Apa Itu Anchor Text dan Manfaatnya Untuk SEO

3 min read

Anchor text

Jika Anda seorang blogger atau internet marketer yang selalu berhubungan dengan blog dan website, pasti tidak asing dengan istilah  “Anchor text”. Anchor text menjadi salah satu factor yang berpengaruh dalam SEO yang perlu Anda perhatikan. Maka dari itu Anda perlu mengenal lebih tentang apa itu anchor text dan manfaatnya untuk SEO.

Pada artikel ini kami akan membantu Anda dalam memahami penjelasan tentang apa itu anchor text, contoh anchor text, jenis-jenis anchor text, cara membuat anchor text dan yang terakhir manfaat dari anchor text. Langsung saja berikut pembahasan lengkapnya tentang anchor text.

Apa Itu Anchor Text

Anchor text
Anchor text

Anchor text adalah sebuah kata atau kalimat pada website yang berisi tautan/link mengarah pada website lain yang dapat diklik. Cara menemukan anchor text juga mudah, biasanya text atau kalimatnya berwarna, font tebal, menggunakan font italic atau memiliki garis bawah. Anchor text ini berguna untuk memberikan tautan pada halaman atau website lain yang masih relevan.

Contoh Anchor Text

Agar tidak bingung kami akan memberikan satu contoh dibawah ini:

Qwords adalah anchor text link yang mengarah pada halaman utama website ini. Jadi jika dilihat source codenya isinya seperti dibawah ini.

<a href=”https://www.qwords.com//”>Qwords</a>

https://www.qwords.com ini adalah link tujuannya dan Qwords ini adalah anchor text yang tampil pada halaman website.

Jenis Anchor Text

Untuk melakukan optimasi website dengan teknik SEO yang benar, Anda perlu memahami dalam penggunaan anchor text. Karena ada banyak jenis anchor text dan semuanya memiliki fungsi masing-masing. Salah dalam menggunakan anchor text bisa saja website Anda terkena pinalti Google sehingga peringkatnya bisa hilang dari halaman pencarian.

Dibawah ini kami membuat daftar beberapa jenis anchor text yang sering dipakai banyak praktisi SEO, berikut pembahasannya:

  1.       Generic anchor text

Contoh penggunaan generic anchor text ini seperti “Klik disini”,”Download sekarang”, dan sejenisnya, umumnya anchor text yang digunakan bebas lebih banyak menggunakan kalimat Call to Action.

  1.       Branded anchor text

Branded anchor text adalah anchor yang menggunakan nama brand untuk teksnya. Ini cara paling aman untuk penggunaan anchor text dalam SEO dan fungsi lainnya bisa untuk membuat pondasi SEO yang kuat terutama untuk homepage website sehingga Google bisa mengetahui keyword apa yang sedang Anda target.

Contohnya Qwords, Bikin website, Gudang SSL dll

  1.       Naked anchor text

Naked anchor text adalah penggunaan text dengan mengarahkan link langsung menuju halaman homepage dengan menggunakan anchor nama domain utama. Anchor seperti ini juga bagus untuk memperkuat homepage website Anda.

Contohnya Qwords, Qwords.com, https://qwords.com/ dll

  1.       Brand + Keyword anchor text

Jenis anchor text yang keempat adalah kombinasi antara branded dengan keyword anchor. Cara ini selain bagus dan aman untuk keperluan SEO juga bagus menjadi salah satu branding dari website bisnis Anda.

Contohnya Qwords hosting murah, Qwords hosting unlimited, Daftar domain Qwords dll.

  1.       Images anchor text

Images anchor text ini bisa Anda gunakan untuk postingan berupa gambar dengan menggunakan link anchor. Caranya cukup mudah silahkan Anda merubah pada bagian “Alt image/Alternate image” dengan mengisinya menggunakan link. Ini berfungsi agar Google membaca pada alt image tersebut dan jangan biarkan sampai kosong tidak diisi.

  1.       LSI anchor text

Latent semantic indexing adalah keyword yang masih relevan dengan keyword utama, untuk bisa mendapatkan LSI keyword Anda perlu menggunakan tools riset keyword. Penggunaan LSI ini selain sebagai anchor text juga bagus untuk memeperkuat keyword utama yang ditarget.

Contoh LSI dari keyword hosting : domain, website, shared, cpanel, mysql, WordPress, cloud, SSL dan lainnya. Dengan menggunakan LSI ini bisa memberikan nilai lebih terutama untuk relevansi konten pada halaman website.

Baca juga : Cara Mudah Melakukan Riset Keyword

  1.       Long tail anchor text

Long tail atau bisa disebut juga keyword turunan. Anchor text seperti ini paling banyak digunakan terutama untuk variasi anchor text pada website. Fungsinya mirip dengan LSI yang bisa memperkuat keyword utama yang ditarget.

Contoh untuk long tail dari keyword “Hosting murah” seperti hosting murah terbaik, hosting murah Indonesia, hosting murah tahunan, hosting murah gratis domain dan lainnya.

  1.       Exact match anchor text

Nah yang terakhir adalah exact match anchor, ini merupakan anchor yang penting diperhatikan. Jika benar dalam pengaplikasiannya maka peringkat website Anda bisa naik tetapi jika salah peringkat website Anda bisa hilang dari mesin pencari. Exact match ini adalah keyword yang sedang dioptimasi, jadi jika Anda menargetkan keyword “SSL Murah” maka anchor text yang Anda gunakan bisa dengan kala SSL Murah tetapi porsinya tidak boleh terlalu banyak, Anda perlu mengkombinasikan dengan tipe anchor lainnya agar lebih unik.

Cara Membuat Anchor Text

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat text anchor, sebenarnya sangat mudah sekali, apalagi untuk Anda yang menggunakan CMS WordPress. Berikut kami berikan contoh cara membuat anchor text yang baik dan benar.

  • Silahkan buka pada post WordPress atau halaman website lainnya.
Memilih anchor text
Memilih anchor text
  • Silahkan block pada kata yang akan Anda buat anchor text.
  • Pilih menu “Insert/Edit link” dengan logo rantai pada bagian atas dashboard WordPress.
Memasukan link anchor text
Memasukan link 
  • Jika sudah masukan URL website yang menjadi tujuan dan simpan.

Komposisi Anchor Text

Dalam penerapannya agar sesuai dengan kaidah SEO yang benar, Anda perlu memperhatikan terutama komposisi dalam pembuatan anchor text. Nah berikut persentasenya diambil dari MOZ:

  • Branded 40%
  • LSI, Image dan lainnya 25%
  • Naked 15%
  • Generic 1-5%
  • Long tail 1-5%
  • Exact match  1%

Komposisi tersebut bertujuan agar text anchor yang dikirimkan untuk melakukan optimasi peringkat bisa terlihat natural oleh Google. Jadi teknik ini bisa memiliki efek baik terutama pada peringkat  website yang meningkat dan aman dari pembaruan algoritma terbaru Google.

Manfaat Anchor Text

Nah yang terakhir tentang manfaat dari anchor text. Salah satu manfaat dari anchor text adalah untuk menurunkan angka bounce rate pada halaman website. Manfaat lainnya anchor text memiliki pengaruh yang besar terutama untuk SEO pada perangkingan website. Tetapi dalam penerapannya perlu memperhatikan komposisi yang benar agar tidak memiliki efek buruk pada website.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan hosting murah server Indonesia untuk keperluan website pribadi, organisasi atau bisnis Anda, silahkan langsung saja kunjungi website kami di Qwords.com yang sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan puluhan tahun. Tunggu apalagi gunakan hosting dari Qwords sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *