Apa Itu Apache dan Perbedaannya Dengan Nginx

2 min read

Apa itu Apache

Di era teknologi seperti sekarang ini, internet secara masif digunakan oleh semua kalangan. Pengguna internet pasti pernah mendengar istilah web server yang merupakan kebutuhan utama ketika sedang menjelajahi dunia maya menggunakan browser. Banyak  jenis web server yang ada di dunia, salah satu yang paling sering digunakan ialah Apache.

Memangnya apa hubungannya web server dengan internet? Apa itu apache? Apa saja kelebihannya? Berikut akan dibahas apache adalah? pengertian, beserta kelebihan dan perbedaannya dengan Nginx yakni jenis web server lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini

Apa Itu Apache?

Apa itu Apache
Apa itu Apache

Sebelum mengenal Apache, Anda perlu tahu dulu dengan web server. Web Server adalah software yang berfungsi menerima halaman web dari permintaan http/https atau browser yang kemudian mengirimkan respon dalam bentuk dokumen html. Jadi, web server yang akan bertugas memberi data pada browser seperti Mozilla firefox, Google chrome, dan lain nya untuk bisa menampilkan konten.

Jadi apa itu apache?

Apache adalah jenis web server yang populer dan paling banyak digunakan di dunia. Dikelola oleh Apache Software Foundation, Apache mulai diluncurkan sejak 1995 dan terus naik daun setahun setelahnya sampai saat ini. Selayaknya fungsi web browser, Apache bertugas sebagai penghubung antara user (browser) dan server.

Dulunya Apache dikembangkan agar menjadi web server open source untuk sistem operasi seperti UNIX. Selain itu, pengembangan juga bertujuan untuk menyediakan jenis web server yang bisa dengan mudah dikembangkan, aman, efektif, dan efisien. Kini Apache banyak digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Linkedin, Adobe, General electric, IBM, juga digunakan oleh penyedia layanan panel kontrol sebagai web browsernya.

Kelebihan Apache Adalah

Apache web server qwords by Andy N
Apache web server qwords

Berikut beberapa kelebihan dari Apache sebagai web server yang popular

  1.   Bersifat gratis

Apache merupakan jenis web server open source, yang berarti siapa saja bisa untuk mengunduh tanpa biaya. Kode sumbernya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. 

Hal inilah yang menjadi keunggulan signifikan dari Apache. Status open source juga menghilangkan lisensi berulang dan biaya dukungan yang diperlukan untuk terus menjalankan program web server di dalamnya.

  1.   Fitur yang menarik

Apache adalah program web server yang memiliki fitur lebih baik jika dibandingkan pesaingnya yang berharga mahal. Perangkat lunak ini sudah mencakup administrasi control panel dan skema otentikasi. Adanya modul hosting virtual juga memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa situs web sekaligus menggunakan server yang sama.

Selain fitur-fitur standar tersebut, juga ada paket instalasi, seperti layanan domain, simple mail transfer protocol (SMTP) dan file transfer protocol (FTP).  Komunitas pengembang Apache juga sering membuat pembaruan sehingga Anda bisa selalu mendapatkan akses untuk fitur terbaru beserta keamanan yang juga semakin meningkat.

  1.   Kompatibilitas tinggi

Apache memiliki tingkat kompatibilitas yang cukup tinggi dengan berbagai perangkat keras maupun sistem operasi. Beberapa di antaranya adalah Linux, Windows NT, Mac OS, Unix dan banyak sistem operasi lainnya.

Setiap instalasi dapat disesuaikan dengan kemampuan teknis dari perangkat keras Anda. Apache juga mencakup dukungan untuk bahasa pemrograman seperti PHP, Perl dan Python. Kompatibilitas dengan berbagai macam hardware maupun software ini membuat Apache memberikan kemudahan untuk digunakan.

  1.   Technical support yang baik

Technical support Apache tersedia di beberapa situs web seluruh dunia. Hal ini memungkinkan pemilik server bisa  mengakses artikel referensi dan mendapatkan bantuan langsung kapan saja dan di mana saja.

  1.   Bisa untuk WordPress

Keunggulan lain dari Apache adalah kemampuan untuk digunakan dalam wordpress tanpa penyesuaian apapun.  WordPress merupakan platform CMS bersifat open source yang populer digunakan saat ini, khususnya untuk blog engine. Dukungan Apache pada wordpress adalah salah satu alasan orang banyak menggunakan Apache.

Baca juga  : Mengenal Apa Itu cPanel Hosting

Perbedaan Apache Dengan Nginx

NginX web server by Andy N
NginX web server

Nginx merupakan aplikasi web server lebih baru yang dirilis pada 2004. Selain Apache, nginx juga cukup mendapatkan popularitas di kalangan pemilik website. Apa perbedaan di antara kedua web server popular ini? berikut penjelasannya

  1.   Konsep kerja

Apache memiliki konsep based on process, artinya memproses pekerjaan jika ada permintaan. Sedangkan Nginx based on event yang bekerja dengan multitasking, jadi meski ada permintaan Nginx tidak langsung melakukan pekerjaan (dapat menunggu beberapa prosess sekaligus).

  1.   Pengelolaan

Pada web server Apache, pengelolaan untuk dukungan, perbaikan bug, pengembangan aplikasi, beserta pemeliharaan dikoordinasi oleh Yayasan Perangkat Lunak Apache dan dikelola oleh komunitas pengguna Apache di seluruh dunia.  Berbeda dengan Nginx yang dikelola oleh Nginx sendiri sejak 2011.

  1.   Penanganan permintaan klien

Apache menggunakan modul virtual multiprosesor  yang berbeda untuk berbagai jenis permintaan klien. Sedangkan Nginx menggunakan sumber daya hardware minimal untuk memberikan pelayanan pada permintaan klien dengan bersamaan. Jadi tidak memerlukan hardware berbeda seperti Apache.

  1.   Single thread

Single thread pada Apache digunakan pada satu koneksi saja. Sedangkan pada Nginx, single thread bisa digunakan untuk melayani beberapa koneksi sekaligus.

Itulah pengertian Apache, kelebihan yang dimilikinya serta perbedaan dengan Nginx. Pada intinya, untuk menggunakan web server, Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu spesifikasi server hosting yang digunakan, pastikan server memiliki layanan uptime yang baik, contoh seperti Qwords memiliki uptime server mencapai 99.99%, artinya website anda akan selalu online tanpa adanya gangguan. Tunggu apalagi pesan hosting dan domain sekarang juga di Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *