Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal WYSIWYG & Kelebihannya untuk Membuat Website

2 min read

WYSIWYG adalah

Dalam dunia teknologi, terdapat banyak istilah baru yang kerap ditemui, tetapi tak jarang definisinya masih belum diketahui.

Salah satunya adalah WYSIWYG (baca: wiz-ee-wig). Istilah ini cukup populer dan belakangan banyak ditemui dalam bidang website design & development karena memiliki beberapa kelebihan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan WYSIWYG dan kelebihannya dalam pengembangan website?

Artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk Sahabat Qwords. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga selesai, ya!

Apa Itu WYSIWYG?

What You See Is What You Get atau WYSIWYG adalah sebuah akronim yang merujuk pada kemampuan software atau program yang menampilkan hasil akhir konten (halaman, desain, dan sebagainya) berdasarkan apa yang dilihat.

Masih bingung mendefinisikannya?

Jadi, WYSIWYG dapat diibaratkan seperti mencoba pakaian di toko: Anda dapat melihat dan mencoba pakaian sebelum membelinya, sehingga Anda tahu persis bagaimana nanti akan terlihat ketika Anda mengenakannya.

Nah, dalam dunia teknologi, WYSIWYG berarti Anda dapat melihat dan menyunting dokumen atau desain dengan cara yang hampir sama dengan hasil akhir yang akan dilihat oleh orang lain, tanpa perlu menggunakan coding yang rumit.

Contoh paling sederhana penerapan WYSIWYG adalah ketika Anda menggunakan Microsoft Word.

Terdapat halaman kosong (blank page) dan berbagai tool untuk menambahkan simbol, tabel, dan sebagainya.

Nah, ketika Anda membuat dokumen dengan Microsoft Word, maka yang Anda lihat pada layar akan sama persis dengan apa yang dicetak (di-print).

Bagaimana Cara Kerja WYSIWYG?

Dalam menciptakan hasil akhir yang sesuai, WYSIWYG menggunakan tampilan antarmuka berbasis graphical user interface (GUI).

Tampilan antarmuka ini memudahkan pengguna dalam mengatur elemen-elemen desain, seperti teks, gambar, dan video,

Pemula yang ingin membuat website pertama kali sangat direkomendasikan untuk menggunakan platform berbasis WYSIWYG karena sangat intuitif.

WYSIWYG dalam Pengembangan Website, Semua Jadi Lebih Mudah!

Seiring berkembangnya teknologi, penerapan WYSIWYG pun kian meluas dan pengembangan website menjadi salah satu bidang yang mengadopsinya.

Karenanya, kini semua orang yang tidak harus memiliki kemampuan coding untuk mendesain website yang menarik sesuai keinginannya.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan WYSIWYG dalam pengembangan website:

  • CMS (Content Management System): CMS adalah platform yang memudahkan pengguna untuk mengelola konten website, termasuk membuat dan menyunting halaman, mengelola gambar, dan menambahkan fitur-fitur baru. CMS umumnya menggunakan WYSIWYG untuk memudahkan pengguna dalam mendesain website.
  • Website/Page Builder: Website builder adalah layanan yang menyediakan alat-alat untuk membuat website, termasuk WYSIWYG. Dengan memanfaatkan website builder, pengguna lebih mudah untuk membuat website dari awal, tanpa perlu pengetahuan coding. 
  • Drag and drop editor: Drag and drop editor adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mendesain website dengan cara menggeser dan melepas elemen-elemen website. Nah, drag and drop editor umumnya menggunakan WYSIWYG untuk menampilkan hasil desain secara langsung.

Rekomendasi Platform WYSIWYG untuk Membuat Website!

Setelah Anda mengetahui contoh penerapan WYSIWYG dalam pembuatan website, kami akan melengkapinya dengan memberikan beberapa rekomendasi platform berbasis WYSIWYG yang bisa Anda pilih untuk membangun website.

  1. CMS: Beberapa CMS yang kerap digunakan untuk membangun website ternyata juga menerapkan WYSIWYG untuk memudahkan pengguna. Adapun di antaranya adalah WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya.
  2. Website builder: Wix, Squarespace, Weebly, dan sebagainya.
  3. Drag and drop editor:Elementor, Divi, SitePad, dan sebagainya.

Kelebihan WYSIWYG untuk Pembuatan Website

Secara umum, WYSIWYG dalam pengembangan website memberikan beberapa kelebihan seperti:

1. Mudah Digunakan

WYSIWYG menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk mendesain website, tanpa perlu coding tambahan. 

Anda juga dapat menambahkan atau menghapus elemen website yang diinginkan tanpa perlu belajar kode HTML atau CSS secara mendalam. Mudah, bukan?

2. Meningkatkan Produktivitas

Dengan WYSIWYG, Anda dapat melihat hasil akhir yang dikerjakan. Anda juga tidak perlu membuat perubahan, menyimpan, dan memeriksa hasilnya di browser (atau jendela) terpisah. 

Dengan demikian, pembuatan website jadi lebih cepat dan efisien.

3. Meningkatkan Kreativitas

WYSIWYG memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai desain website tanpa batas.

Umumnya, platform yang menerapkan WYSIWYG menyediakan berbagai macam elemen dan desain yang beragam, jadi Anda bisa mengeksplorasinya demi mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Tampilan Akhir yang Konsisten

Sahabat Qwords dapat memastikan bahwa tampilan akhir halaman website konsisten dengan yang Anda lihat pada antarmuka WYSIWYG. 

Hal ini akan membantu Anda dalam menciptakan desain yang profesional tanpa kekhawatiran apabila hasilnya tidak konsisten (hasil akhir yang berbeda).

5. Website Tetap Responsif

Meskipun website yang dibuat dengan WYSIWYG tidak membutuhkan coding, bukan berarti hasil akhirnya tidak responsif.

Anda tetap mendapatkan hasil berupa website yang responsif ketika diakses. Jadi, apakah Anda mulai tertarik menggunakannya?

Buat Website dengan WYSIWYG dari Qwords!

Anda telah belajar secara lengkap mengenai WYSIWYG dan kaitannya dengan pengembangan website.

Setelah mengetahui kemudahan dan kelebihannya, Sahabat Qwords yang tertarik untuk mengembangkan website dengan WYSIWYG tidak perlu khawatir.

Pasalnya, Qwords adalah penyedia hosting yang menyediakan platform WYSIWYG yang sudah termasuk dalam paket hosting murah, loh!

Jadi, Anda berhak mendapatkan platform seperti Elementor Pro dan SitePad untuk menciptakan website impian.

Yuk, bangun website lebih mudah dan cepat dengan layanan hosting dari Qwords!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula,…

Memiliki website pada zaman sekarang dapat membantu dalam memperkuat proses branding bisnis atau kreativitas Anda secara luas. Sebab, dengan website, Anda bisa menjangkau semua...
Jordy Prayoga
2 min read

Tips Menghemat Biaya Server, Performa Naik…

Di era saat ini, kehadiran website untuk berbagai kebutuhan personal dan bisnis menjadi sangat penting.  Namun, untuk menjalankan website, sahabat Qwords membutuhkan server hosting...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Sewa Domain, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan…

Jika sudah cukup familier dengan domain, Sahabat Qwords tentu tahu bahwa sistem penggunaannya adalah dengan mendaftarkannya selama minimal 1-10 tahun. Dengan durasi tersebut, Anda...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *