Website vs Marketplace, Bagusan Mana?

3 min read

Website vs Marketplace

Website dan marketplace memiliki fungsi yang berbeda karena dari definisinya saja sudah berbeda. Beberapa orang membanding-bandingkan website vs marketplace dan mencari mana yang terbaik padahal keduanya sudah jelas berbeda. Perlu pemahaman lebih lanjut terkait 2 istilah tersebut agar tidak salah kaprah.

Untuk itu Anda harus memahami lebih lanjut tentang penjelasan website dan marketplace pada pembahasan berikut beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pengertian Website dan Marketplace

Pengertian Website

Secara umum, website merupakan kumpulan dari page yang berisikan informasi dan dapat diakses menggunakan jaringan internet. Setiap orang di seluruh dunia dapat mengaksesnya selama memiliki jaringan yang mendukung koneksi internet. Website tergabung dalam domain ataupun subdomain tertentu dan masuk dalam lingkup World Wide Web (WWW).

Menurut Gregorius (2000), website merupakan kumpulan halaman web yang terhubung satu sama lain, termasuk file-filenya. Kumpulan halaman pada website disebut sebagai homepage yang berada di posisi paling atas. Bagian bawah dari homepage disebut sebagai child page dan biasanya berisikan hyperlink ke halaman lain dari website tersebut.

Yuhefizar (1998) berpendapat lain, website dianggap sebagai metode yang menampilkan berbagai informasi yang dapat diakses melalui internet. Informasi tersebut bisa berupa teks, video, gambar dan sebagainya. Seluruh komponen tersebut akan terhubung dengan link yang mengarah ke halaman tertentu dan dapat diakses melalui browser.

Pengertian Marketplace

marketplace
marketplace

Marketplace merupakan website online yang digunakan sebagai tempat jual beli online. Pada dasarnya marketplace online ini memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dari pasar tradisional. Marketplace hanya dijadikan sebagai wadah atau tempat untuk penjual yang ingin berjualan dan tidak bertanggung jawab atas barang yang dijual tersebut.

Dari sudut penjual, marketplace berfungsi sebagai tempat yang praktis dan mudah dalam menjual produk yang dimiliki. Sedangkan dari sudut pembeli, marketplace berfungsi sebagai tempat yang praktis untuk mencari berbagai macam produk yang diinginkan. Baik penjual ataupun pembeli, keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Dari pengertian antar keduanya diatas, dapat disimpulkan bahwa website vs marketplace merupakan dua istilah yang berbeda. Marketplace bisa dikatakan bagian dari website, namun memiliki fungsi yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki nama domain ataupun subdomain sendiri.

Kelebihan dan Kekurangannya

  1. Kelebihan dan Kekurangan Website

Kelebihan Kekurangan
1. Jangkauan Pasar Luas – Website dapat diakses oleh siapa saja asalkan memiliki jaringan internet yang memadai. Dengan jangkauan pasar yang luas ini tentu akan menjadi peluang bisnis yang berpotensi. 1. Rawan SPAM – Di website yang menampilkan informasi penting seperti email, no HP dan sebagainya akan menjadi rawan SPAM. Ini sudah menjadi resiko yang harus dihadapi dan perlu kewaspadaan dan membedakan mana yang penting dan tidak.
2. Mendapatkan Informasi Secara Mudah – Di website, Anda bisa menampilkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh user. Hanya dengan klik link atau menu tertentu, user akan mendapatkan informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. 2. Target Pengunjung Sulit Tercapai – Ketika awal-awal membangun website, Anda akan kesulitan dalam mendapatkan traffic original. Apabila tidak dilakukan optimasi yang benar, website Anda bisa kalah bersaing dengan yang lainnya.
3. Melindungi Brands – Di jaringan internet yang luas ini tidak menutup kemungkinan terdapat domain yang sama. Jika Anda sudah mendaftarkan domain website terlebih dahulu, maka nama brand Anda akan terlindungi. 3. Kredibilitas Perusahaan – Website memang tergolong praktis, namun cukup sulit untuk dalam mendapatkan kepercayaan. Butuh waktu yang cukup lama agar kredibilitasnya tetap terjaga dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi.
4. Media Update Informasi – Dengan adanya website, maka akan memudahkan Anda dalam mengupdate informasi penting. Baik itu informasi layanan, produk, penawaran dan sebagainya dengan cepat dan praktis.

Baca juga : Cara Dongkrak Omzet Penjualan Melalui Website

  1. Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

Kelebihan Kekurangan
1. Tidak Membutuhkan Banyak Modal – Persaingan website vs marketplace bisa ditinjau dari modal yang dikeluarkan. Ketika Anda menggunakan marketplace, maka tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti ketika membuat sebuah website. 1. Persaingan Ketat – Meskipun tergolong praktis dan mudah, namun di marketplace memiliki persaingan yang sangat ketat. Mulai dari persaingan harga, kualitas dan lain sebagainya.
2. Kemudahan Cara Memulai – Sekarang ini sudah ada banyak pilihan marketplace yang bisa Anda gunakan. Cara memulainya juga sangat mudah dan dibelai instruksi yang lengkap sehingga memudahkan dalam memulai bisnis. 2. Margin Keuntungan Terbatas – Di marketplace banyak orang yang menjual barang serupa dan harus pintar-pintar dalam menentukan harga jualnya. Artinya adalah margin keuntungan yang didapatkan sangat terbatas dan sulit untuk merubah harganya menjadi lebih tinggi lagi.
3. Bisa Memantau Perkembangan Bisnis – Hampir sebagian besar marketplace memiliki sistem analytic yang memungkinkan Anda untuk memantau perkembangan bisnis. Darimana traffic berasal, usia, gender dan lain sebagainya. Adanya informasi seperti ini akan memudahkan Anda dalam menjual produk yang dibutuhkan pasar. 3. Sulit Mendapatkan Kepercayaan – Bagi orang-orang baru yang memulai di marketplace, akan kesulitan dalam mendapatkan kepercayaan. Ini karena toko Anda dianggap masih baru, belum ada penilaian dan seringkali orang lain berpikir tentang penipuan.

Nah bagaimana apakah Anda sudah faham dengan penjelasan website dan marketplace? Lalu bagus mana antara keduanya? silahkan tuliskan jawabnya pada kolom komentar.

Jika Anda tertarik untuk membuat website bahkan marketplace, Kami memiliki rekomendasi penyedia hosting yang cocok untuk kebutuhan Anda. Untuk keperluan marketplace pastinya membutuhkan spesifikasi hosting yang kuat dan besar.

Kami memiliki rekomendasi hosting bisnis dari Qwords untuk mengakomodir website yang akan Anda buat. Untuk harga tidak masalah cukup dengan harga 150.000/bulan saja sudah mendapat kapasitas penyimpanan 30GB, 3GB RAM dan bandwidth unlimited.

Tunggu apalagi segera buat website pertamamu dengan layanan terbaik dari Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *