Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

10+ Tips Efektif Mengatasi Writer’s Block

5 min read

10+ Tips Efektif Mengatasi Writer's Block

Jika sahabat Qwords adalah seorang content writer atau seorang yang suka menulis, pasti ada saatnya dimana Anda merasa bosan dan tidak mempunyai inspirasi untuk menulis.  Tapi jika Anda sering merasa kesulitan untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan, bisa jadi Anda sedang terkena writer’s block nih sahabat Qwords.

Nah, apa sih sebenarnya writer’s block itu? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Di artikel hari ini, kami akan membahas pengertian writer’s block dan beberapa tips efektif untuk mengatasinya. 

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Writer’s Block

pengertian writer's block

Saat sedang menulis, pernahkah sahabat Qwords tiba tiba merasa kesulitan untuk menuangkan ide-ide yang ada pada kepala ke sebuah tulisan?

Anda tahu apa yang ingin Anda tulis tapi Anda tidak tahu cara menulisnya. Nah, itu dia yang dinamakan dengan writer’s block. 

Singkatnya, writer’s block adalah dimana seseorang akan merasa sangat kesulitan dalam merangkai kata, dan merasa stuck pada saat proses menulis.

Meskipun writer’s block memang terdengar seperti masalah yang hanya akan dialami oleh seorang penulis, tapi sebenarnya hampir semua orang pernah merasakan writer’s block lho sahabat Qwords.

Ada yang menganggap bahwa writer’s block adalah sebuah mitos belaka. Tapi nyatanya, writer’s block ini ternyata adalah hambatan psikologi yang tidak bisa disepelekan lho.

Apalagi untuk Anda yang bekerja di dunia kepenulisan, writer’s block bisa sangat mengganggu produktivitas dan deadline sehari-hari. 

Baca Juga: 10 Manfaat Penting Merutinkan Menulis

Penyebab Writer’s Block

Writer’s block sendiri sebenarnya bisa terjadi karena berbagai hal. Baik itu faktor internal pada diri penulis itu sendiri, maupun faktor eksternal yang terjadi pada proses menulis.

Menurut psikolog klinis Jerome Singer dan Michael Barrios, ada empat penyebab utama dari writer’s block, yaitu:

  1. Self criticism. Terlalu banyak mengkritik diri sendiri bisa menjadi penyebab Anda stuck dalam menyelesaikan sebuah tulisan.
  2. Comparison. Terkadang seseorang terkena writer’s block karena mereka merasa takut tulisannya nanti tidak bisa bersaing dengan tulisan orang lain yang sudah ada.
  3. No external motivation. Tidak mendapatkan pujian dan perhatian juga merupakan salah satu penyebab writer’s block. Saat seorang penulis menulis sebuah karya dan tidak ada orang yang menghargainya, ia akan merasa malas untuk berkarya lebih banyak lagi.
  4. No internal motivation. Terkadang writer’s block juga terjadi karena kurangnya motivasi internal pada diri penulis itu sendiri, hal ini bisa terjadi karena masalah pribadi atau badan yang kurang sehat.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab writer’s block yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Namun, apapun penyebabnya, writer’s block perlu cepat diatasi. 

Jika dibiarkan, writer’s block bisa menjadi semakin parah dan semakin susah untuk diatasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi writer’s block yang efektif?

Baca Juga: Mengenal Potensi UX Writer di Dunia Digitalisasi

10+ Tips Cara Mengatasi Writer’s Block

cara mengatasi writer's block

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi writer’s block. Mulai dari mengatasi masalah internal sampai menyingkirkan gangguan eksternal dengan berbagai cara yang berbeda.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips efek mengatasi writer’s block yang patut Anda coba!

1. Coba lakukan free writing

Salah satu penyebab umum dari writer’s block adalah kebosanan dalam menulis topik yang sedang dikerjakan. Ini biasanya dialami oleh seorang content writer yang diharuskan untuk menulis topik yang sama berulang-ulang.

Nah jika ini masalah Anda,  Anda bisa coba untuk melakukan free writing dan tuangkan semua yang Anda pikirkan ke atas kertas atau dokumen pada komputer Anda.

Tidak perlu terpaku pada aturan dan struktur, tulis saja apa yang ada dipikiran Anda. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengatasi rasa stuck dan juga membantu Anda mendapatkan ide-ide baru untuk tulisan Anda nantinya.

2. Menulis seperti anak kecil

Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda tulis namun mengalami kesulitan untuk menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan, cara kedua ini bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Sebelumnya, pasti Anda sudah pernahkan mendengar anak kecil bercerita? Biasanya seorang anak kecil akan menggunakan bahasa yang sangat simpel dan mudah dipahami saat sedang bercerita.

Ternyata Anda juga bisa loh menerapkan ini ke karya tulisan saat Anda sedang mengalami writer’s block. Tuangkan semua ide Anda dengan bahasa yang sederhana pada kertas dan dokumen.

Jangan terlalu banyak berpikir dan tuliskan ide Anda seperti layaknya anak kecil bercerita kepada orang lain. Setelah semua ide Anda tersampaikan di dalam kertas dan dokumen, Anda bisa membacanya kembali dan membenahi karya tersebut!

3. Buat outline

Apakah Anda salah satu orang yang suka menulis tanpa menggunakan outline atau draft?

Membuat outline tulisan memang memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk menulis karya mereka secara langsung.

Tapi sebenarnya, outline bisa sangat membantu lho sahabat Qwords. Outline biasanya berisi dengan tulisan-tulisan singkat tentang ide yang nantinya akan dikembangkan menjadi karya tulisan.

Outline juga memudahkan Anda untuk menulis dengan struktur yang lebih rapi dan tepat. Hal ini tentunya akan membuat proses penulisan menjadi lebih mudah dan cepat! 

4. Singkirkan segala gangguan 

Salah satu penyebab utama dari writer’s block adalah distraksi yang berlebihan. Untuk itu, Anda perlu memikirkan hal apa saja sih yang mudah membuat Anda terdistraksi?

Pastinya, telepon genggam adalah salah satunya kan? Nah, untuk itu sebaiknya matikan dan jangan buka handphone Anda saat sedang proses menulis.

Jika Anda merasa tidak mampu melakukannya, sekarang sudah banyak aplikasi yang akan mengunci handphone Anda untuk beberapa saat loh. Forest, adalah salah satunya.

Anda hanya perlu memasukan durasi dimana Anda ingin fokus dan handphone Anda akan terkunci selama durasi tersebut. Wah keren sekali kan sahabat Qwords?

5. Menulis tanpa editing

Salah satu kesalahan dalam menulis yang paling sering dilakukan para penulis adalah melakukan proses penulisan dan editing pada waktu bersamaan.

Meskipun hal ini terdengar seperti penghemat waktu, sebenarnya ini salah satu alasan yang membuat proses menulis Anda menjadi lebih lama lho sahabat Qwords.

Dengan melakukan banyak editing, Anda menjadi lebih critical terhadap tulisan Anda dan akhirnya mendapatkan writer’s block yang akan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan tulisan tersebut.

Nah untuk itu, alangkah lebih baik untuk melakukan proses penulisan tanpa ada editan sama sekali. Selesaikan dulu semua tulisan Anda dan lakukan proses editing sebagai tahap terakhir.

6. Buat workspace yang nyaman

Workspace yang nyaman juga salah satu solusi efektif mengatasi writer’s block loh sahabat Qwords! Terkadang menulis terasa sulit dan berat jika Anda berada ditempat yang sama setiap saat.

Untuk itu, buatlah workspace senyaman mungkin. Gunakan pernak-pernik yang bisa membuat Anda merasa segar seperti tanaman atau hewan peliharaan seperti ikan.

Anda juga bisa memindahkan meja dan kursi workspace beberapa minggu sekali agar Anda tidak merasa bosan saat sedang menulis!

7. Lakukan metode pomodoro

Apakah sahabat Qwords pernah mendengar tentang teknik pomodoro sebelumnya? Pomodoro adalah teknik bekerja atau belajar yang dilakukan berdasarkan oleh time management.

Caranya, Anda akan membagi waktu menulis menjadi beberapa interval yang bernama jendela kerja. Selama jendela kerja ini, Anda tidak diijinkan untuk berhenti melakukan tugas Anda.

Setiap jendela kerja, ada waktu istirahat yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika interval jendela kerja Anda adalah 25 menit, Anda bisa beristirahat selama 10 menit setiap jendela kerja tadi selesai.

Dengan begini, waktu menulis Anda akan lebih terstruktur dan Anda tidak mudah terganggu oleh banyak hal. Untuk Anda yang merasa tidak pintar dalam membagi waktu menulis, teknik ini bisa menjadi solusi yang efektif!

8. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab writer’s block yang paling sering terjadi adalah kelelahan. Banyak penulis yang merasa tidak tenang saat tulisan mereka belum juga selesai.

Karena itu, mereka akan memaksa otak untuk berpikir dan menulis tanpa diiringi dengan istirahat yang cukup. Meskipun Anda sangat suka menulis, mengambil break atau istirahat juga sangat penting lho.

Saat pikiran dan badan lebih rileks, tulisan Anda pun nanti pasti lebih bagus kan?

9. Cari Inspirasi 

Kurangnya inspirasi juga bisa jadi salah satu penyebab writer’s block nih sahabat Qwords. Apalagi jika Anda menulis karya fiktif yang membutuhkan banyak inspirasi dan imajinasi.

Untuk mengatasi itu, carilah inspirasi sebanyak-banyaknya. Anda bisa mencoba menonton film, mendengarkan musik, atau bahkan keluar dan memperhatikan orang-orang di sekitar Anda!

Jika masih tidak berhasil, Anda juga bisa lho berdiskusi dengan sesama penulis! Pasti nantinya Anda akan mendapatkan ide-ide yang keren.

10. Daur Ulang Tulisan Lama

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, content writer biasanya akan merasa bosan saat harus menulis topik yang sama berulang-ulang.

Untuk mengatasi writer’s block yang disebabkan oleh kebosanan ini, Anda bisa melihat kembali folder tulisan lama. 

Jika Anda menemukan tulisan dengan topik yang sama, Anda bisa mendaur ulang karya tersebut. Update dengan keadaan terkini, buat tulisan menjadi lebih menarik, dan sebagainya!                       

Penutup

Nah, itu tadi sahabat Qwords cara-cara mengatasi writer’s block yang paling efektif. Semoga tips yang kami berikan bermanfaat dan Anda bisa kembali menulis seperti biasa lagi.

Nah jika Anda ingin mencoba hal baru, mungkin sudah saatnya untuk mencoba menulis pada platform digital seperti blog atau website.

Kabar baiknya, Qwords.com menyediakan layanan hosting terbaik untuk segala urusan website Anda. Hanya dengan 14 ribu per bulan, Anda akan mendapatkan paket hosting dengan 3GB disk space dan bandwidth tanpa batas.

Sangat menarik bukan? Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords.com dan mulai blog atau website pribadi Anda!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Mitos Pengaruh Font Terhadap Performa SEO…

Dalam optimasi SEO, setiap aspek halaman website menjadi penting untuk mencapai peringkat yang baik dan meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.  Salah satu elemen yang...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Apa Itu Content Velocity dan Pentingnya…

Persaingan yang semakin ketat antar website di SERP untuk mendapatkan trafik kunjungan semakin berat. Content Velocity menjadi salah satu kunci penting bagi para pemilik...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Cara Agar Konten Website Tidak Bisa…

Copy-paste konten website memang menjadi hal yang sangat meresahkan. Pasalnya, pembuat konten telah mengeluarkan banyak waktu dan tenaganya untuk membuat konten kepada audiens. Namun,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *