toolsbacklink

Dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia SEO mengalami perubahanan yang cukup signifikan. Akan tetapi, perubahan tersebut tidak begitu berarti untuk SEO yang menggunakan backlink yang berkualitas. SEO model lama lebih menekankan pada jumlah backlink (kuantitas),   berbeda dengan SEO sekarang dimana lebih menekankan pada kualitas backlink.

Memantau backlink yang dimiliki oleh website merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis online Anda. Ketika menjalankan bisnis online, sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui strategi SEO serta penggunaan kata kunci yang tepat.

Tools SEO Gratis untuk Memantau Backlink

Banyak sekali alat SEO premium yang banyak digunakan seperti SEMrush serta Majestic. Akan tetapi bagi Anda yang sedang belajar atau diseut pemula, alat (tools) penganalisis backlink gratis ini bisa Anda coba.

1. Backlink Watch

Becklink Watch merupakan salah satu alat pemantau backlink yang sederhana untuk melihat kualitas portofolio backlink yang Anda gunakan. Alat ini gratis, sehingga sangat cocok untuk Anda yang masih pemula. Backlink Watch mampu menghasilkan hingga 1000 tautan backlink.

2. SEO Spyglass

Meskipun tergolong masih baru namun SEO Spyglass mampu memberikan hasil yang luar biasa. SEO Spyglass memiliki jumlah database backlink hingga 15.000.000.000.000

Dengan menggunakan SEO Spyglass Anda bisa memeriksa hingga 1.100 backlink secara gratis. Akan tetapi Anda tidak bisa mengekspor hasilnya kecuali upgrade versi berbayar.

3. OpenLink Profiler

OpenLink Profiler memberikan database hingga 200.000 untuk setiap report.  OpenLink Profiler mampu menunjukkan backlink mana yang aktif dalam 90 hari terakhir. Dalam versi gratisnya, Anda dapat export hingga 100 backlink.

Baca juga: Mengapa Google Menunjukkan Website Anda?

4. RankSignals

RankSignals dapat memantau backlink Anda dan kompetitor sehingga mudah dalam membuat strategi. Ranksignal dapat melihatkan parameter lain seperti PageRank, Alexa Rank, social metrics (Facebook, Twitter, Google Plus).

5. Ahrefs

Ahrefs merupakan aplikasi terbaik untuk memantau website backlink. Dapat mendeteksi backlink pada JavaScript. Dalam versi gratisnya, Anda dapat melihat 10 bakclink.

Itulah beberapa SEO Tools yang bisa anda gunakan untuk memantau backlink sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas backlink yang digunakan. Selamat mancoba. Jangan lupa juga memperhatikan kualitas Web Hosting Indonesia yang anda gunakan, apakah sudah sesuai atau belum.

6 Replies to “5 Tools SEO Gratis untuk Memantau Backlink

  1. Hai Mas Qwords, Salam kenal…..
    Ini memang teknik yang sangat cerdas mas, apalagi kalau bersabar, menerapkan teknik yang gratis saja, saya rasa bisa meningkatkan pengunjung blog dan Ramah SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *