8 Website File Sharing Terbaik dan Terpopuler

3 min read

8 Website File Sharing Terbaik dan Terpopuler

Di zaman digital seperti saat ini, file sharing menjadi jembatan komunikasi antar satu pihak dengan pihak lainnya. Ironisnya, tidak semua sistem teknologi sharing file mumpuni. Masih ada batasan memori yang harus diikuti oleh pengguna, sebut saja Gmail yang hanya bisa mengirim data maksimal  25MB.

Baca juga: Pengertian Cloud Storage dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda butuh membagikan data hingga ratusan megabyte? Cara paling mudah membagikan data berukuran besar yang bisa Anda coba adalah melalui website layanan sharing file. Di website ini mau mengunggah file untuk di share dengan ukuran hingga 1GB atau lebih pun bisa dilakukan.

 

Daftar Website File Sharing

8 Website File Sharing Terbaik dan Terpopuler
8 Website File Sharing Terbaik dan Terpopuler

Tak perlu bingung memilih website sharing file terbaik. Agar tidak salah pilih, pilih satu dari berbagai situs layanan pembagi file terbaik berikut ini saja.

 

1.Dropbox

Dropbox
Dropbox

Anda yang hobi berkutat dengan laptop atau komputer, pasti pernah menemukan beberapa file yang dikaitkan ke situs Dropbox. Situs ini memang merupakan situs berbagi file terbaik yang menyediakan lebih dari 15 bahasa.

Dropbox bisa dioperasikan di Windows, MAC OS atau Linux. Belakangan ini pengguna smartphone turut mengakses Dropbox untuk kepentingan sharing atau downloading file. Sistem keamanan yang dimiliki oleh Dropbox sangat baik dan Anda bisa menyimpan file secara gratis dari mana saja dan kapan saja.

 

2.ShareByLink

 

Situs file sharing ini memiliki tiga kelebihan yang membuat pengguna setianya tidak bisa “move on”. Pertama, Anda bisa berbagi dan upload file kecil atau besar dengan mudah. Selanjutnya, akses ShareByLink ini gratis dan yang paling mengasyikkan pengguna tidak perlu login untuk bisa menikmati fasilitasnya.

Saat upload file di situs ini, Anda bisa sharing link saat itu juga dan tidak perlu menunggu file selesai diupload. Sayangnya, link tersebut tidak berlaku selamanya melainkan memiliki batasan waktu maksimal 1 bulan lamanya.

 

3.Mediafire

MediaFire
MediaFire

Situs ini sudah dikembangkan sejak lama tepatnya pada Juli 2006. Meski jumlah situs sharing file semakin banyak bermunculan, Mediafire berhasil bertahan dan memiliki basis penggemar yang banyak terutama di Amerika Serikat.

Salah satu kelebihan Mediafire adalah menawarkan dua jenis akun. Di mana pengguna bisa memilih untuk menggunakan akun profesional atau akun bisnis. Perbedaan akun biasanya membedakan layanan dan fasilitas yang diperoleh.

 

4. PlusTransfer

 

Ingin mengakses situs berbagi file dengan format mudah dan sederhana? Silahkan kujungi PlusTransfer. Situs ini memberikan banyak kenyamanan pada penggunanya, di mana mereka bisa mengakses dan berbagi file tanpa perlu mendaftarkan diri. Kelebihan lain PlusTransfer adalah gratis. Pengguna situs ini bisa berbagi file dan upload file hingga 5GB. Anda yang hobi membuat video bisa menggunakan PlusTransfer sebagai alternatif media penyimpanan.

 

5. Google Drive

Google Drive File Sharing
Google Drive File Sharing

Website file sharing berikutnya yang menjadi andalan banyak orang adalah Google Drive. Google Drive merupakan produk buatan Google yang sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang aktif dan produktif. Sama seperti Mediafire, Google Drive juga menawarkan dua jenis layanan yakni akun profesional dan bisnis. Berbeda dari situs sharing file sebelumnya yang hanya bisa menyimpan file sebesar 5GB. Google Drive menawarkan ruang yang lebih banyak hingga 15GB dan itu gratis.

Sementara jika kebutuhan kapasitas Anda lebih besar dari itu, Anda bisa memanfaatkan layanan G Suite yang mampu meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 1 TB. Anda bisa mendapatkan paket ekslusif berlangganan G Suite di Qwords.com mulai dari Rp95 ribuan perbulan dengan kapasitas 30GB.

 

6.Files2U

 

Mentransfer data ke teman-teman bisa dilakukan kapan saja melalui Files2U. Situs berbagi file ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan situs-situs yang telah disebutkan sebelumnya. Di mana, Anda bisa mengakses Files2U tanpa perlu daftar dan login.

Meski demikian, Anda masih harus mengisi formulir informasi yang tertera di halaman Files2U. Informasi yang dibutuhkan sangat sederhana, Anda hanya perlu menyertakan nama dan alamat email saja. Setelah formulir kosong terisi semua dan klik upload files, sistem Files2U secara otomatis akan mengirimkan pin number pada email Anda. Ini menandakan situs berbagi file ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Baca juga: Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

7. ZippyShare

ZippyShare
ZippyShare

Jika dibandingkan dengan beberapa situs transfer file lainnya, ZippyShare termasuk yang paling populer dengan grafik pengunjung tinggi. Situs ini sama tuanya dengan Mediafire yang dibuat dan dipublikasikan sejak Mei 2006.

ZippyShare bisa digunakan oleh siapa saja di seluruh dunia secara gratis. Anda juga tidak perlu melalui proses pendaftaran yang rumit dan membingungkan. Gunakan ZippyShare untuk berbagi file diseluruh dunia tanpa perlu khawatir dengan kecepatan. Akselerasi kecepatan pengiriman data ZippyShare sangat cepat.

 

8. Wikisend

wikisend file sharing
wikisend file sharing

Dan rekomendasi situs berbagi file terakhir adalah Wikisend. Khusus untuk situs ini baiknya gunakan untuk kebutuhan berbagi gambar, audio atau buku saja. Mengapa demikian? karena Wikisend hanya mampu mengunggah file hingga 100MB.

Uniknya, Wikisend menambahkan fitur keamanan tambahan. Pengguna bisa menambah dan mengatur password untuk memproteksi file miliknya. Dengan demikian, orang-orang yang tidak diinginkan tidak akan mampu membuka file tersebut.

 

Penutup

Bagaimana, apakah sudah memiliki gambaran situs berbagi file yang ingin digunakan? Semua situs di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, bagi para pebisnis maupun perseorangan yang ingin mengelola file secara aman dan professional, kami sarankan untuk menggunakan layanan G Suite yang bisa Anda dapatkan di Qwords.com mulai dari Rp95 ribu perbulan.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan G Suite adalah lebih mudah dalam memantau segala aktivitas file sharing. Bahkan, Anda bisa melihat dan mengelola semua file dengan lebih mudah dan yang paling penting yaitu kredibilitas perusahaan bisa dipertanggung jawabkan.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *