Program komputer dibuat memiliki tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi disisi lain ada sebagian kecil orang yang membuat program jahat salah satunya bernama malware.

Jika Anda sering melakukan browsing di internet terutama membuka website yang tidak menggunakan SSL, biasanya rawan sekali terhadap ancaman malware. Selain itu bagi Anda yang suka download software, film dan jenis file lainnya perlu berhati-hati karena biasanya ada malware yang sengaja disisipkan pada saat download. Untuk bisa mendeteksinya secara langsung nampaknya susah, Anda perlu menggunakan software anti malware pada komputer atau laptop.

Apa itu Malware

Antimalware Terbaik
Antimalware Terbaik

Malware (Malicious Software) adalah program jahat yang dibuat dengan tujuan untuk merusak dan menyusup kedalam sistem komputer pengguna. Malware biasa menyebar melalui internet dengan file download, layanan email dan program komputer yang terinfeksi.

Bahaya dari malware adalah merusak sistem komputer pengguna sehingga tidak bisa digunakan dan tindakan pencurian data dan informasi penting yang ada pada komputer. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena malware sebenarnya bisa dibersihkan, asal menggunakan antimalware yang tepat saja.

Rekomendasi 10 Antimalware Terbaik

Berikut kami memiliki rekomendasi 10 antimalware terbaik untuk saat ini:

1. Norman Malware Cleaner

Norman Malware Cleaner
Norman Malware Cleaner

Antimalware pertama yang kami rekomendasikan adalah Normal Malware Cleaner. Software antimalware ini mampu menghapus secara langsung malware yang ada di komputer tanpa memerlukan konfirmasi penghapusan sebelumnya. Selain itu Norman Cleaner ini mampu mengembalikan registry yang sudah terinfeksi oleh malware kembali seperti semula. Beberapa kemampuan Norman Malware Cleaner diantaranya:

  • Membersihkan sistem yang terinfeksi malware
  • Kill process malware yang sedang berjalan
  • Menghapus malware dari disk
  • Memperbaiki registry yang rusak
  • Memperbaiki fungsi firewall yang terserang malware

2. eScan AV AntiVirus Toolkit

eScan AV
eScan AV

Jika Anda mencari antimalware gratis dan tidak perlu install, maka eScan Antivirus Toolkit ini menjadi rekomendasi dari kami. Program eScan ini mampu melakukan deteksi dan hapus virus, spyware, malware dan program jahat lainnya pada sistem. Untuk bisa menggunakannya Anda perlu melakukan scan secara manual, tidak bisa realtime seperti antimalware yang diinstall lainnya.

3. NoVirus Thanks Malware Remover

NoVirus Thanks Malware Remover
NoVirus Thanks Malware Remover

Antimalware ketiga ini juga bersifat portable seperti yang kedua. NoVirusThanks Malware Remover ini mampu menghapus malware, adware, spyware, virus dan program jahat lainnya. Software ini juga mampu membersihkan browser dan host file hijacking program yang ada pada komputer. Ini merupakan software antimalware portable yang sederhana tetapi efektif untuk mengamankan komputer.

4. MalwareBytes Anti-Malware Free

MalwareBytes Anti-Malware Free
MalwareBytes Anti-Malware Free

Malwarebytes memiliki sistem scan yang terbaik, software ini mengkhususkan untuk mengatasi komputer/laptop yang sudah terlanjur terinfeksi malware. Jika ingin lebih maksimal Anda bisa membelinya yang versi berbayarnya, tetapi jika tidak masih  tersedia versi free untuk menghapus malware yang menginfeksi pada komputer Anda.

5. Microsoft Safety Scanner

Microsoft Safety Scanner
Microsoft Safety Scanner

Sesuai namanya, antimalware ini adalah produk dari Microsoft. Microsoft Safety Scanner ini bisa Anda install secara gratis dan bersifat portable. Antimalware ini juga paling sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Software ini bisa berfungsi selama 10 hari, setelah itu Anda perlu melakukan download lagi untuk bisa menggunakannya.

6. Sophos Home

Sophos Home
Sophos Home

Sophos Home menjadi rekomendasi antimalware free yang mampu melindungi pengguna komputer Windows dan Mac dari segala serangan malware, virus, ransomware dan adware berbahaya. Kemampuannya sudah dipercaya oleh beberapa ahli keamanan IT.

Sophos Home memiliki teknologi yang mampu melakukan analisa terhadap aktivitas yang mencurigakan yang ada indikasi perbuatan malware dari file dan program pada komputer. Sehingga sebelum malware bisa menyebar, anti malware ini sudah lebih dulu menemukannya. Fitur lainnya Sophos ini memiliki fungsi Antiphishing, jadi saat mengakses website yang mengandung phising maka Sophos akan langsung bekerja.

7. Emsisoft Emergency Kit

Emsisoft Emergency Kit
Emsisoft Emergency Kit

Emsisoft Emergency Kit menjadi program keamanan yang selalu memonitoring proses yang ada pada komputer secara realtime. Emsisoft mampu memberikan perlindungan dari serangan malware, spyware, virus, worm, adware, bots, tracking cookies, keyloggers, backdoors, Trojan dan rootkits pada komputer. Dibandingkan yang lainnya Emsisoft ini memiliki fungsi yang paling lengkap dan juga tentunya tersedia gratis.

8. IObit Malware Fighter

IObit Malware Fighter
IObit Malware Fighter

IObit Malware Fighter menjadi rekomendasi antimalware gratis selanjutnya dari kami. Fungsi utama IObit ini perlu dikolaborasikan dengan antivirus utama Anda, karena fungsinya khusus untuk menangani masalah malware saja. Untuk masalah kemampuan tidak perlu diragukan lagi karena teknologi yang digunakan diadopsi dari antimalware BitDefender.

9. Cybereason Ransom

Cybereason Ransom
Cybereason Ransom

Antimalware dengan logo seperti dua mata burung ini mampu bekerja dengan menghalau malware dan juga Trojan. Perlu diketahui bahwa Trojan merupakan salah satu jenis virus berbahaya yang mencuri data kartu kredit dan sejenisnya. Cybereason bisa dikombinasikan dengan antivirus lainnya, fokus Cybereason ransom ini adalah mengamankan dari program berbahaya ransomware.

10. BitDefender Antivirus Free Edition

BitDefender Antivirus Free Edition
BitDefender Antivirus Free Edition

Mendengar nama BitDefender pasti sudah tidak asing lagi dalam hal malware. BitDefender menjadi salah satu rekomendasi anti malware terbaik, selain untuk mengatasi malware, BitDefender bisa Anda gunakan untuk melakukan scanning virus pada komputer. Kemudian software ini akan menghapus langsung virus yang terdeteksi.

Untuk Anda yang ingin mencoba versi berbayarnya, ada beberapa fitur pembeda yang lebih lengkap seperti:

  • Manajemen password yang lebih lengkap
  • Melakukan import password dari browser pengguna
  • File shredder untuk menghapus secara permanen file sensitive
  • Fitur Add-in Search Advisor untuk browsing dengan lebih aman
  • Fitur perlindungan khusus pada ransomware

Demikian pembahasan tentang rekomendasi 10 antimalware terbaik untuk komputer Anda di rumah. Untuk mencari yang terbaik silahkan coba satu persatu untuk menemukan mana yang paling terbaik, rekomendasi dari kami Malwarebytes dan BitDefender adalah paling baik dibandingkan yang lainnya.

Untuk Anda yang membutuhkan lapisan keamanan lebih untuk website dari serangan malware, kami memiliki rekomendasi untuk menambahkan layanan SSL Indonesia dari GudangSSL.id. Dengan menggunakan SSL website akan aman dari berbagai serangan jahat yang bisa merugikan semua pihak.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *