menuju pada menu name server kemudian ganti nameserver dari Cloudflare tersebut. Jangan lupa untuk save setelah mengganti NS domain baru. Proses propagasi NS Cloudflare ini hanya hitungan detik saja tidak sampai menyebabkan website down.

Nah bagaimana apakah berniat untuk memasang CDN pada layanan hosting yang Anda gunakan saat ini? Untuk Anda yang membutuhkan hosting kapasitas besar, Kami memiliki rekomendasi di Qwords.com. Cukup dengan harga 34.900 Anda sudah bisa mendapatkan layanan hosting unlimited dengan RAM 1 GB 5 Addon Domain. Tunggu apalagi miliki hosting mu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *